Apa Itu CWM Dan Fungsi CWM Android

Apa Itu Clockworkmod Dan Fungsi dari Clockworkmod Di Android - Halo semuanya, kembali lagi dengan artikel - artikel persembahan dari ulfandroid untuk kalian. Di kesempatan saat ini admin akan share sesuatu yaitu tentang clockworkmod. Clockworkmod? untuk kalian yang sudah mendalami android pasti sudah tahu dengan kalimat tersebut, namun bagi yang masih baru bermain dengan platform yang satu ini harus wajib mengetahuinya. Kenapa harus diketahui? karena ini juga sangat diperlukan untuk melakukan perubahan system sampai melakukan flashing.

Apa Itu CWM Dan Fungsi CWM Android

Banyak sekali kegunaan dari clockworkmod dan nanti akan saya jelaskan lebih mendalam, terlebih dahulu kita pelajari apa itu yang dimaksud dengan clockworkmod recovery. Clockworkmod atau yang biasa disebut CWM ini adalah recovery mode yang sudah di kostumisasi dengan berbagai fitur tambahan sehingga memungkinkan kita untuk melakukan proses seperti backup & restore rom, install Custom Rom, dan kelebihan lain yang tidak terdapat pada recovery mode standard. Pada CWM standard terdapat beberapa opsi atau menu seperti:

  • Reboot system now adalah opsi untuk melakukan restart pada android.
  • Apply update from sdcard adalah opsi untuk memilih file yang berada di dalam sdcard.
  • Wipe data/factory reset adalah opsi untuk mengembalikan system ke semula (bawaan pabrik).
  • Wipe cache partition adalah untuk menghapus cache yang tersimpan di android seperti bekas install aplikasi dan lainnya.

Nah, diatas itu biasanya terdapat pada CWM standar dari perangkat bawaan, namun sekarang sudah banyak CWM dibuat dan dikustom dengan menambahkan beberapa opsi lagi seperti gambar dibawah ini.

Apa Itu CWM Dan Fungsi CWM Android

Sekilas kita sudah mengetahui pengertian dari CWM tersebut, kini admin akan membawa kalian kedalam fungsi dari CWM itu sendiri. Clockworkmod mempunyai peran penting yang sangat dibutuhkan. Andaikan android mengalami error seperti bootloop (pengertian bootloop dan mengatasi bootloop) yang sudah masuk kategori parah, minimal harus masuk ke recovery mode dan melakukan wipe data serta wipe cache. Tidak hanya itu, ada beberapa tambahan opsi seperti;
  • Backup dan Restore
Fungsi dari opsi ini untuk melakukan backup keseluruhan rom pada android kalian meliputi system hingga seluruh aplikasi yang sudah terinstall termasuk pesan, kontak dan daftar panggilan sehingga kalian tidak perlu cemas untuk melakukan modifikasi sistem karena kita bisa restore backup rom jika terjadi kesalahan.

  • Mount dan Storage
Fungsi opsi ini yaitu untuk melepaskan dan menghubungkan koneksi memory sdcard apabila terdapat didalam perangkat. Dengan menggunakan opsi ini, kita tidak perlu melepaskan memory yang sudah ada di dalam. apalagi yang memory sdcard-nya terdapat di balik baterai, pasti akan lebih merepotkan lagi membuka casing dan baterainya.

  • Advanced
Untuk opsi yang satu ini hanya pendukung kebutuhan saja, isinya saya lupa dari opsi advanced ini. Kalian dapat membukanya jika terdapat pada perangkat.

  • Power Off
Opsi ini pasti sudah pada paham semua, bahasa inggris saja sudah mudah diketahui fungsinya. Untuk yang blm tau, fungsi ini akan mematikan perangkat kalian langsung tanpa harus menekan tombol power dan melepas baterai.

Bagaimana kalian sudah mengetahui apa itu sebuah clockworkmod serta fungsinya bukan? admin rasa artikel ini sudah cukup dan sudah dapat memberikan pengetahuan tambahan kepada kalian. Sekian artikel tentang Apa Itu CWM Dan Fungsi CWM Android. Semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung, see you at next post and bye-bye.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 00:00:00

0 komentar:

Post a Comment

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I