Tips Mengamankan Smartphone dari Hacker yang Mencuri Password

Tips Mengamankan Smartphone dari Hacker yang Mencuri Password – Sebagai pengguna smartphone tentunya Anda sudah tahu bahwa keamanan perangkat Android yang dimiliki adalah hal yang sangat penting. Tidak hanya dari hacker namun juga dari teman atau orang lain yang berusaha menggunakan smartphone Anda. Tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan smartphone Android agar tidak mudah dicuri passwordnya oleh hacker atau orang lain.

Tips Mengamankan Smartphone dari Hacker yang Mencuri Password

Amankan Smartphone dari Hacker

1. Kunci layar

Cara pertama yang ampuh untuk menghindari orang lain membuka smartphone Anda adalah dengan mengunci layarnya. Lebih baik gunakan lock screen yang sudah disediakan langsung oleh perangkat karena lebih aman dibandingkan aplikasi yang mudah di hack. Gunakan password angka yang lebih sulit untuk ditebak, namun jangan gunakan informasi pribadi sebagai password angka tersebut.

2. Enkripsi smartphone Anda

Sesungguhnya smartphone Anda sudah memiliki fitur tersendiri untuk mengamankan perangkat tersebut. Fitur itu adalah enkripsi yang bisa diaktifkan melalui setting dengan menyalakan opsi “encrypt device”. Dengan mengaktifkan fitur ini maka Anda akan membutuhkan password setiap kali ingin membuka data apapun yang ada di perangkat. Memang sedikit merepotkan tetapi dengan menyalakan opsi ini maka smartphone akan aman dari tangan jahil.

3. Kunci aplikasi

Fitur lain yang harus Anda aktifkan adalah fitur untuk mengunci aplikasi. Memang tidak perlu mengunci semua aplikasi yang ada, namun aplikasi penting seperti gallery, aplikasi pesan, sosial media, dan lain sebagainya perlu untuk dikunci. Setelah mengaktifkan fungsi lock app maka akan dibutuhkan password untuk menggunakan aplikasi sehingga orang lain tidak dapat menggunakannya.

4. memakai VPN

Jika Anda benar-benar ingin mengamankan smartphone dari hacker maka memakai VPN adalah sebuah kewajiban. Alasannya adalah VPN dapat melindungi identitas Anda saat terhubung dengan internet. Karena itulah gunakan kapanpun perangkat Anda terhubung dengan internet seperti browsing, chatting, download, serta video call. Dengan demikian informasi yang tersimpan di dalam perangkat Anda tidak mudah untuk diketahui oleh hacker.

5. Buat akun tamu

Tentu saja Anda akan merasa tidak enak saat harus menolak teman yang ingin meminjam smartphone terutama di saat penting. Tetapi bukan berarti Anda harus mengorbankan keamanan perangkat yang dimiliki. Agar dapat tetap meminjamkan perangkat ke orang lain tanpa resiko keamanan terganggu coba untuk membuat akun tamu di smartphone Anda. Dengan demikian Anda dapat mengaktifkan akun tamu tersebut saat meminjamkan smartphone ke orang lain namun tetap melindungi keamanan perangkat.

6. Gunakan antivirus

Meskipun banyak yang sudah tahu bahwa antivirus itu sangat penting untuk perangkat Anda namun masih banyak yang tidak menggunakannya di smartphone. Virus akan membuat perangkat Anda menjadi rentan dan dapat dengan mudah dihack. Beberapa virus bahkan akan mengirimkan data di smartphone Anda ke hacker yang membuatnya. Karena itulah gunakan antivirus yang terpercaya untuk melindungi perangkat Anda dari serangan virus yang berbahaya tersebut.

7. Download dari sumber terpercaya

Banyak sekali dari Anda yang suka mendownload tidak hanya aplikasi, musik, dan lain sebagainya. Agar memastikan perangkat Anda aman dari virus dan hacker, pastikan hanya mendownload dari sumber yang terpercaya saja. Jika aplikasi tersebut ada di Google Play, maka lebih baik download langsung di Play Store.

Demikianlah tips mengamankan smartphone dari hacker yang mencuri password agar menjadikan perangkat Anda aman (baca juga: 4 Aplikasi Pencari WiFi Gratis Untuk Android yang Bisa Kamu Pasang).

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 15:41:00

0 komentar:

Post a Comment

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I