Tips Hemat Kuota Internet

Tips Hemat Kuota Internet – Adanya koneksi internet menjadi sesuatu yang wajib dimiliki oleh semua smartphone. Terlebih karena berbagai aplikasi yang terinstall di smartphone sebagian besar memerlukan koneksi internet dalam penggunaannya. Namun demikian ada pula sisi lain dari penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut, terutama karena beberapa dari aplikasi itu yang boros kuota internet. Tentunya hal ini sangat tidak diinginkan karena akan membuat tagihan internet menjadi membengkak. Karena itulah gunakan beberapa tips agar dapat menghemat pemakaian kuota internet yang akan kita bahas disini.

Tips Hemat Kuota Internet

Atur Penggunaan Kuota Internet

Anda hanya perlu melakukan beberapa penyesuaian di smartphone dan aplikasi penting yang sering digunakan agar penggunaan kuota internet tidak boros. Langkah yang perlu dilakukan sesungguhnya cukup gampang namun banyak yang tidak mengetahuinya sehingga jarang ada pemilik smartphone yang memanfaatkannya.

Aktifkan data saver di chrome

Seperti kita ketahui smartphone Android menggunakan aplikasi Google Chrome sebagai browsernya meskipun beberapa produsen juga menyertakan browser buatan mereka sendiri. Menggunakan chrome sebagai browser memang lebih baik karena Google memiliki fitur web light yang akan secara otomatis aktif saat koneksi Anda lemot. Selain mempercepat proses loading fitur web light ini juga menghemat penggunaan data saat membuka halaman tersebut. Namun terkadang banyak yang tidak suka menggunakannya karena UI nya tidak nyaman untuk digunakan. Jika Anda ingin tetap melihat halaman website sesuai tampilan aslinya namun tetap menghemat penggunaan data, maka coba aktifkan data saver di bagian setting pada browser chrome tersebut. Dengan demikian data yang diunduh saat membuka halaman website akan di compres sehingga menghemat pemakaiannya sampai 50%.

Atur penggunaan mobile data

Untuk menghindari kelebihan dalam pemakaian kuota mobile data pada smartphone Anda, maka coba aturlah penggunaannya dengan mengaktifkan fitur untuk membatasi pemakaian mobile data serta peringatan penggunaan dengan langkah berikut:
  1. Buka setting smartphone.
  2. Scroll untuk menemukan menu data usage, tap sekali.
  3. Aktifkan opsi “Set mobile data limit” kemudian aturlah limit data dengan menyesuaikan garis limit yang ada di grafik dengan batas kuota yang Anda inginkan.
  4. Atur juga peringatan saat penggunaan data sudah mendekati limit dengan menyesuaikan garis warning yang ada di grafik dengan batas yang mendekati jumlah kuota Anda.
  5. Atur batas data background
Langkah ini bisa Anda terapkan saat penggunaan data di smartphone sudah mendekati batas kuota yang dimiliki. Caranya adalah dengan mengatur agar penggunaan data oleh aplikasi di background dibatasi. Dengan demikian aplikasi akan hanya sedikit mengambil data saat sedang tidak dibuka. Caranya dengan masuk ke “Data usage” sekali lagi, terus tekan icon setting di pojok kanan atas dan pilih “restrict background data” kemudian tekan OK. Kendala yang akan dihadapi saat opsi ini diaktifkan adalah proses sync akan jarang dilakukan sehingga Anda mungkin ada pemberitahuan penting yang terlambat diketahui.

Atur update aplikasi

Pada Google Play ada fitur untuk mengupdate aplikasi secara otomatis, sayangnya fitur ini membuat kuota internet menjadi boros. Karena itulah atur agar fitur update tersebut hanya berjalan saat Anda menggunakan koneksi Wi-Fi. Caranya buka setting di Google Play, pada bagian general tap menu “auto update apps” kemudian pilih opsi “update apps over Wi-Fi only”
Mudah bukan untuk mengatur agar smartphone Android Anda tidak boros kuota internet (Baca juga: Tips Mendeteksi Aplikasi Boros Baterai). Sekarang Anda tidak perlu sering-sering tambah kuota.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 08:00:00

0 komentar:

Post a Comment

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I