Tips Memperbaiki Masalah Koneksi Internet di Android

Tips Memperbaiki Masalah Koneksi Internet di Android – dengan kecanggihan smartphone saat ini, penggunaan internet menjadi suatu hal yang wajib. Karena itulah banyak yang memilih menggunakan pulsa internet dibandingkan dengan pulsa biasa saja. Namun terkadang ada juga masalah yang terjadi pada koneksi internet di smartphone Android Anda yang bisa saja tiba-tiba terputus sendiri. Tentunya hal ini sangat menjengkelkan terutama jika Anda sedang download file namun terhenti dan harus mengulang downloatan dari awal karena koneksi yang putus. Karena itulah Anda harus memperbaiki permasalahan pada koneksi internet di perangkat Android tersebut agar tidak terjadi lagi.

Tips Memperbaiki Masalah Koneksi Internet di Android

Perbaiki Masalah Koneksi Internet di Android

1. Putuskan koneksi

Jika smartphone Anda sering tiba-tiba terputus sendiri, mungkin koneksi yang sedang digunakan saat ini memang tidak stabil. Karena itulah coba untuk memutuskan koneksi ke smartphone dengan cara menghidupkan airplane mode, dengan demikian koneksi akan terputus sementara. Kemudian langsung hidupkan kembali koneksi dengan mematikan airplane mode. Metode ini akan memaksa smartphone Android Anda mencari ulang koneksi dan semoga koneksi baru yang terhubung dengan perangkat Anda lebih baik dari sebelumnya.

2. mereset APN

Jika memang setelah memutuskan koneksi tetapi internet tetap tidak baik maka cobalah untuk mereset APN yang digunakan di perangkat Anda. Mungkin Anda lupa telah mengganti APN tersebut sehingga tidak menggunakan APN yang asli sehingga perlu dilakukan reset agar APN kembali seperti semula. Caranya cukup gampang Anda perlu membuka setting, kemudian pilih “mobile network”, pilih “Access Point Names” pilih menu “reset to default”.

3. Ganti APN

Jika memang menggunakan APN asli dari provider Anda masih belum dapat memperbaiki koneksi pada smartphone Android, maka bisa dicoba dengan menganti APN yang digunakan. Caranya masih sama seperti mereset APN, yaitu membuka setting, kemudian pilih “mobile network”, dan pilih “Access Point Names”, hanya saja Anda harus memilih menu untuk menambahkan APN baru yaitu “add new APN” kemudian masukkan data APN yang diinginkan. Biasanya provider memiliki beberapa alternatif APN yang dapat digunakan sehingga Anda tinggal mencoba semuanya satu persatu sampai koneksi internet tidak bermasalah lagi.

4. Ganti jaringan

Langkah terakhir yang bisa dicoba adalah dengan menganti jaringan yang sedang digunakan. Karena mungkin saja jaringan yang digunakan saat ini memang tidak stabil di lokasi tersebut, karena itu tidak perlu dipaksakan dan cobalah untuk menggantinya ke jaringan yang lain. Untuk mengganti jaringan yang digunakan Anda perlu untuk membuka setting, kemudian pilih “mobile network”, pilih “network mode”, Anda akan melihat beberapa pilihan jaringan yang tersedia seperti “2G/3G/4G, 2G/3G, 3G, dan 2G” kemudian ganti-ganti jaringan satu persatu sampai koneksi internet yang digunakan kembali baik.

Memang Anda mengira jika menggunakan koneksi yang lebih rendah misal dari awalnya 4G ke 3G akan mengurangi kecepatan internet tersebut. Namun kenyataannya tidak selalu demikian karena jika memang jaringan 3G di lokasi Anda saat ini lebih baik maka bisa jadi koneksi akan lebih cepat jika menggunakan jaringan 3G dibandingkan jaringan 4G.

Ada beberapa tips memperbaiki masalah koneksi internet di Android yang sudah kita sebutkan di atas. Anda dapat mencobanya satu persatu sampai masalah koneksi internet menjadi baik kembali karena memang permasalahan setiap perangkat berbeda-beda. Atau mungkin masalah internet terjadi karena terlalu banyak iklan maka coba untuk memblocknya (baca juga: Tips Ngeblock Iklan di Android).

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 07:30:00

0 komentar:

Post a Comment

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I