Cara Menonaktifkan Sementara Aplikasi Sosial Media di Android

Cara menonaktifkan sementara aplikasi sosial media di Android - Sobat Ulfandroid pasti tahu bahwa penggunaan sosial media (sosmed) sekarang lebih digemari untuk chatting atau mengobrol daripada pesan singkat alias SMS seperti Whatsapp, Line, BBM, Twitter, Facebook, dan sebagainya. Belum lagi aplikasi-aplikasi populer lain misalnya Instagram dan Path yang sedang fenomenal saat ini. Aplikasi-aplikasi semacam ini tinggal kita install lewat Google Playstore dan tidak heran kalau lama-lama smartphone android kita jadi lemot.

Aplikasi sosial media populer yang Anda install tersebut akan terus berjalan meski Anda sedang tidak menggunakannya untuk chatting, sharing foto/video, dsb. Hal inilah penyebab utama mengapa baterai Anda mungkin cepat habis juga perangkat jadi lambat karena konsumsi RAM berlebihan. Agar semua hal itu tidak terjadi, apalagi kalau Anda sedang berada di luar dan tidak membawa power bank atau charger smartphone, maka aplikasi tersebut terpaksa harus dimatikan. Salah satu cara adalah dengan mematikan koneksi data seluler, sayangnya internet akan mati total kalau koneksi ini dimatikan. Untung ada solusinya, yaitu dengan memakai aplikasi bernama Disable Service dari WangQi.

Cara menonaktifkan sementara aplikasi sosial media di android

Cara menonaktifkan sementara aplikasi sosial media di android ini dapat menghemat penggunaan RAM sehingga perangkat menjadi tidak mudah lemot. Sobat Ulfandroid dapat menginstall aplikasi Disable Service di SINI, tapi aplikasi ini memerlukan root terlebih dahulu (baca juga: Cara mudah root Android dengan menggunakan SuperOneClick).

Aplikasi sosial media populer


Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Jalankan aplikasi Disable Service dan jika aplikasi ini meminta hak ijin untuk akses root di perangkat Anda maka pilihlah “Allow”.
  2. Setelah itu pilihlah menu “General Apps” karena pada menu ini terdapat daftar berbagai macam aplikasi yang terinstall di android Anda, pilihlah mana aplikasi yang mau dimatikan sementara misalnya Facebook, Twitter, Instagram, Line, Whatsapp, dsb.
  3. Hilangkan tanda checklist pada halaman service layanan dari aplikasi sosmed yang ingin dinonaktifkan.
  4. Dengan menghilangkan sebagian atau seluruh tanda checklist yang ada di aplikasi sosmed yang ingin dimatikan sementara, maka itu artinya layanan servis akan berhenti berjalan bahkan saat Anda tidak sedang memakainya.
  5. Selesai dan ponsel android Anda bisa lebih enteng respon serta prosesnya.

Langkah-langkah mudah di atas bisa dicoba kapan saja dan Anda juga bisa kembali menghidupkan layanan servis aplikasi sosial media tersebut cukup dengan men-checklistnya ulang. Dengan memakai tips dan trik ini, maka pemakaian RAM di perangkat android akan berkurang sehingga ponsel android akan bisa kembali berjalan normal bahkan lebih cepat dari sebelumnya.

Manfaat yang didapat dari mematikan sementara aplikasi sosmed di Android yaitu tersedianya kapasitas RAM yang lebih banyak, lalu respon sistem dalam perangkat menjadi lebih baik, dan terakhir adalah baterai bisa lebih dihemat karena kerja prosesor menjadi lebih ringan. Tapi yang perlu diingat adalah bila Anda keliru menonaktifkan layanan yang penting sistem di perangkat Anda nanti malah jadi tidak berjalan stabil, bisa hang atau bahkan bootloop.

Untuk mengatasi kalau terjadi kesalahan ketika android di-root atau saat sudah menjalankan aplikasi Disable Service ini, lebih baik sistem dibackup terlebih dahulu dan kalau ada file penting juga perlu dibuat backup-annya. Oke, sobat Ulfandroid, demikian tips dan tutorial cara menonaktifkan sementara aplikasi sosial media di android, semoga bermanfaat.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 11:46:00

0 komentar:

Post a Comment

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I