Cara Flashing Asus Zenfone 5 CN/TW Ke WW Firmware

Cara Lakukan Flashing/Instal Ulang Asus Zenfone 5 Ke WW Firmware - Hai semuanya, berjumpa lagi dengan artikel dari ulfandroid. Sudah sekian hari admin belum melakukan update artikel di blog ini, kalian mungkin ada yang menunggu adanya sebuah artikel menarik lainnya. Yak, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan sebuah tutorial flashing. Sesuai dengan judulnya yaitu bagaimana cara flashing zenfone 5.

Sebelum masuk ke proses flashing, saya akan menjelaskan sedikit dari spesifikasi asus zenfone ini. Zenfone 5 merupakan sebuah android smartphone dari produsen Asus. Siapa yang tidak kenal dengan produsen tersebut. Dengan komputer yang sekarang ini banyak digunakan ternyata juga membuat sebuah smartphone android. Zenfone 5 ini ditenagai prosesor Intel Atom Z2560 dual core 1,6GHz RAM 1GB dan memiliki memory storage internal 8GB serta slot micro SD mencapai 64GB. Sudah diisi dengan sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean (dapat di upgrade ke Kitkat 4.4).

Cara Flashing Asus Zenfone 5 CN/TW Ke WW Firmware

Pada bagian antarmuka terdapat Asus Zen Layar 5 inci IPS resolusi HD (1280x720 piksel, 299 ppi) dengan lapisan Gorilla Glass 3 dan panel ultra sensitif untuk penggunaan dengan sarung tangan (ini yang membuat admin tertarik). Kamera belakang (Sony) PixelMaster 8MP dengan autofokus, apertur f/2.0, kamera depan 2MP Perekaman video 1080pD Dual SIM (DC-HSDPA+), WiFi, Bluetooth, Micro USB, GPS Baterai non-removable 2050mAh membuat perangkat android ini menjadi sempurna.

Nah, informasi mengenai asus zenfone 5 ini sudah sekarang saatnya kita mulai melakukan flashing. Akan tetapi, sebelum itu siapkan dahulu beberapa komponen dan peralatan yang akan kita gunakan saat flashing seperti:

  • Asus zenfone 5 firmware CN/TW, usahakan kondisi baterai minimal 75% dan sudah di root. Jika belum, bisa baca cara root zenfone 5 serta hidupkan "developer option/usb debugging".
  • Aplikasi E.S Explorer unduh disini.
  • Siapkan rom sesuai dengan versinya, untuk CN unduh disini sedangkan untuk TW unduh disini.
  • Siapkan juga rom WW (versi internasional) disini. Kita akan merubah dari versi rom CN atau TW menjadi WW.
  • File ADB unduh disini dan sebuah kabel data serta komputer.
  • Driver asus unduh disini.

Jika semua komponen-komponen diatas telah terpenuhi, baiklah sekarang akan kita mulai proses flashing asus zenfone 5 firmware CN/TW ke WW.
  • File adb kalian install di komputer via "run administrator", seketika muncul seperti CMD (command prompt). Ikuti instruksi yang diberikan dengan menekan tombol "Y" sampai selesai.
  • Ekstrak dan install juga driver asus di komputer jika sudah lakukan restart.
  • Sebelumnya perangkat yang sudah di root, lakukan install E.S Explorer lalu jalankan aplikasi, hidupkan root explorer di "setting" bagian kiri atas. Kemudian pilih "mount R/W", pindahkan menjadi "allow".
  • Rom yang sudah di unduh dari masing-masing versi, copy 4 file seperti "fastboot.img, boot.img, recovery-from-boot.p and install-recovery.sh" ke dalam folder ADB (C:\adb).
  • Buka file "install-recovery.sh" menggunakan notepad kemudian ganti "/system/recovery-from-boot.p" menjadi "/data/local/tmp/recovery-from-boot­.p".
  • Hubungkan perangkat ke komputer, copy 2 file "recovery-from-boot.p" dan "install-recovery.sh (yang sudah dimodifikasi)" kedalam folder "download" pada perangkat lalu lepaskan kabel data.
  • Buka kembali E.S Explorer dan cari file yang sebelumnya sudah di copy. Pindahkan 2 file tersebut ke "/data/local/tmp/" kemudian matikan perangkat.
  • Selanjutnya hidupkan perangkat dalam mode "droidboot" dengan menahan tombol "power + volume atas", lepaskan tombol power ketika logo asus muncul.
  • Kembali sambungkan perangkat komputer dalam mode droidboot. Pergi ke folder ADB (C:\adb) kemudian tahan tombol "shift + klik kanan mouse" pada folder ADB lalu pilih "open command windows here". Akan muncul CMD (command prompt), ketik "fastboot devices".
  • Jika perangkat sudah terhubung, selanjutnya yaitu ketik "fastboot flash fastboot fastboot.img" lalu enter kemudian ketik lagi "fastboot flash boot boot.img" dan enter kembali.
  • Reboot android dan biarkan masuk ke menu home, di komputer pada CMD ketik kembali "adb shell" tekan enter dan juga ketik "su" tekan enter lagi serta ketik kembali "sh data/local/tmp/install-recovery.sh" tekan enter lagi. Lepaskan koneksi perangkat dari komputer.
  • Masuk kembali ke mode droidboot kemudian pilih opsi "recovery". tahan "volume bawah" lalu tekan "volume atas". Pilih "update from ADB" dan hubungkan perangkat android kembali.
  • Gandakan file firmware CN/TW dan letakkan salah satu ke dalam folder ADB, ganti firmware yang sudah di copy ke folder ADB menjadi "cnrom.zip (untuk versi firmware CN)" dan "twrom.zip (untuk versi TW)".
  • Selanjutnya klik kanan + shift file cnrom.zip/twrom.zip dan pilih "open command windows here". Seketika muncul CMD, disana ketik "adb sideload cnrom.zip" atau "adb sideload twrom.zip".
  • Setelah selesai, lepaskan koneksi perangkat dan reboot.
  • Ulangi kembali step mulai dari gandakan file firmware, namun yang digandakan kali ini adalah firmware WW. Letakkan salah satu ke dalam folder ADB, ganti firmware yang sudah di copy ke folder ADB menjadi "wwrom.zip".
  • Klik kanan + shift file wwrom.zip dan pilih "open command windows here". Seketika muncul CMD, disana ketik "adb sideload wwrom.zip".
  • Apabila sudah dilakukan, masuk ke mode droidboot dan lakukan wipe data serta wipe cache.
  • Setelah semuanya selesai, reboot dan sekarang versi asus kalian sudah versi WW (international).

Cukup panjang tutorial yang admin berikan di kesempatan kali ini tentang Cara Flashing Asus Zenfone 5 CN/TW Ke WW Firmware. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua yang mungkin sedang mencari informasi ini. Terima kasih sudah berkunjung, see you next post and bye-bye.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 03:09:00

4 komentar:

  1. apakah cara ini bisa digunakan di asus zenfone 5 tipe t00j versi kit kat

    ReplyDelete
  2. Zenfone 5 saya bisa masuk ke droidboot tp gak nisa masuk ke recovery..pas dipilih recovery hp restart dan stak semula dilogo asus

    ReplyDelete

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I