Cara Mengganti ROM Semua Seri Xiaomi Tanpa PC

Cara mengganti ROM semua seri Xiaomi tanpa PC – Xiaomi saat ini telah menjadi salah satu merek android yang terkenal bahkan sampai tanah air. Produsen asal Tiongkok ini memperkenalkan berbagai macam produk dengan inovasi-inovasi terbaru dan di Indonesia sendiri, sudah banyak orang yang memakai smartphonenya. Akan tetapi, yang jadi satu permasalahan pengguna Xiaomi adalah banyaknya produk ponsel yang memakai ROM distributor alias abal-abal.



Read Only Memory atau yang sering disingkat sebagai ROM merupakan tempat untuk menyimpan berbagai macam data yang bentuknya berupa IC-Chip, kalau dalam konteks kali ini adalah sebuah sistem file. Agar lebih mudah mengerti, maka ROM ini adalah sebuah sistem file yang bentuknya adalah software – firmware dan berlokasi di perangkat IC ROM. Lebih mudahnya seperti IC Bios pada PC atau komputer yang menggunakan Kernel untuk akses utama dalam mengatur keseluruhan peripheral di mainboard.

Cara mengganti ROM semua seri Xiaomi tanpa PC

Lalu apa yang menjadi masalah jika ROM yang terpasang di android Anda adalah yang abal-abal? Biasanya yang terjadi adalah para pengguna tidak bisa mendapatkan update OTA di ponsel Xiaomi mereka. Selain itu, beberapa aplikasi penting yang ada di dalam android juga bisa tidak berfungsi sebagaimana semestinya, bahkan ada juga yang tidak ada. (Baca juga: Cara Root dan Unroot Xiaomi Redmi 1S)

Nah, untuk menghindari persoalan itu maka berikut admin berikan cara mudah mengganti ROM semua ponsel Xiaomi tanpa komputer:
  1. Pertama-tama, Anda harus mengunduh ROM Xiaomi terbaru yang sesuai dengan tipe atau seri android. Untuk link downloadnya bisa gampang dicari di SINI.
  2. Kalau sudah selesai mendownload ROM resmi dan terbaru dari Xiaomi, sekarang cukup simpan filenya di memori internal ponsel Anda alias phone storage.
  3. Langkah ketiga adalah membuat ponsel masuk ke dalam recovery mode, caranya adalah dengan masuk ke dalam Tools > Updater > klik kanan atas/options > Reboot to Recovery mode. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, maka ponsel akan otomatis mati karena masuk ke mode recovery.
  4. Setelah masuk ke mode recovery ini, sayangnya fungsi touchscreen untuk sementara tidak akan dapat berfungsi. Oleh karena itu, bisa dikontrol lewat tombol-tombol volume di samping seperti volume down untuk geser ke bawah dan sebaliknya volume up untuk menggeser ke atas. Tombol power digunakan untuk memilih, sebelumnya Anda pilih dulu opsi bahasa, misalnya bahasa English kemudian baru Wipe & Reset.
  5. Dalam Wipe & Reset, yang diwipe merupakan Wipe Cache dan Wipe User Data, jadi jangan sampai salah lalu memilih Wipe All Data karena bisa-bisa hilang semua.
  6. Untuk mengupdate ROM, langkah selanjutnya adalah kembali menu utama lalu langsung pilih Install update.zip to System dan klik Yes. Setelah itu, tunggulah prosesnya sampai selesai dan mungkin akan makan waktu beberapa lama jadi bersabarlah.
  7. Setelah update berhasil dilakukan, maka restart ponsel Anda dengan cara memilih Reboot > Reboot to system. Biasanya sobat Ulfandroid juga harus menunggu lumayan lama untuk ponsel reboot kembali dan muncul logo Xiaomi.
  8. Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas, maka ponsel akan menyala kembali dan Anda sudah bisa menikmati berbagai macam fitur terbaru dari Xiaomi berkat ROM resmi yang terinstall.
Itulah cara mengganti ROM semua seri Xiaomi tanpa PC atau komputer. Sekarang tidak perlu khawatir lagi akan penyimpanan abal-abal tersebut. Semoga bermanfaat.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 05:00:00

0 komentar:

Post a Comment

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I