Cara Flashing Lenovo A390 Dengan PC

Cara flashing Lenovo A390 dengan PC – Ada banyak alasan mengapa smartphone android perlu diflashing. Mungkin Anda ingin mengatasi software yang bootloop atau update menjadi yang baru atau misalkan ponsel sering eror karena virus dan sebagainya. Nah, kali ini admin akan berikan tips mudah cara flashing smartphone Lenovo A390 dengan komputer alias PC. Sobat Ulfandroid cukup mengikuti tutorial yang kami berikan dan sebelumnya juga siapkan dulu alat-alatnya.


Cara flashing Lenovo A390 dengan PC Komputer

Sebelum melakukan flashing Lenovo A390, pertama-tama unduh dan install alat-alat berikut di bawah ini:
  • Download firmware Lenovo A390 di SINI.
  • Download Driver USB di SINI.
  • Download SP Flashtool di SINI.

Aplikasi-aplikasi di atas dapat diunduh secara gratis. Setelah Anda mendownload semua alat-alat di atas, baru ikuti tips ini:
  1. Ekstrak file-file di atas terlebih dahulu, pastikan semuanya lengkap ya termasuk Driver USB-nya. Untuk Driver exe harus ada bacaan sampai sukses juga.
  2. Cari dan bukalah folder Stock ROMnya, setelah itu di dalamnya terdapat file bernama ‘checksum.ini.’, file tersebut harap dihapus ya.
  3. Matikan ponsel pintar kalian, jangan lupa tunggu sekitar 6 detik dulu sebelum menyambungkan smartphone ke PC untuk memastikan bahwa Lenovo benar-benar sudah mati.
  4. Kalau sudah benar-benar dirasa ponsel mati, sambungkan Hp kalian memakai kabel USB yang cocok.
  5. Pastikan driver terinstall dengan benar, kemudian baru ponsel boleh dicabut dari PC.
  6. Pindah ke folder SP flashtool yang sudah kalian unduh dan ekstrak tadi. Carilah file bernama Flash_tool.exe, kemudian klik kanan pilihlah run administrator atau run as administrator.
  7. Setelah Flashtool yang dijalankan berhasil, cari dan pilihlah tombol scatter loading. Lalu carilah file bernama ‘MT6577_Android_scatter_xxxx’. File ini ada di dalam folder firmware laptop atau PC komputer kalian, tinggal dicari saja ya.
  8. Setelah itu cukup dichecklist atau dicentang file yang perlu, untuk memulai proses flashing dengan flashtool klik tombol donwloadnya.
  9. Sambungkanlah ponsel pintar kalian ke PC, jika driver tadi sudah terinstall secara sempurna maka Lenovo pasti akan langsung tersambung ke komputer. Pastikan bahwa smartphone Anda mati dan terpasang baterainya. Ingat baterainya juga jangan kosong atau lowbat ya. Daya baterai minimal sekitar 50%, jadi jangan lupa discharge dulu sebelum memulai langkah flashing ini.
  10. Proses flashing akan berjalan saat smartphone tersambung ke komputer, ditunggu saja. Nanti kalau proses sudah selesai akan muncul kotak berwarna hijau dan ada centangnya alias download OK yang berarti flashing telah berhasil.
  11. Langkah terakhir adalah, melepas kabel USB dari ponsel kalian. Setelah itu buka tutup bagian belakang smartphone, copot baterainya. Tunggu bentar, kemudian pasang baterainya lagi dan nyalakan.
  12. Ponsel sudah dalam kondisi normal dan proses flashing dengan SP Flashtool telah sukses.

Itulah beberapa tips cara flash Lenovo A390 yang bisa Anda coba. Sebagai catatan tambahan, setelah proses flashing selesai jangan cepat-cepat Hp langsung dimatikan. Oleh karena itu, saat baterai dicopot tunggulah sekitar kurang lebih 10 menit dan di sinipun kalau perlu malah Hp silahkan diisi ulang dulu sampai penuh baru setelah itu dinyalakan. (Baca juga: Tips Ambil Screenshoot Hanya di Sebagian Layar Smartphone)

Saat Anda menyalakan ponsel, mungkin akan sedikit lama bisa sekitar 2-5 menitan, tapi tidak apa-apa cukup sabar ditunggu saja. Oke, segitu dulu admin beri tips-tipsnya, semoga bermanfaat ya sobat Ulfandroid.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 05:30:00

0 komentar:

Post a Comment

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I