Cara Backup Obrolan Chatting Line di Android

Cara backup obrolan chatting Line di Android – Salah satu aplikasi messenger yang populer di tanah air adalah Line dengan jumlah pengguna yang semakin banyak. Apalagi Line telah mengusung berbagai macam desain menarik stiker chatting dari para artis luar maupun lokal, juga karakter kartun maupun animasi favorit banyak orang. Tidak heran kalau sekarang Line tengah bersaing ketat dengan rival beratnya seperti Whatsapp. Selain stiker, game, desain, serta fitur-fitur menarik juga ditawarkan misalnya video call, voice call, dan sebagainya.

Membackup obrolan chat atau riwayat Line rupanya bisa dilakukan saat ini dengan tips tertentu. Tentu hal ini menjadi sangat menguntungkan bagi para pengguna Line Messenger yang ingin menyimpan riwayat obrolan penting yang sewaktu-waktu akan diperlukan untuk kepentingan tertentu. Hal ini memudahkan Anda untuk membuka atau ingin membacanya suatu saat dan asyiknya lagi, cara backup obrolan chatting line di Android dapat dilakukan dengan perangkat android merek apa saja misalnya Asus Zenfone, Motorola, Samsung, Smartfren Andromax, Sony, Xiaomi, Acer, Lenovo, OnePlus, Huawei, dan masih banyak lagi. (Baca juga: Cara Menonaktifkan Sementara Aplikasi Sosial Media Di Android)

Cara backup obrolan chatting line di Android

Ada dua cara backup obrolan chatting line di Android yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan membuat cadangan secara keseluruhan atau membuat cadangan ke dalam bentuk berkas teks. Tidak ada yang berbeda dari dua cara ini, hanya saja jika sobat Ulfandroid ingin membackup histori dalam bentuk berkas teks maka nanti akan dikirimkan via email sedangkan backup keseluruhan juga akan dikirimkan lewat e-mail namun dalam bentuk file Zip. Anda bisa menyimpan cadangan ini ke memori internal ataupun eksternal nantinya.

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membackup riwayat obrolan di Line Messenger:
  1. Pertama jika belum mendownload aplikasi Line Messenger dan menginstallnya, maka bisa segera diunduh via Google Playstore di SINI.
  2. Setelah diinstall dan dipakai untuk chattingan, kalau ingin membackup obrolan Anda maka pilihlah menu “pengaturan obrolan” yang terletak di pojok kanan atas.
  3. Cari dan pilih “buat cadangan riawayat obrolan” untuk membuat backup semua obrolan yang ingin dicadangkan entah siapa saja.
    Cara Backup Obrolan Chatting Line di Android
    Pilih opsi backup sesuai keinginan Anda
  4. Setelah dipilih, maka akan muncul dua opsi yaitu ingin membuat cadangan/backup ke dalam bentuk berkas teks atau buat cadangan keseluruhan. Pilih saja sesuai keinginan Anda karena nanti intinya semua akan dikirim via email.
  5. Anda tinggal mengikuti tiap langkah yang diperlukan dalam petunjuk backup Line dan selesai.
Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika ingin membackup chattingan dari Line. Setelah file diterima lewat email, jika suatu saat diperlukan kembali maka Anda cukup membuka file yang sudah dikirimkan tersebut di perangkat android. Perlu dicatat bahwa untuk membuat cadangan riwayat obrolan, pastikan bahwa sobat Ulfandroid harus memiliki alamat email yang aktif misalnya alamat Gmail. Selain itu, pastikan pula Anda memiliki cukup kuota internet untuk melakukan proses backup tersebut.

Sebetulnya masih ada banyak tips-tips yang bisa dilakukan untuk mempermudah pemakaian pengguna Line Messenger yang bisa dicoba, misalnya saja merubah desain latar chattingan agar tampil lebih menarik dan tidak membosankan dimana juga bisa dilakukan secara langsung lewat opsi aplikasi Line. Hal itu akan kami bahas di lain waktu setelah cara backup obrolan chatting Line di Android ini, semoga bermanfaat.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 14:48:00

2 komentar:

  1. Pastinya cara ini akan sangat berguna banget bagi orang yang baru dan awam menggunakan line ya kang :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan.. bener bngt.. pasti ada tuh yang tidak rela ilang chat sebelumnya ketika ganti android.. :D

      Delete

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I