2 Cara Menghilangkan Virus Android Tanpa Anti Virus

Cara menghilangkan virus android tanpa anti virus – Yang namanya Android memang rentan terhadap resiko apapun termasuk soal virus. Serangan dari virus ke android memang tidak main-main dan dapat menyebabkan banyak kerugian serta kerusakan, misalnya saja: 
  • Baterai jadi lebih boros
  • Smartphone suka mati tiba-tiba
  • Kinerja smartphone makin lola atau melambat
  • Pemakaian data internet naik drastis
  • Dsb.
Bahkan sampai yang paling parah adalah pencurian data lewat ponsel android kamu yang tentu berakibat fatal. Sobat Ulfandroid harus tahu bagaimana cara mengatasi masalah virus ini. Memang solusi paling umum digunakan adalah dengan memakai anti virus dan saat ini ada banyak produk-produk anti virus yang bisa didapatkan secara gratis dengan mengunduh langsung via Google Playstore misalnya. (Baca juga: Tips Download Video Dari Youtube Dengan Cepat)

Tapi sebetulnya ada cara menghilangkan virus di android tanpa anti virus sehingga kamu tidak perlu repot-repot menginstallnya, apalagi kalau RAM ponsel terbatas. Berikut admin berikan tips untuk mengatasi virus android tanpa perlu mendownload anti virus di bawah ini.

2 Cara menghilangkan virus android tanpa anti virus

Hilangkan Virus Pada Smartphone Android

1. Factory reset

Untuk opsi pertama ini memang cara paling mudah yang bisa dilakukan dan sering digunakan oleh para pengguna smartphone android yang tidak suka repot. Akan tetapi, cara ini akan beresiko menghilangkan semua aplikasi termasuk data-data yang ada di dalam smarphone. Satu-satunya solusi kalau mau melakukan factory reset adalah membackup data penting serta aplikasi terlebih dahulu, kemudian baru jalankan reset tersebut.

2. Masuk ke safe mode

Menu safe mode memungkinkan kamu untuk menjalankan fungsi inti saja yang ada di android, jadi hal ini akan membuat ponsel bekerja lebih ringan. Dalam mode ini, kamu juga jadi lebih gampang jika ingin membersihkan cache, file-file yang kurang berguna, termasuk virus yang menyerang. Selain itu, safe mode ini menyembunyikan aplikasi yang kamu install. Setelah masuk ke menu safe mode, kamu juga harus memastikan hal-hal berikut ini:
  • Cek aplikasi yang ada di safe mode: Biasanya virus bisa terbawa karena aplikasi yang kamu install, oleh karena itu segera cek aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel pinter kamu melalui menu safe mode. Caranya adalah masuk ke pengaturan atau setting, kemudian pilihlah daftar aplikasi atau application. Coba lihat atau telusuri apakah ada aplikasi yang sekiranya mencurigakan, kalau ada sebaiknya langsung segera di uninstall karena mungkin aplikasi itu membawa virus.
  • Menghapus akses administrator: Agar ponsel android terhindar dari virus perlu dilakukan penghapusan akses administrator. Caranya adalah dengan masuk ke menu pengaturan atau setting, lalu pilihlah security kemudian pilih device administrator. Terakhir, hapuslah akses administrator yang berada di aplikasi mencurigakan yang kamu temukan tadi.
  • Keluar dari safe mode: Setelah kamu melakukan hal-hal atau langkah di atas, sekarang tinggal keluar dari menu safe mode. Cukup dengan merestart ponsel android dan setelah menyala kembali maka tampilan nanti akan kembali seperti semula dan virus yang sebelumnya ada menyerang smarphone kamu sudah dihilangkan.
Itulah tips mudah cara menghilangkan virus android tanpa anti virus yang bisa dilakukan kalau suatu hari nanti ponsel kamu terkena serangan virus. Sebagai saran, sebaiknya rutinlah melakukan back up aplikasi maupun data-data yang sekiranya penting karena jika sewaktu-waktu terkena virus, untuk berjaga-jaga serta menghindari kehilangan data/aplikasi yang ada. Semoga bermanfaat.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 12:23:00

0 komentar:

Post a Comment

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I