Pengertian Bootloop Dan Cara Mengatasi Bootloop Pada Android

Ulfandroid on Pengertian Bootloop Dan Cara Mengatasi Bootloop Pada Android - Pada kesempatan saat ini, saya akan share apa itu bootloop dan cara mengatasinya. pengguna android pasti sudah banyak mendengar kata-kata ini, namun sebagian pasti ada yang belum merasakan efeknya. android Bootloop merupakan masalah yang dialami oleh hampir sebagian besar gadget dengan sistem operasi android baik itu smartphone maupun tablet.

Pengertian Bootloop Dan Cara Mengatasi Bootloop Pada Android
Bootloop dan cara mengatasi bootloop

Bootloop adalah adanya masalah pada sistem android dimana tidak bisa melakukan startup sehingga sebelum masuk ke menu home, akan tetapi otomatis kembali lagi ke state awal seperti ketika kalian menghidupkan smartphone. hal tersebut terjadi terus menerus yang mengakibatkan tidak bisanya menggunakan android kalian. saya menyarankan untuk tetap tenang dan sabar. banyak kasus cara untuk mengatasi bootloop di android yang satu dengan yang lainnya berbeda. penting untuk mengetahui penyebab android bootloop agar dapat mengatasinya dengan benar.

Kadang-kadang kita gegabah dan terburu-buru dalam mengambil tindakan pada saat android bermasalah. mungkin karena dalam kondisi panik membuat kita akan langsung mencari cara untuk mengatasi bootloop, dan tanpa berpikir panjang langsung mempraktekkan cara tersebut tanpa memperhatikan penyebab dan jenis android yang digunakan. Belum tentu cara yang dipilih tersebut sesuai dengan type android kita bahkan hal ini akan sangat beresiko memperburuk masalah kerusakan pada android kita.

Macam-macam Bootloop pada android:
1. Android Light Bootloop. Ini merupakan bootloop yang paling mudah diatasi penyebabnya. Light loop ini biasanya terjadi karena pada penggunaan ponsel android dalam keadaan pemakaian normal, melakukan install aplikasi, bermain game namun tiba-tiba saja saat restart dan dinyalakan android bootloop hanya berhenti di logo, dan kita yakin tidak meng-operk android apalagi sampai masuk kedalam system merubah file maupun recovery mode pada android.

Cara mengatasinya: biasanya hal ini bisa langsung diatasi dengan mencabut baterai dari smartphone lalu pasang dan aktifkan kembali. Tetapi untuk perangkat seperti tablet agak sulit karena baterai terhubung dengan perangkat dengan cara disolder sehingga harus melepas timah terlebih dahulu.

2. Android Medium Bootloop. Medium bootloop terjadi karena pengguna mencoba mengutak-atik ponsel android miliknya. Medium bootloop masuk kedalam kerusakan tingkat menengah karena android  masih bisa dinyalakan masih bisa masuk kedalam recovery mode.

Cara mengatasinya: Untuk mengatasi bootloop tingkat ini dibutuhkan pc windows dan file recovery image untuk restore boot image baik yang original dan juga CWM. cara tersebut bisa dilakukan apabila sudah pernah melakukan backup sebelumnya, bagi yang belum melakukan backup maka memerlukan file recovery dari pengguna lain dengan type android yang sama.

3. Android Hard Bootloop. Hard bootloop atau lebih tepatnya hardbrick (baca android bricked) adalah tingkatan bootloop yang paling berbahaya karena kita melakukan modifikasi file os android sehingga tidak bisa booting ponsel android kita dan yang muncul hanya logo android. Biasanya terjadi pada pengguna yang sudah melakukkan rooting dan melakukan modifikasi script misalnya mengubah font android, mengubah partisi external/micro sd, menghapus aplikasi bawaan android yang merupakan bagian system dengan aplikasi titanium backup, salah melakukan instal custom rom, dan lain-lain. Untuk masuk ke recovery mode tidak akan bisa pada tingkatan hard bootloop android seperti ini.

Cara mengatasinya: kalian perlu software yang tepat dan cara flashing yang tepat juga karena setiap smartphone memiliki jenis hardware yang berbeda-beda. cara flashing juga bergantung berdasarkan jenis chipset yang digunakan pada Android.

Sekian artikel tentang Pengertian Bootloop Dan Cara Mengatasi Bootloop Pada Android ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian tentang android. terima kasih.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 19:25:00

376 komentar:

  1. gan kalaw andromax i hard bootloop cara flesing ya gimanah
    di colokin ke pc malah lansung hidup dan tidak makay batre juga langsung hidup
    kalow di colokin ke usb pc

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan... kalo udah bootloop walaupun dicolokin ke komputer pasti nyala... hmm.. caranya sih cukup ribet gan... nnti deh saya update artikelnya... :D

      bner kata agan... salah satunya harus melakka flash ulang gan... :D

      Delete
    2. gan hape ane bootloop gak nya la dicolok ke pc dan pasang batre gmana yang

      Delete
    3. coba pancing dengan charger gan... baterai di lepass, trs pancing dengan charger androidnya... kalau udah, baru kembali pasang baterainya... kemudian tes hidupkan dengan normal

      Delete
  2. Gan kayaknya HP ane Kena ama yang Harp Bootloop deh ??
    Soalnya HP ane Error setelah menginstal Font di MyFont,
    Ketika di restart macet di LOGO.
    Type Phone : Sony Xperia E (Single SIM Card)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau begitu harus di flash ulang gan kalau udah bootloop... coba deh saya cari dulu cara flash ulangnya... mudah2an ada gan... :D

      kalau ada nnti saya update di blog ini... :D

      Delete
  3. Hp android gal chat terkena hard bootlop gan.soal nya saya memodifikasi os ...
    Saya sudah flashing firmware.tetapi hp saya hidup mati.tapi biza digunain .gak ada 1 menit hp saya mati.truz nya lagi gan.

    Apakah hp saya mash bisa d benerin apa ga?
    Mhon pencerahanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah di flash firmwarenya, berarti coba agan lakukan hard reset... coba pas dalam keadaan mati total, tekan tombol volume atas + home + power... maka akan masuk system recovery mode... coba wipe datanya gan... :D

      Delete
  4. Udah saya hard reset lewat recovry mde>wipe cache partisipation
    tapi tetep aja.android sayank.restart mulu gak
    ada cara lain gak gan:-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa mungkin karena datanya ada yang bermasalah... udah coba di flash ulang gan?

      coba deh ane cari dl cara flashnya... :D

      Delete
  5. Udah saya flash ulang gan.
    Tapi hp saya reztart mulu.

    Pake aplikasi "one click" kira kira bisa gak gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. one click? itu bukannya untuk root yah gan one click itu?

      Delete
  6. gan kalo bootloopnya karena ppsspp emulator itu termasuk bootloop yang mana ?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu termasuk dari aplikasi... jadi dikategorikan sebagai light bootloop gan...
      itu gk kuat atau gmn gan ko bisa sampe bootloop yak?

      Delete
  7. gan, gal young ane bootloop gegara salah donlot update.zip. solusinya gimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gal young udah bootloop terpaksa jalan satu2nya dengan melakukan flashing gan.. atau yang biasa disebut install ulang.. untuk caranya bisa agan lihat di artikel ini kalau gal young agan versi gt-s5360...
      http://ulfandroid.blogspot.com/2013/11/cara-install-ulangflashing-samsung.html

      Delete
  8. mnta solusi n cara gaaan,hpku galcore bootloop abiz custom room,lupa belom dipasang cwm...seenggaknya kasih tau cara unroot gan biar bsa dkembaliin kekonter,heheeee
    thankz gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah bootloop, harus di install ulang gan / flashing...
      nnti dh akan saya update disini kalau dapat firmwarenya... :D

      Delete
    2. ngomong2 ini galcore gt-i8262 atau yang gt-i8260?

      Delete
  9. punya sy jg galcore duos bootloop gan,, abis d root pake one klik trs oprek2 eh mlah restar gk ke menu lg, malah d logo doank,

    d msukin k pc gk bs,

    ada solusi gak ga gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan... requestnya saya buatkan dulu... pling nanti malam baru bisa saya post disini... karena paginya saya sedang ada ujian.. :D

      Delete
  10. gan kalo hp ane xperia e mau d flash tp mode debugging ny off, jadi g bisa konek ke PC.. cara nya gmn ya biar bisa conect..
    di tinggu pencerahan nya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan... coba aj dlu... soalnya kalau kalau udah bootloop dan gk bisa di hidupin usb debuggingnya pasti susah...
      kyknya tanpa di hidupin jga bsa gan... :D

      Delete
  11. gan sya bru rooting tab cross At1g sya. awalnya sih msh bgus kalau ganti animasi logo dan msh bs standby. pas sya cba gnti font dan sya instal kemudian reboot, tab sya hnya tmpil smpai logo awal saja.. mohon pncerahannya gan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi sekaranga sampai logo trus yah gan? gk bisa masuk ke home yak... wah coba di hard reset dl gan... kalau cross gmn yah masuk ke mode recoverynya...

      coba deh ane cari dlu gan solusinya.. :D

      Delete
    2. ia gan smpai logo aja.. hard reset gmn gan.. ia gan tolong ya mdhn cpt nemu solusinya :)

      Delete
    3. cara 1 : matikan ponsel... hidupkan dengan coba tekan dan tahan tombol volume bawah + home + power... kalau ada gambar segitiga lepas ketiga tombol tersebut...

      cara 2 : coba matikan ponsel, dari keadaan mati ini tekan dan tahan terus tombol volume down selanjutnya tanpa melepas tombol tersebut ikuti dengan menekan tombol power sampai mulai menyala. jika sudah masuk factory mode barulah tekanan ke tombol volume down tadi dilepaskan.

      cara 3 : matikan ponsel, tekan tombol power sebentar, kira2 mau hampir nyala, tombol power dilepas terus tekan dan tahan terus tombol volume down. sampe muncul robot hijau..

      coba di tes dulu bsa gak masuk ke recovery mode...

      Delete
  12. gan hape ini koq pas kerendem nyalanya cuma ada gambar batre aja dah.....
    ga bisa masuk....
    gimana dong gan mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kalau udah kerendem jangan langsung dinyalain gan... keringin dulu.. jemur.. soalnya takut ada yang kena hardwarenya gan...

      Delete
  13. hp ane galstar bootloop karena gagal ganti icon status bar... cuman mentok di logo samsung gimana nih gan solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di hardreset dl.. pas hp mati, hidupkan kembali dengan tekan tombol "volume atas + home + power" kemudian pilih wipe data.. delete.. lalu reboot.. kalau hasilnya sama, terpaksa di flashing/install ulang gan..

      Delete
  14. Tablet ane Advan Vandroid T1H..
    Kemungkinan light bootloop, karena ane gak merasa ngoprek HH nya.
    Tp skrg ane kebingungan bwt melepas batre,, karena batre terhubung langsung ke sirkuit dengan disolder.. Trus kalo qta lepas,, harus d solder lagi ato gmana gan??

    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan... kl tablet ssh bgt.. untuk lepas batrai.. harus di lepas dulu solderannya gan.. nnti di solder kembali... tapi hati2 gan bisa rusak tempat solderannya kalau asal2an.. :(

      Delete
  15. gan hpku lenovo a390, waktu itu hp keadaan nyala dan gak nginstall apa apa juga. tiba tiba kartu sim nya gak kedetect terus hpnya macet. abis itu aku matiin kan pake tombol powernya, abis itu aku nyalain lagi tapi gak mau nyampe ke home. cuma berhenti sampe logo abis itu mati lagi. itu kenapa ya? terus penyelesaiannya gimana? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai sekarang juga masih berhenti di logo trus restart lagi yah.. hmm.. kl udah begitu harus di flashing/install ulang kawan... soalnya mungkin ada data yang rusak, jadi gk bisa masuk ke home... jadi perangkat akan kembali restart..

      Delete
    2. nggak restart sih. tapi habis logo langsung mati lagi gitu. yaah harus install ulang berarti ya. oke deh terimakasih banyak infonya.

      Delete
    3. iya kawan.. kalau lebih pastinya coba di tanyakan dahulu sama orang konter atau gimna... biasanya kalau gagal masuk home sih karena ada file yang tidak berjalan lancar... insya allah di install ulang bisa kembali.. :D

      Delete
    4. cara nginstalnya gimana gan? saya juga cuman bs berhenti di logo, terus mati lagi....

      Delete
    5. memangnya agan flashingnya pake aplikasi apa tuh? mau di install ulang juga gan lennovo a390 nya?

      Delete
  16. minta solusinya cara mumbuka battery pada samsung galaxy tab gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau tab saya kurang tahu gan lpas baterainya... soalnya belum pernah nyoba.. :(

      Delete
  17. Gan saya punya hp LG optimus L1 ii E430
    truss saya udah masuk k DOWNLOAD MODE
    nah saya udah download firmware nya
    tpi gk bsa jga gan
    karna saya blom mengaktifkan USB DEBUGGING nya
    jdi>>>g mn cara ngidupin usb debugging dlm keadaan bootloop gan<<<
    Tolong pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mank pake apaan gan flashingnya? LG agan...

      Delete
  18. kak galaxy s4 (superking) saya pas di reboot tiba-tiba bootloop (stuck di logo samsung terus) padahal gak di apa-apain, udah di cabut batre trus di reboot tapi tetep aja. cara memperbaikinya bagaimana? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di hardreset dl kawan... masuk ke mode recovery... saat mati, hidupkan kembali perangkat dengan menekan dan tahan tombol volume atas + home + power kawan... trus pilih wipe data...
      kalau sama terpaksa harus di flashing perangkat S4 nya kawan..

      Delete
    2. udah di coba keluar tulisan cina, ga ngerti :(

      Delete
    3. tulisan cinanya keluar di mode recovery atau dimana kawan?
      kalau tetap sama harus di flashing kawan androidnya.. tapi biasanya kalau udah bootloop jalan satu2nya di flashing...

      Delete
  19. gan, lg l9 ane hard bootloop,
    mau flashing tapi ga ke detect dk pc (hardware not recognition)
    itu gimana gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba install usb drivernya dl gan... bisa agan cari drivernya sesuai perangkat agan disini... :D
      http://www.lg.com/us/support/software-manuals

      Delete
  20. pas flashingnya ntu baterrynya dicopot/dipasang gan??
    sory gan banyak nanya :D (maklum ane newbie)
    thx sbelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp gan kalo mau bertanya... ane usahakan menjawabnya... kita semua belajar ko disini.. :D
      kalo flashing harus dalam keadaan baterai dipasang gan... biasanya harus masuk ke mode tertentu gan... seperti samsung yang harus masuk ke mode download terlebih dahulu jika ingin di flashing... :D

      Delete
  21. bro, ane punya masalah nih, kalo nyalain bluetooth pasti suka bootloop, sebelumnya lancar" aja nih hp ane xperia play pake custom rom, pas bootloop ane masuk ke recovery terus wipe cache sama dalvik cache bisa lagi, tapi kalo nyalain bluetooth gitu lagi.. itu gara" kenapa yah ? ane cari solusi di google ga ada sama sekali :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin fitur bluetooth dari cusromnya ada yang error gan... filenya ada yang kurang atau korup..
      mank dari komentar2 yang sudah coba bagus2 aja kawan?

      Delete
  22. gan hp ane bootlop karena ganti cusrom itu harus gmna gan...:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. install ulang lagi gan dengan rom lain.. munkin cusromnya gk support... kalau gk coba ulangi lagi install ulang cusromnya.. :D

      Delete
  23. bang ane mau tanya donk kenapa ya hape andromax ane g mau nyala trus kalau di cas cuma ada gambar batre kosong( batre tanda seru warna merah trus ) kaga ngisi2, tp pas ane cas di PC bs sih tp g pake baterai, knp ya dengan hape ane bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dahulu ganti dengan baterai yang lain gan... misalnya minjem punya temennya... trus coba cas... apakah baterai terisi atau tidak.. kalau terisi kemungkinan baterainya udah tidak bisa digunakan lagi...
      kalau sama tidak terisi, kemungkinan IC power untuk pengisian baterainya udah rusak dan coba untuk di bawa ke tukang service.. :D

      Delete
  24. Waahhh...bnyk jg y permslhnny...mau upgrade LENOVO A390 ics ke Kitkat jd g brni...mksh bnyk Gan... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe iya kawan.. android dibalik banyak kauntungannya yaitu kita bisa meubah2 isi dari perangkat... namun, permasalahan yang dihadapi juga tidak jauh dari itu.. :D

      Delete
  25. ane mw ask nih bang :)
    hp ane Xperia e bootloop & stuck di logo SONY , nah mnta pencerahan nya dong bang :) thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. bootloop karena apa tu gan? trus sony xperia e nya versi dan tipe brp gan? biasanya kalau udah bootlopp harus di flashing gan.. :D

      Delete
  26. Gan...hp smartfren andromax c ane bootloop gara2 ganti font. gimana tuh cara benerinnya
    makasih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bootloop jalan satu2nya yaitu di flashing gan andromax nya.. :D

      Delete
    2. di flashing apa itu??.....kira kira misalnya ke abang hp gitu bisa gak dibenerin??

      Delete
    3. flashing itu sama saja install ulang gan... :D
      hehhehe..
      jadi datanya semua dihapus, trus dimasukin data baru.. :D

      Delete
  27. untuk cross yak... ini nih yang agak sulit gan nyari firmwarenya... ane cari dlu yak... :D

    ReplyDelete
  28. ngomong2 itu TAB yak cross at1g? ane bca2 ko tab yak

    ReplyDelete
  29. Firmeware buat advan T1J ada gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nih gan... ada nemu.. :D
      http://adf.ly/h5B3Z

      Delete
  30. min, kalo ane bisa booting tp abis itu layar ngeblank .. setelah di copot batrai dan di aktifkan kembali baru keliatan smua ..

    tolong bantu solusinya min .. itu kenapa ya? makasi ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngeblank pertamanya gan? trus kalau udah di copot baterainya rtus di pasang lagi bisa dan gak ngeblank gitu gan? btw androidnya apa gan?

      Delete
  31. gan... mau tanya nih....android samsung galaxy s 3mini saya masuk ke recovery mode.... nah ... saya mau keluarin dari recovery mode... gmna cara nya yah... mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau di keluarin bisa pilih reboot now... nanti android akan restart gan,.. :D
      kalau tidak bisa di lepas baterainya aja kawan... trus pasang lagi... itu cara cepatnya kawan.. :D

      Delete
  32. xperia miro saya gak bisa on gan, saya coba ganti rom malah macet. trus kehabisan baterai. mau di flash nggak bisa gan.
    gimana?? apakah kalo mau flash baterai harus penuh?? mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. macet pas dimana gan? biasanya kalau flash tuh minimal sih 75% gan supaya menghindari masalah kehabisan baterai saat menunggu perangkat yang akan masuk ke home selesai di flash.. di sana biasanya memakan waktu lama saat booting.. :D

      Delete
  33. Gan mau tanya ? Ini HP Samsung Galaxy S4 ane terkena bootloop padahal ane ga apa2in. Ini masih bisa masuk system recovery, tapi pas ane reboot kembali ke semula. Setelah itu ane wipe data/factory reset, udah nunggu 2 jam lebih ga ada perubahan. Setelah itu, tombol volume yang (down) ga bisa di tekan. Dan kalau ingin memilih menu system recovery tekan tombol power ya ? Ini ga bisa gan :'''( Solusi cara flash android galaxy s4 kalau keadaannya udah kayak gini gimana ya gan ? Mohon bantuannya. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau di flash, harus masuk ke download mode gan... itu harus menggunakan tombol volume bawah... kalau untuk memilih system recovery pake tombol volume atas dan bawah gan... kalau untuk ok tombol home... :D

      mank gk bisa aktif volume downnya atau gimna gan?

      Delete
  34. Gan MITO A210 ane ini gk tau knapa habis install chainfire 3d lalu hp ane di minta restart pas udah di logo malah macet d stu gan itu kena bootloop tingkat apa dan gmana cara mengatasi nya tolong gan please T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu udah hard bootloop tu gan... harus di flashing gan...

      Delete
    2. punx saya juga gan ,pas mau yalain malak mucul di logo aja terus saya masuk download mode lalu aq pencet flash malak jadi mati yala mati nyala gitu terus gan gimana tuh solusinya aq masuk ke recovery dak mau,tolong gan solusinya pelisss..

      Delete
    3. untuk mito a210 ini belum ada yang share gan tutorialnya... ane udah cari ke forum2 besar luar dan dalam negri susah juga nemunya... terpaksa harus di bawa ke cs nya dl gan sementara ini kyknya gan...

      Delete
  35. Ini ane gan SI MITO A210 itu tapi kalo kena hardbootloop itu katanya nggak bisa masuk mode recovery kkan tapi ane bisa gan gmana gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. stuck di logo juga termasuk hard bootloop ko kawan... soalnya kalo stuck dilogo itu biasanya ada file yang rusak atau terhapus karena ada perubahan systemnya... jadi gk bisa masuk ke home dari androidnya gan... kalau ke recovery masih bisa masuk ko gan... tapi, kalau yang recovery modenya sebelumnya tidak ada ya memang tidak bisa kawan... ada juga android yang harus dimasukan CWM atau recovery sebelumnya... :D

      tapi kalau yang sudah ada dari pabriknya recovery mode tersebut, bisa di akses ko gan... :D

      Delete
    2. Oh gitu ya gan thanks info nya.
      tapi cara ngebenarin nih HH di apain ya gan please help gan T_T

      Delete
    3. kalau bisa masuk ke cwm, bisa di backup gan.. cuman agam belum ada buat backupan rom nya yak... terpaksa harus install ulang gan... :(

      soalnya chainfire3d buat android froyo sama gingerbread gan... itu punya agan udah di atas itu yak pasti...

      Delete
  36. Gan ini hp andromax g saya kok bootlop yah, gara" install apk chairfire 3d, langsung mati n kalo di nyalain lagi malah cuma stuck di logo smartnya? Mohon bantuanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan... kan chainfire3D untuk froyo dan gingerbread gan... mank smartfrennya tipe brp gan?
      itu harus di flash ulang gan kalau udah bootloop... :(

      Delete
    2. sama kaya gw gan gara'' instal chainfire 3d mito a210 malah gitu nih lagi nunggu balasan dari si dia :D
      andromax lo kya nya kna harbootloop karna nginstal apk yg nggak kompatibel ma HH pnya agan tapi cra ngebenarin nya gw nggak teo gan kata nya ada yg harus di flashing lah ato yg namanya di format ya cman gtu aja gw tau info nya gan

      Delete
    3. iya bner gan... mank harus di flashing gan... cara satu2 nya gan...

      Delete
    4. tapi gw kaga tau cara flashing gan sama sekali nggak ngerti
      agan bisa nggak bikin tutor nya ma bahan nya buat flashing ?
      pleaseeee

      Delete
    5. buat mito a210 gan? hmm... ane nyari dulu ye gan... moga-moga ada gan.. soalnya untuk tipe kyk agan agak susah nyarinya..

      Delete
    6. wah ane udah muter2 nyari rom buat flash mito a210 nya gk ketemu2 gan... belum ada yang share... :(

      Delete
  37. gan, saya pakai samsung galaxy star. saya coba install smartkeyboard pro...
    setelah seleesai install tampilan keyboard nya tidak muncul...
    tanpa sengaja hp saya terkunci dengan password saya bingung mau masukkan password nya karena tampilan keyboardnya tidak keluar.. udah saya coba buat hard rerd reset tapi nihil hasilnya...

    mohon bantuan gan...
    trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sama kasusnya gan kyk punya galaxy young milik ane gan.. tapi ane waktu itu ada edit2 system membuat tidak bisa berfungsi keyboardnya... terpaksa ane flashing ulang gan android ane...

      kalau udah kyk gtu dan di hard reset juga sama terpaksa di flashing gan... :(

      Delete
  38. Gan hp ane samsung s4 replika.......lagi dimaenin tiba2 ngeblank cuma nyala lampu doang tapi ngga bisa masuk, kalo cabut batere bisa hidup lagi...nah nanti gitu lagi...harus cabut baterai lagi...kira2 apanya ya..hp belum di root...masih bawaan dari baru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. itu kalau baru biasanya ada garansi kan yak replikas juga... mending di balikin aja gan... soalnya kalau masih baru takutnya ada hardwarenya yang bermasalah... soalnya kata agan aja di root kan blm, otomatis belum di apa2ain sistemnya... brrti di ambil kesimpulan dari hardwarenya mungkin yang bermasalah.. :(

      Delete
  39. gan hp ana bisa disebut medium bootlop kata agan di atas and yang saya mau pertanyakan gimna cara perbaikinya dia masih bisa masuk factory mode dan bisa masuk juga recovery mode dan kata agan diatas bisa dengan cara kita mengkofikan data beckup dari handpone tipe yang sama trus jika tidak berhasil apakah ada cara lain gan oh iya saya juga sudah coba beberapa sofware flast tetapi tidak bisa terbaca dikomputer padahal driver komplit,,, saya sudah coba pake sofware kies samsung sama odin samsung tetapi sofware yang sya coba selalu meminta hp saya harus konek ke komputer nahhh menurut agan gimna gannn apakah ada cara lain jika ketika saya mencoba mengkofikan data backup dari hanphone lainn????

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih pertanyaannya gan.. :D

      untuk medium bootloop disini kalian melakukan restore backup dari rom kalian itu gan... kalau sebelumnya belum ada agan buat, gk bisa di lakukan restore backup rom dan terpaksa harus mencari backupan rom yang lain...

      misalkan ada coba agan taruh di sdcard backup rom punya orang, lalu eksekusi lewat recovery mode... pilih backup dan restore... restore rom yang sebelumnya sudah agan taruh di dalam sdcard...

      btw, androidnya apaan gan? samsung atau yang lain kah?

      Delete
  40. Gan,ane punya hp mito A 50,,setelah custom rom semuanya di instal jadi,tapi pas booting,hanya logo saja menunya nggak ada,,

    mohon bantuannya gan,,thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya itu ada yang kurang gan prosesnya... coba ulangi lagi gan langkahnya... biasanya akan berhasil...

      btw, flashnya lwat aplikasi apa gan? lwat recovery kah? kartu memory sdcard udah di lepas kan gan? kalau belum coba di lepas dahulu lalu ulangi langkahnya...

      Delete
  41. Gan, hp saya kan samsung galaxy S III Mini knp ya gan hp saya kalo di cas udh penuh kan ada gambar batre sama 100% yaudah saya cabut kan kabelnya nah pas udh hidup gak nyampe 10 menit mati lagi terus pas mati kan belum sempet di tekan tombol power udh nyala sendiri terus mati lagi nyala lagi terus2 san kaya begitu gan saya bingung harus bagaimana tp pas saya colokin kabelnya lagi baru nyala gan padahal batrenya gpp saya udh nyoba tekan tombol power+tombol home+tombol volume up tapi tetep aja hasilnya nihil bukannya membaik malah datanya ke format semua waktu itu saya pilih wipe factory reset. Terima kasih gan mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah begitu kasusnya bisa kena hardwarenya kawan... soalnya kalau udah 10 menit kata kawan akan mati sendiri... bisa di ambil kesimpulan ada komponen yang sudah tidak kuat bertahan... sampai 10 menit langsung restart otomatis seperti yang dibilang kawan...

      tapi, jangan di ambil kesimpulan begitu dl kawan... btw, itu androidnya udah brp lama kawan digunakannya? kalau masih baru2 dan datanya sudah ke format semua, coba di flashing dl kawan...tapi, kalau udah lama, bisa komponen android yang sudah usang.. :D

      Delete
    2. Jadi cara mengatasinya di install ulang bisa bener lg gan?

      Delete
    3. belum tau juga sih kawan... cuman mengambil kesimpulan aja... itu perangkatnya udah lama digunainnya? atau masih baru?

      Delete
  42. Gan hp ane bootloop gara-gara folder "fonts" ane tambahin jadi "fontsz" terus ane hapus isinya

    tolong solusinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... ko dihapus gan.. hehhe...
      bootloopnya gmn tuh gan? tipe androidnya apa?

      Delete
  43. gan hpku samsung s3 mini (udah root) klo download aplikasi dari Play Store/Google pasti kluar tulisan :'' aplikasi tidak dapat dipasang. kosongkan sebagian ruang dan coba lagi. pdahal memori internal di atas 1 GB dan external mlah di atas 6 GB.mau flashing ane males back up nya gan hehehe...jdi ane minta solusi gmna cara betulin HH ane tnpa proses flashing ato cara laen yg lbih praktis.mkasih gan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulisannya begitu gan? btw, ada tulisan insufficient storage available gak gan?

      Delete
  44. gan hati ane bootloop nih ga bisa move on. caranya gmn yah??
    thx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tinggal nyari yang baru gan... :D

      Delete
  45. gan...ane pake HH andromax i2. ngalamin bootloop medium (masih bsa masuk miui recovery), gara2 mau cus rom. kejadian setelah reboot... tp stuck di logo smartfen,,sampe lama banget (panas bgt) langsung saya cabut batre...tp bootloop lg....ada tutornya ga buat mengatasinya...thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau udah di masukin cusrom harus di flashing ulang kawan cusromnya... tapi pas mau install cusromnya terlebih dahulu memory cardnya di lepas dari androidnya kawan... baru di install cusromnya... :D

      Delete
  46. Gan, numpang tanya nih. Hp sya tiger kf-222 jelly bean, sebenrnya udah sering bootloop tp bisa sembuh klo di restore. Tapi kali ini gak bisa, kronologi'y sya instal apk chainfire 3d yg shrus'y cuma buat gingerbread ke bawah. Udah sya restore kya biasa'y tp msih ttep bootlooop. Cara ngatasinya gmn yah gan ? Sdangkan sy blm instal CWM.
    Mohon cara simple'y ya gan. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. misalkan di restore tetap tidak bisa (masih bootloop) jalan terakhir adalah flashing/install ulang kawan... soalnya untuk chainfire3d harus di uninstall dari dalam android.. begitu kawan menurut saya.. :D

      soalnya cara mengembalikan hanya dengan di hard reset, restore, sama flashing terakhir gan...

      Delete
  47. Gan,hp sy samsung galcore duos.hbs instal cwm dan sukses.coba masuk recovery mode secara manual.sukses!trus sy coba pakai aplikasi quickboot.sukses!masalahnya setelah itu,hp saya setiap mau di reboot selalu kembali ke recovery mode.ini termasuk bootloop ga gan?trus gmn solusinya..mhn pencerahan ya gan.dah pusing banget.ini email saya elva99.ag@gmail.com.pin bb 747f1e10.sebelumnya ma'ksh gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm... masalahnya aneh juga yak kawan... pas restart masuknya ke dalam recovery bukan langsung ke tampilan startup... coba di uninstall quickbootnya deh..

      andaikan masih sama mungkin dari CWM nya yang otomatis dibuat masuk ke mode recovery dahulu... tapi, setahu saya tidak ada yang begitu... wah bingung sendiri saya... hehhe.. :D

      Delete
  48. HP saya paling parah samsung s6310, udah beberapa kali ane install ulang custom rom gak apa apa, tapi kali ini pas udah boot dan matiin trus nyalain lagi malah bootloop gan. Gmn caranya???


    http://www.ayyubisoft.blogspot.com - kunjungi juga gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin dari cusrom ada bugnya gan... biasanya kalau cusrom itu ada update OTA nya deh kalau gk salah buat nutupin bug nya itu...
      btw, yang lain nyoba aman2 aja tuh kawan cusrom nya? misalkan aman2 saja, mungkin dari prosesnya ada yang kurang...

      oke kawan.. segera menuju TKP.. :D

      Delete
  49. gan, hp saya Lenovo A390, tu yng tampil logonya doank. saya coba flash tapi gak konek ke pc saya. gimana nih gan. mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya ada mode untuk flashnya kawan agar bisa konek ke pc... kyk samsung masuk ke "download mode" dengan menekan tombol power + volume down + home... pas download mode maka driver akan terinstall sendiri di komputer kawan... mungkin lenovo ada tombol sendiri kawan untuk masuk ke mode flashingnya...

      kalau lenovo coba di install dulu drivernya lalu restart komputer kawan... kalau udah restart coba sambungkan... misalnya android menyala dan mengecas, brrti harus masuk ke mode download seperti punya samsung.. :D

      Delete
  50. Gan.Samsung GALAXY Tab 2 saya muncul peringatan"Enkripsi gagal" udah saya reset tetep gag mau..solusinya gimana ya gan.? mohon bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. enkripsi gagal? pas mau ngapain tuh gan muncul tu error...

      Delete
  51. Setelah Tab dinyalakan muncul logo samsung setelah itu muncul peringatan itu gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk ke menu home mau gan?
      kemungkinan ada file OS nya yang rusak kyknya gan...

      Delete
  52. Gan hp ane Lenovo S920 bootloop parah gan ga bisa ke ditek ama pc..tiap di colokin ke kabel USB tu hp hidup tapi cuma berkedip di logo Lenovo aja jadi ga mau kebaca pc drvernya..terus ga bisa masuk recovery juga...udah pencet power+vol up+vol down tp tetep aja yg mucul logo lenovo yang kadang nyala kadang ilang logonya..mohon bantuanya gan biar ana bisa ngeflash lg tu hp gimana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya tiap merek android beda kawan untuk bisa konek ke PC dan melakukan flash.. harus di cari dlu kawan cara flashnya.... biasanya ada cara untuk konek ke PC juga.. :D

      Delete
  53. gan.. hp q Galyoung 5360... bootloop gk bsa mzuk recovery n lo mau d flash odin nya gk detek ma Hp... ppdhl pke hp laennya bosa detek... ada solusi gan...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw pas mau di colokin ke komputer udah masuk ke mode download blum galaxy youngnya?
      driver udah di instal gan?

      Delete
  54. gan, hh ane advan s5e bootloop nehh, stuck di logo gara gara salah root....saya dah coba beberpa kali buat flash ulang,,,, coz dah download semua alat tempurnya :) tapi masih ga bisa konek ke pc ya....??jadi bingung dah...padahal semuanya udah ada..termasuk usb drivernya......kondisi mati colok usb ke pc muncul logo bterai....n mbbrapa saat muncul logo advan berulang ulang...tapi usb ga kedetect .....mohon pencerahannya......gan....thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. sory gan baru bisa bales komentarnya... ane sibuk bangt 2 hari kemarin.. :D

      iya gan kalau kondisi mati trus dicolok pake kabel usb ke komputer langsung alhasil akan muncul baterai terisi...
      agan cari dahulu cara untuk koneksi ke komputer untuk flashing... soalnya kalau untuk flashing harus masuk ke mode tertentu kawan... jadi kalau udah masuk ke mode tersebut, langsung terhubung dan tidak akan muncul baterai terisi lagi.. heheh...

      Delete
  55. Udah coba segala macam cara gan yang da di postingan cara ngeflash tapi tetep aja ga konek
    Barang kali agan punya alternatif lain buat konekin hh ane mau nyoba...
    Intine biar hh ane bs di flas lg..apa karna faktor usb debuging blom aktif ya gan makane ga konek sma pc....??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cari forumnya gan... btw dapat peralatan perangnya dimana gan? biasanya kan ada tutorialnya sekalian kan yak?

      Delete
  56. gan kalau ane samsung note 1, ane coba root sendiri dengan cara liat dari google, gan pas sedang proses booting tiba tiba handphone mati sendiri lalu ane coba nyalain lagi gak bisa, terus ane cabut batre terus pasang lagi gak bisa juga, mohon pencerahan gan, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobo di pancing dengan menggunakan casan gan... dalam keadaan mati hubungkan casan dengan note 1 agan... coba hidup atau tidak gan.. :D

      Delete
  57. Gan Mohon bantuan nya ni. Saya punya tab android cuma hanya bisa hidup keluar logo habis itu tulisan android mentok disitu. mohon solusi nya master

    ReplyDelete
    Replies
    1. tabnya merek dan type apa tuh gan? coba masuk ke mode cwm recovery kemudian wipe data nya gan...

      Delete
  58. gan ane punya samsung s4 superking trus ane salah firmware harusnya xynos ane malah pake pro trus mati total mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sampe mati total gan androidnya? wew bahaya juga tuh kalau salah firmware...
      coba pancing dengan casan gan... bisa nyala gak...
      kalau gk bisa harus di bawa ke tukang service gan...

      Delete
  59. gan misi numpang tanya.. hape ane samsung galaxy GTI8910... kenapa ya s3 mini ane kalo mau d colokind ke komputer kaga detect.. padahal sudah instal drivernya dr samsung.. cookies juga sudah.. pas aku coba colok keluar colok keluar berulang2 kabel usbnya terkadang sesekali terdetek pas mau back up terputus kadang.. jadi masalahnya kalo nyolokin usb ke pc cuman ngechas aja... solusinya kaya mana ya gan,,, Tx B4

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw usb debugging nya udah di aktifkan gan? kalau udah, coba colokin trus lihat apakah di tampilan atas android ada gambar usb gan... kalau ada seret layar atas untuk lihat metode usb yang digunakan..

      Delete
  60. Numpang tanya gan HP ane Andromax v Boot loop medium masih bisa masuk Cwm
    ane udah dapet back upn dari hp kawan file zip tpi wktu di update abort mulu
    kira kira itu knapa dan gmana solving nya
    mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan masukin backupan file zipnya di menu update gan? apa melalui backup dan restore... kalau melalui backup dan restore sih biasanya bisa gan...

      Delete
  61. Gan hp ane L7 P705 ane ke hard blootloop parah nih. cuma sampe logo doang klo di hidupin. tlong dong gan gmn caranya balikin.tlong e-mailin langkahnya yah gan marmuthd@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah hard bootloop jalan satu2 nya sih biasanya di flashing ulang kawan... soalnya itu udah menyangkut kerusakan sistem... untuk caranya ane cari dl, kalau ada nanti ane kasih tau caranya.. :D

      Delete
  62. numpang tanya gan, hp ane mito a210 bootloop gan. krn blm ane pasang cwm, ane cuma bisa masuk ke recovery bawaan, gimana cara pasang cwm lewat recovery bawaan gan. soalnya sudah ane coba instal segala macam zip tidak bisa gan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau di masukin cwm lewat komputer gan/pake aplikasi tambahan.. di inject pake aplikasi khusus mito versi agan.. seperti punya samsung di inject melalui aplikasi odin gan cwmnya di masukin.. kalau untuk tiap versi mito berbeda gan tools2nya... :(

      Delete
  63. gan root hp mito a210 gmn y??
    mhon bntuan ny..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pake aplikasi root gan seperti framaroot, vroot, kingo gan... soalnya ane cari2 belum ada yang sudah root mito a210 ini... mungkin karena baru keluar versi ini ya gan...

      Delete
  64. gan hp mito A210 sya kehpus,stts barnya ga muncul,gmna mhon bntuannya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew... kehapus gmn tuh gan? kronologinya gmn tu sampe hilang begitu status bar nya

      Delete
  65. bang, hp gue sam.fame udah dua kali kejadian kayak gini. gue masih blm tau penyebabnya apa. yang pertama tiba2 hp mati dan gk bs hidup. akhirnya gue bawa ke service center samasung. terus bener lg. nah, yg baru2 ini sama lg kyk yg pertama. lg di charger tiba2 mati dan gk bs hidup lg. lo tau gak bang, itu penyebabnya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lagi di charger tiba2 mati sih besar kemungkinan dari dalam hardware androidnya kawan...

      sekarang masih mati androidnya? kalau masih mati, coba lepas baterainya kemudian pancing dengan chargernya...

      Delete
  66. gan kalau ane pas lagi instal chainfire 3d pas reboot tiba tiba berhenti gimana ni gan
    hp ane lenovo a516 kalu masuk recovery mode tulisanya kaya jepang helpppp....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah chainfire kan untuk gingerbread gan... sedangkan punya agan udah jellybean... kalau install di android agan pasti error... kalau udah begitu harus di flashing gan... kalau bisa restore sistemnya jga gpp, cuman untuk recovery mode nya aja bahasa jepang.. jadi bingung yang mana pilihannya untuk restore.. hehehe

      Delete
  67. Mas untuk cross a28 gmn cara flashingnya, apa saya bootloop sesudah diroot dan saya menukar fontnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah cross yak... hmm.. ane ada nemu... semoga bisa membantu agan.. :D

      http://www.agilproject.biz/2013/11/stock-rom-cross-a28-unroot.html

      maaf nih ane gk bisa bantu buatin artikelnya.. :(

      Delete
  68. Bang ada file recovery S4 Replika MT6572 ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. CWM recovery gan? ssh gan gk ketemu2 kalau untuk replika.. :(

      Delete
    2. bukan gan maksud saya backup data yg punya org gan , soal nya punya saya medium bootlop , recovermode bisa dibuka , tapi saya factory reset udah ampe ratusan kali , tetep aja mentok di logo samsung

      Delete
    3. iya gan... kalau udah mentok di logo samsung harus di recovery kl gk d flashing...

      ada cara flashing gan.. mungkin ROM nya bisa agan ambil... ane dapat di forum sebelah...
      http://forum.gsmhosting.com/vbb/f781/samsung-clone-galaxy-s4-i9500-mt6572-tested-rom-here-1728908/

      Delete
    4. ada drivernya nggak gan soalnya saya , udh coba tapi hp saya gak kedetect di pc

      Delete
    5. biasanya sih dalam flash toolnya sudah ada driver buat nyambungin ke PC gan... pas pake flash tool gk ada milih driver gtu yak gan?

      Delete
    6. Gak ada gan , makanya ane bingung ni gimana caranya

      Delete
    7. udah masuk via download mode gan? untuk replika ada gk sih gan download mode nya? coba tekan volume bawah + home + power bersamaan pas dalam keadaan mati... nti ada muncul peringatan download mode gak..

      Delete
    8. Replika gak ada download modenya gan ?

      Delete
    9. wah... kalau pake samsung usb driver (kies) bisa gak.. coba cari di google gan...

      Delete
    10. wah.. gmn tuh yak ngakalinnya... bingung kalau replika gan, bukan asli dari samsungnya... jadi banyak perbedaan... :(

      Delete
  69. gan sy py maxV ZTE N986 ,copy game apk dr pc ke SDcard max v trs install game ok tp kmd setelah charge batere tekan on bootloop dah sy coba lepas batrai restart hasil cuma smp logo. udh reset fisik g ada hasilnya, minta pencerahan gan thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. game apa tuh gan? hmm.. sebelumnya juga udah di hard reset kawan via recovery mode?

      Delete
  70. gan sy py max v setelah reset sy install game apk dr PC ke sdcard max v kmd lupa charge smp hh mati, kemudian sy charge smp full trs restart hasilnya gak bisa booting cuma smp kliatan logo, minta pencerahan gan soale direset fisik via tekan vol + tombol on g keluar menu

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di flashing kawan atau restore namanya... ini ada saya nemu di forum tercinta kaskus... heheh..
      bisa lihat dibagian "restore ROM", ni linknya.. http://bit.ly/1m727hA

      Delete
  71. mas tab saya tiba" macet dh gtu saya pencet power + volume kemudia masuk ke odin mode itu maksudnya apa ?
    Samsung Galaxy Tab2

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masuk ke odin mode itu untuk connect ke odin via komputer gan.. untuk flashing atau root via odin gan.. :D
      macet gmn tuh gan? stuck?

      Delete
  72. hp saya advan s5e... saya root teruss saya ganti font nya dg ifont.. terus disuruh reboot/restart hp.. lalu tiba" di logo android gk macett.. tapi gk masuk" saya tunggu 1 hari tetap gak masuk.. minta solusinya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba masuk ke mode recovery pada advannya bisa gan? di wipe data coba dahulu.. tapi kalau sama, harus di flashiing ulang gan advan s5e nya gan..

      Delete
  73. gan hp saya advan T1J pas mau nekan password tab saya tabnya kerestart sendiri trs mentok di logo bertulisan android gimana tuh caranya gan ksh tau ya gan please :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah di restart juga masih sama gan? tau mode recovery untuk advan t1j agan tidak.. kalau bisa masuk ke recovery mode, bisa dicoba utuk wipe data dan wipe cache gan dari sana..

      Delete
    2. sampe skrng msh sama aja msh loading yng ada tulisan Android (pas lagi loading nyalain / matikan) please ksh tau dong solusinya :(

      Delete
    3. wah kalau mau recovery mode ternyata harus install di dalam home advan.. sedangkan punya agan stucknya di logo gk bisa masuk... kalau udah begitu harus di flashing gan kemungkinan jalannya...

      kalau agan mau cepet flashing advan nya, bisa lihat di thread kaskus berikut ini.. http://bit.ly/1rgQOGL

      ane belum sempat gan buatin artikelnya, soalnya lagi UAS.. semoga membantu gan... :D

      Delete
    4. gk jadi gan maaf ya ahirnya setelah saya nunggu 5 jam dah mau lagi tabletnya :D

      Delete
    5. hahhaha... sip2 gan... itu 5 jam udah mati bner gan? trus di cas hidupin lagi atau gmn tuh..

      Delete
  74. hp experia j sy cma smpe d logo experia sja,, gmna flashingnya??
    sy g bsa msuk recovery , mngkn slah instal cwm
    gmna gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane coba cari dlu gan referensinya... semoga aja ada.. :D

      Delete
  75. gan gimna cara ngatasin hard bootloop gan ???? HH himax pure

    ReplyDelete
  76. hp saya evercoss setiap kali ganti simcard atau cabut batery pasti botloop ,itu kenapa gan ?
    TERIMA KASIH.

    ReplyDelete
  77. gan hp xperia saya cuman sampe logo xperia trus ngulang lagi, padahal gapernah di utak atik cuman sering dipake main game aja. udah coba copot baterai tapi tetep gabisa. ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba masuk ke mode recovery gan... trus pilih wipe data dan wipe cache.. :D

      Delete
  78. punya ane bootloop cuma muncul logo usb, terus di pc minta driver cloverview, udah diinstal driver nya tpi di restart masih muncul logo usb, masuk factory reset volume up +power udah ga bisa

    ReplyDelete
  79. Gan hp ane andromax i3s masalahnya game yg ane download selalu hilang dan cuma tersisa ikon game tersebut beserta tulisan app tidak dipasang sehabis menyalakan hp yg sudah dimatikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. unduhnya via google paystore gan? apa langsung install manual? udah di root blm..

      Delete
  80. gan samsung ace 1 ane kena bootloop yg cm muncul logo samsung trus ya?itu kenapa ya gan?
    data kontak ga bisa diselamatkan ya? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan itu udah bootloop.. coba kalau masuk ke recovery mode bisa? dalam keadaan mati, tekan dan tahan sekitar 5 detik "volume atas + home + power" bersamaan.. kalau berhasil masuk ke recovery mode pilih wipe data dan cache

      Delete
  81. Gan hp ane advan vandroid s5e mau di hard flashing,alatnya udah lengkap tapi di koneksi via USB hanya isi batere aja,gimana solusinya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. drivernya udah di install gan? pas menggunakan sp flash tool kan yak gan? kalau gk salah ada di suruh untuk koneksikan ke komputer kan gan.. sama apa yang harus di tekan..

      Delete
  82. Hp ane lenovo S660 gan..
    dia ngerestart terus semenjak ane mau upgrade trus nda selesai sebab battery lowbat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa masuk ke recovery mode gan? kalau agan tahu dan bisa masuk, disana ada menu wipe data dan cache.. nah agan pilih keduanya cba

      Delete
  83. Gan, HH ane acer Z110 , sepertinya udah parah bootloop, soalnya di backup, di reset tetep aja gak mau masuk ke menu, cuma ada logo. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan harus di coba flash itu gan misalkan agan udah reset.. soalnya alternatifnya kan di reset dl kalau udah gk bsa harus di flash :D

      Delete

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I