Tips Isi Baterai Smartphone Agar Awet

Tips Charge Baterai Smartphone Agar Lebih Tahan Lama - Kalian semua pasti sudah memakai perangkat selular smartphone bukan? pernahkah kalian merasakan keluhan yang dialami saat memakai smartphone seperti kondisi baterai yang semakin buruk atau cepat habis dan akan semakin sering kalian melakukan charge. Tahukah kalian, dengan sering melakukan charge baterai dapat menurunkan kondisinya? apalagi untuk yang kurang mengetahui cara merawat agar baterai tahan lama. Kesempatan inilah saya akan membagikan tips cara aman mengisi baterai smartphone supaya awet.

Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus diketahui bersama agar kondisi baterai awet, tahan lama, berumur panjang dan lain-lain. Cara yang akan dilakukan ini dapat mengurangi masalah pada baterai smartphone dan juga dapat mempercepat pengisian baterai. Proses pengisian tidak akan cepat penuh, hanya dapat mengurangi waktu yang diperlukan dalam pengisian. Terpenting adalah life cycle dari baterai akan semakin terjaga. Nah, apa saja tipsnya?

Tips Isi Baterai Smartphone Agar Awet

Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Tahan Lama dan Pengisian Baterai Menjadi Lebih Cepat:

  • Matikan Smartphone Saat Pengisian

Cara pertama ini adalah cara paling ampuh untuk memperpanjang umur sebuah life cycle baterai pada ponsel. Secara logika, perangkat dalam kondisi mati dan tidak akan ada daya yang terpakai sehingga hampir dari seluruh daya yang masuk akan sepenuhnya digunakan untuk mengisi penuh baterai. Selain itu, dalam kondisi mati baterai tidak akan terjadi panas karena perangkat tidak dalam keadaan menyala sehingga akan lebih tahan lama serta lamanya proses charger pun akan lebih cepat.

  • Biarkan Perangkat Dalam Kondisi Charge (Jangan Digunakan)

Menggunakan perangkat saat kondisi sedang di charge tentu akan membuat baterai tidak tahan lama dan akan membuat pengisian tidak cepat penuh. Hal ini disebabkan karena jumlah daya input tidak sebanding dengan daya output pada baterai. Contoh, layar aktif menggunakan daya paling besar pada smartphone, ada banyak tips yang menyarankan untuk mengurangi kecerahan layar. Oleh karena itu, hindari untuk menggunakan smartphone berulang-ulang seperti membuka kunci layar, mengirim pesan, melakukan panggilan keluar, mengecas sambil bermain game atau apapun yang membuat layar perangkat aktif.

  • Pergunakan Alat Charger Yang Sesuai
Usahakan untuk selalu menggunakan charger yang tepat yang tersedia dan disertakan dengan perangkat anda sewaktu membeli smartphone baru. Charger bawaan tersebut sudah dioptimalkan untuk mengisi baterai, telah lulus pengujian, disertifikasi resmi, dan sesuai dengan komponen perangkat smartphone anda karena tidak semua charge memiliki kapasitas daya yang sama. Jika kalian ingin menggunakan charger lain, tidak apa-apa menggunakan charger tersebut hanya usahakan yang sesuai dan memiliki output yang sama.

  • Jauhkan Dari Tempat Yang Bersuhu Panas
Suhu juga berpengaruh terhadap panas yang diberikan pada perangkat smartphone. Saat pengisian baterai, hindari perangkat dari kondisi yang bisa menyebabkan panas berlebih. Contohnya diletakkan didekat komponen listrik lainnya yang menyebarkan panas, terkena sinar matahari secara langsung, atau ditempat lainnya. Baterai yang panas akan mengakibatkan penurunan kemampuan dalam menyimpan sejumlah energi. Makin panas baterai maka akan menyebabkan makin boros dan makin lama juga pengisian baterai saat dicharge.

  • Usahakan Jangan Sampai Pengisian Baterai Mencapai 100%
Berbeda dengan teknik pengisian baterai pada laptop/notebook, cara isi ulang baterai pada smartphone tidak boleh dilakukan sampai penuh terkecuali saat kalian melakukan kalibrasi baterai. Cara charge baterai smartphone terbaik adalah mencabut charger sebelum baterai benar-benar penuh atau sekitar 75-98 % dari status yang ditampilkan kemudian lepaskan pengisian.

Ini dilakukan agar baterai lithium-ion atau lithium-polimer pada smartphone bisa bertahan hingga waktu cukup lama. Meski saat ini baterai smartphone sudah bisa menghentikan charge saat sudah terisi penuh tapi masih kurang maksimal pada beberapa tipe produk, sebaiknya hindari berlama-lama melakukan charge karena bisa membuat baterai menjadi panas.

  • Jangan Tunggu Sampai Baterai Habis Total
Menghabiskan sisa daya pada baterai dikhawatirkan akan membuat processor kehilangan cukup daya untuk kembali menghidupkan perangkat. Melakukan pengisian baterai/charge sebaiknya sebelum peringatan baterai sudah muncul di interface layar, jangan sampai anda justru menunggu kapasitas baterai sampai habis karena akan mengurangi kapasitas baterai, juga akan memperpendek umurnya.

Baterai yang kondisinya bagus akan lebih awet dan terjaga serta lebih cepat pengisiannya dibandingkan dengan baterai yang kondisi jelek.

Saya rasa cukup sekian artikel di kesempatan ini, semoga artikel Tips Charge Baterai Smartphone Agar Lebih Tahan Lama bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung, see you next time.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 09:07:00

2 komentar:

  1. harus di matikan ya Mas, kalau mau ngechas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kstiawan

      Iya gan.. Sebaiknya dimatikan saat di cas.. :D

      Delete

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I