Tips Menjaga Baterai Smartphone Tahan Lama

Tips Menjaga Baterai Smartphone Tahan Lama – Sebagai pengguna smartphone, Anda tentu merasa sebal saat baterai cepat habis. Apalagi jika baterai tersebut habis di saat penting dan tidak tepat. Untuk mengatasi permasalahan ini, kebanyakan memilih kapasitas baterai smartphone yang lebih besar. Memang memiliki baterai dengan kapasitas besar sedikit membantu agar baterai menjadi lebih tahan lama. Namun demikian hal tersebut tidak akan terlalu berpengaruh besar terlebih jika cara penggunaan smartphone Anda tidak besar. Karena sesungguhnya perangkat Anda sendiri yang memangsa isi baterai tersebut dengan rakusnya. Untuk itu Anda perlu mengetahui beberapa tips agar dapat menjaga baterai smartphone lebih tahan lama.

Tips Menjaga Baterai Smartphone Tahan Lama

Tips Menjaga Baterai Smartphone Tahan Lama
Tips Menjaga Baterai Agar Tahan Lebih Lama

Ada beberapa hal yang sesungguhnya dapat Anda lakukan agar baterai dari smartphone dapat bertahan lebih lama lagi, yaitu:
  1. Mengurangi brightness
    Smartphone menggunakan cukup banyak daya baterai agar dapat menyala, selain itu perangkat akan menggunakan daya extra untuk menghasilkan intensitas cahaya untuk layar smartphone tersebut. Inilah yang menjadi salah satu hal yang dapat menguras baterai dari smartphone. Karena itulah jika memang Anda ingin menjaga baterai smartphone agar bertahan lebih lama, cobalah mengurangi brightness yang dihasilkan untuk layar. Caranya adalah dengan mengaturnya melalui setting display di perangkat. Dengan demikian penggunaan daya baterai akan berkurang sehingga dapat bertahan lebih lama.
  2. Matikan koneksi
    Hal lain yang menggunakan cukup banyak daya baterai adalah koneksi yang digunakan perangkat termasuk koneksi Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth. Terutama jika Anda berada di tempat yang cukup sulit menemukan sinyal, maka smartphone akan bekerja extra keras untuk menjaga adanya koneksi tersebut yang tentunya menghabiskan daya baterai extra pula. Karena itulah ada baiknya untuk Anda matikan koneksi smartphone yang tidak digunakan atau jika memang sulit menemukan sinyal untuk menghemat daya baterai yang digunakan.
  3. Pilih penggunaan fitur automatic sync
    Fitur automatic sync yang ada di smartphone memang sangat berguna, terutama jika Anda perlu menyamakan data pada perangkat yang berbeda. Namun sebenarnya Anda tidak perlu menggunakan fitur automatic synch tersebut secara terus menerus. Terlebih karena penggunaan fitur extra tentunya akan memerlukan daya extra pula dari baterai. Karena itulah aktifkan fitur automatic sync ini hanya di aplikasi yang penting saja seperti pada email. Untuk aplikasi lainnya bisa dimatikan dan baru digunakan pada saat Anda sedang mencharge baterai agar tidak membebani daya tahan baterai itu sendiri.
  4. Pilih Wi-Fi
    Jika memang terdapat jaringan Wi-Fi maka lebih baik pilih menggunakan jaringan tersebut dibandingkan menggunakan data mobile. Alasannya adalah smartphone akan menggunakan daya extra untuk memastikan data mobile tetap tersambung, sehingga untuk menjaga baterai tahan lama, lebih baik memilih jarinang Wi-Fi saja.
  5. Matikan aplikasi
    Semua aplikasi yang menyala akan menggunakan daya baterai, karena itulah setelah sesesai menggunakannya segera matikan aplikasi tersebut agar tidak terus menerus menguras baterai.
  6. Kunci smartphone
    Jika memang sedang tidak digunakan lebih baik segera kunci smartphone untuk mematikan layar dan agar smartphone berada dalam kondisi sleep. Dalam kondisi ini maka penggunaan daya baterai akan berkurang.
Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar menjaga baterai smartphone lebih tahan lama, semoga tips ini berguna untuk menjaga daya tahan perangkat tersebut. Jika memang diperlukan maka Anda dapat selalu menyiapkan powerbank supaya baterai tidak mati secara tiba-tiba (baca juga: Cara Membeli Voucher di BBM).

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 08:00:00

0 komentar:

Post a Comment

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I