Tips Ambil Screenshot Hanya di Sebagian Layar Smartphone

Tips Ambil Screenshot Hanya di Sebagian Layar Smartphone – Kebutuhan untuk mengambil screenshot dari layar smartphone adalah hal yang wajar. Karena itulah Android memberikan fitur untuk mengambil screenshot layar smartphone dengan cara yang sangat mudah. Anda hanya perlu menekan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan maka dengan otomatis layar smartphone akan disimpan di dalam gallery. Namun sayangnya jika Anda menggunakan cara ini untuk mengambil screenshot layar smartphone maka seluruh layar smartphone akan ter-screenshot. Dan jika Anda hanya ingin mengambil sebagian dari layar smartphone tersebut maka Anda perlu membuka gallery, mencari foto screenshot tersebut, mengedit dan men-cropnya di bagian yang diinginkan.

Tips Ambil Screenshot Hanya di Sebagian Layar Smartphone

Ambil screenshot sebagian layar smartphone android
Cukup merepotkan memang jika Anda hanya ingin mengambil screenshot dari sebagaian layar smartphone menggunakan fungsi screenshot yang disediakan secara langsung oleh Android. Karena itulah Anda harus mencoba menggunakan aplikasi bernama Screenshot Crop & Share yang dapat membantu mengurangi prosesnya menjadi lebih mudah lagi. Dengan aplikasi ini Anda dapat dengan langsung mengambil screenshot hanya di sebagian layar smartphone yang diinginkan. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi membuka galeri untuk mencrop hasilnya seperti yang seharusnya dilakukan jika Anda menggunakan fungsi screenshot yang disediakan secara langsung oleh Android. Tentunya aplikasi ini telah mengurangi langkah yang diperlukan sehingga mendapatkan screenhot yang Anda inginkan.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini dalam mengambil screenshot hanya di sebagian layar smartphone, Anda dapat menggunakan langkah berikut ini:

1. Download dan install aplikasi Screenshot Crop & Share yang dapat Anda lakukan secara gratis melalui Google Play di link berikut ini.

2. Buka pengaturan aplikasi dan berikan ijin untuk mengakses notifikasi, melakukan overlay, dan mengakses penyimpanan dalam smartphone Anda. Jangan lupa untuk mengaktifkan service dari aplikasi sehingga Anda dapat menggunakannya.

3. Jika diinginkan Anda juga dapat mengaktifkan floating bubble yang mirip dengan chat bubble dari aplikasi Facebook. Dengan floating bubble ini Anda dapat mengambil screenshot dimanapun secara langsung hanya dengan menekannya dan memilih pilihan yang tersedia.

4. Pilihan yang disediakan oleh floating bubble adalah screenshot hanya pada sebagian layar saja, seluruh layar namun tanpa bar navigasi, atau seluruh layar secara penuh.

5. Saat Anda ingin mengambil screenshot hanya di sebagian layar smartphone saja maka Anda tinggal mentap floating bubble kemudian pilih opsi “partial screenshot”.

6. Buat persegi di layar smartphone untuk menunjukkan bagian mana yang ingin Anda screenshot. Caranya Anda hanya perlu mentap layar kemudian tarik sampai membentuk persegi yang diinginkan.

7. Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan floating bubble, tidak perlu khawatir Anda tinggal mengambil screenshot seperti biasa kemudian Screenshot Crop & Share akan langsung menampilkan hasil screenshot tersebut sehingga Anda tidak perlu repot-repot membuka gallery untuk mengeditnya.

8. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan editor yang bisa Anda gunakan untuk men-crop bahkan memberikan highlight ke bagian yang diinginkan. Ada juga fungsi untuk memberikan blur pada informasi yang ingin Anda sembunyikan.

9. Selanjutnya Anda bahkan dapat langsung menshare hasil screenshot yang sudah Anda edit ke aplikasi lain yang diinginkan atau mensavenya.

Demikianlah tips ambil screenshot hanya di sebagian layar smartphone menggunakan Screenshot Crop & Share semoga berguna (baca juga: Tips Menjadwal Volume Suara Smartphone).

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 05:30:00

0 komentar:

Post a Comment

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I