Cara Mengatasi Huruf Kotak-Kotak Di Android

Ulfandroid on Artikel Cara Mengatasi Huruf Kotak-Kotak Di Android - Kalian mempunyai sebuah masalah dengan font di android? apakah pernah kalian lihat tulisan kotak-kotak dan bingung untuk membacanya? kebetulan sekali, ulfandroid akan share sedikit tutorial kepada kalian yang mempunyai masalah seperti yang saya sebutkan. Sebenarnya penyebab itu terjadi adalah kurangnya fornt yang mendukung dari karakter tersebut. Font atau huruf bawaan Android tidak mendukung karakter unicode, inilah kelemahan android. Sehingga apabila ada emoticon, emoji, huruf karakter yang aneh atau karakter asing tidak akan terbaca, hanya ditampilkan sebagai karakter kotak.

Cara Mengatasi Huruf Kotak-Kotak Di Android

Font adalah berkas data elektronik yang berisi serangkaian ikon, karakter, ataupun simbol. Nah, tulisan yang kotak-kotak tersebut karena karakter yang ditulis tersebut berbeda dan tidak ada jadi menjadi seperti itu. Jadi, kita akan menambahkan font baru yaitu font unicode yang support dengan karakter-karakter lain dari awalnya. Namun, sebelum masuk ke tahap selanjutnya kalian harus terlebih dahulu mempunyai perangkat yang sudah di root. Karena font ini akan dimasukan kedalam sistem android. Misalkan androidnya tidak support dengan font ini dan terjadi error, DWOYR (do with own your risk) atau semua ditanggung oleh kalian sendiri.

Bagi kalian yang ingin mencoba menggunakan font unicode baru ini di android, bisa unduh fontnya via xda developer. Tidak hanya itu, dibutuhkan aplikasi root explorer (berbayar) atau root browser (gratis), disini saya memberikan link root browser, bisa unduh aplikasinya via google playstore atau via mirror. Selanjutnya yaitu implementasi cara mengatatasi huruf tidak terbaca di android.

  • Android kalian yang sudah diroot, install aplikasi root browser yang sudah saya berikan disebelumnya. Bagi yang sudah ada seperti root explorer atau sejenisnya, bisa langsung ke tahap selanjutnya.
  • Pada prinsipnya ini hanya merubah font bawaan android menjadi lebih banyak karakter yang sudah di repack. Jadi, sebaiknya kalian backup dahulu font asli bawaan android agar jika terjadi sesuatu dengan fontnya bisa di kembalikan.
  • Ekstrak dahulu font yang sudah diunduh, lalu buka aplikasi root browser kemudian salin font "DroidSansFallback.ttf" ke direktori "/system".
  • Atur "permission" file fontnya dengan menekan dan tahan lalu pilih "permission". Centang sesuai dengan yang ada di gambar.

Cara Mengatasi Huruf Kotak-Kotak Di Android

  • Apabila sudah diatur permissionnya, pindahkan file font tersebut dari "/system" ke "/system/fonts". Maka, kalian akan melihat peringatan "DroidSansFallback.ttf already exsists. Do you want to overwrite it?" pilih "yes" untuk mengganti dengan yang baru.

Cara Mengatasi Huruf Kotak-Kotak Di Android

  • Kemudian coba restart perangkat android kalian lalu lihat hasilnya.

Bentuk karakter biasanya berbeda-beda tergantung dari mana font tersebut berasal. Untuk yang masih belum terbaca seperti font unicode (Font Thailand, Bengali, Tamil, font asing lainnya), bisa menambahkannya dengan:
  • Siapkan berkas font.ttf nya yang ingin ditambahkan.
  • Salin filenya ke "/system/fonts", kemudian atur "permission" sesuai dengan digambar sebelumnya.
  • Lalu edit "/etc/fallback_fonts.xml" dan tambahkan sesuai dengan nama fontnya.

Ingat untuk yang ingin menambahkan font, jika ada filenya yang sama harap di backup terlebih dahulu agar apabila terjadi sesuatu bisa ditanggulangi. Cukup sekian artikel tentang Cara Mengatasi Huruf Kotak-Kotak Di Android. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. terima kasih sudah berkunjung.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 09:41:00

2 komentar:

  1. Om mohon pencerahannya error mds5 apa ya om thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Erfan Hadi

      error md5 itu saat lagi apa gan? installkah?

      Delete

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I