Hanya Butuh 5 Menit Untuk Mengatasi Android Lemot

Hanya Butuh 5 Menit Untuk Mengatasi Android Lemot - Sering kali saat Anda menggunakan handphone terasa lemot, kurang lancar seperti biasanya. Kejadian ini disebabkan oleh banyak hal, namun Anda tidak perlu khawatir karena penyelesaiannya hanya membutuhkan waktu 5 menit saja.

Hanya Butuh 5 Menit Untuk Mengatasi Android Lemot

  1. Cari permasalahannya
    Biasanya kerja Android menjadi lambat karena sistem Android itu sendiri atau karena beberapa aplikasi yang Anda install di dalamnya. Terutama jika Anda baru saja melakukan perubahan terhadap HH tersebut misalkan mengupdate sistem Android atau menginstall aplikasi baru yang kemudian membuat smartphone terasa lemot tidak seperti biasanya.
  2. Memori penuh
    Selain system atau aplikasi baru bisa saja smartphone Anda menjadi lemot karena memorinya yang terlalu penuh. Cobalah untuk menghilangkan beberapa cache aplikasi yang memakan banyak memori. Seharusnya cache memang mempermudah aplikasi dalam bekerja, namun jika terlalu besar ukurannya dan membebani sistem tidak akan baik juga.
    Cara lain untuk meengatasi memori yang terlalu penuh adalah dengan memindahkan sebagian data aplikasi ke microSD yang Anda pasang ke perangkat. Namun dibutuhkan akses root untuk melakukannya (Baca juga: Cara Root Android Lenovo Vibe K5 atau K5 Plus Dengan PC).
  3. Hilangkan widget yang tidak perlu 
    Memang adanya widget akan membantu Anda dalam beraktifitas karena widget memberikan banyak informasi dan kemudahan akses suatu aplikasi. Namun jika Anda menginstall terlalu banyak widget yang akan selalu aktif pada saat yang bersamaan, ini akan membebani android itu sendiri karena dibutuhkan cukup banyak RAM untuk menjalankannya. Karena itulah lebih baik jika Anda memilih widget yang benar-benar penting dan selalu digunakan setiap saat kemudian hilangkan widget lain yang tidak terlalu diperlukan.
  4. Hentikan aplikasi yang menyala 
    Banyaknya aplikasi yang selalu menyala akan sangat membebani RAM smartphone, terutama aplikasi yang selalu menyala dan memberikan update terbaru seperti whatsapp, Facebook, twitter, instagram, path, dan lain sebagainya. Padahal RAM tersebut sangat diperlukan jika Android ingin berjalan dengan lancar. Karena itulah pastikan aplikasi yang menyala hanyalah aplikasi-aplikasi yang terpenting saja dan hentikan aplikasi tambahan yang hanya Anda gunakan sesekali. Untuk mematikan aplikasi yang menyala dengan mudah Anda dapat menggunakan aplikasi Clean Master. Dengan aplikasi ini hanya dibutuhkan satu kali tap saja untuk mematikan semua aplikasi yang tidak diperlukan.
  5. Hanya Butuh 5 Menit Untuk Mengatasi Android Lemot
    Matikan Animasi
  6. Matikan animasi
    Menggunakan launcher custom dengan animasi yang unik memang membuat smartphone Anda terlihat lebih menarik. Namun apa gunanya jika hanya membuat HH menjadi lemot. Karena itulah lebih baik mematikan animasi tersebut melalui pengaturan yang terdapat di smartphone Anda. Caranya adalah dengan mengaktifkan opsi pengembang di handphone Anda, kemudian matikan semua pengaturan animasi yang terdapat di layar opsi tersebut. Dengan demikian smartphone tidak perlu melakukan animasi apapun dan menjadi lebih cepat dalam bekerja.
  7. Restart smartphone
    Jika Anda membutuhkan cara tercepat untuk mengatasi Android yang lemot adalah dengan merestart perangkat tersebut. Tentunya akan lebih baik jika Anda sudah melakukan lima langkah diatas sebelum melakukan langkah terakhir ini. Dengan merestart smartphone maka secara otomatis semua aplikasi akan berhenti dan cache juga akan hilang. Caranya adalah dengan menekan lama tombol power kemudian pilih restart dari opsi yang ditampilkan di layar. 
Dengan demikian hanya butuh 5 menit untuk mengatasi android lemot agar bekerja dengan normal kembali.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 08:35:00

0 komentar:

Post a Comment

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I