Cara Root Samsung Galaxy Mega 6.3 GT-I9200

Ulfandroid on Cara Root Samsung Galaxy Mega 6.3 GT-I9200 - Artikel seputar android akan saya share kembali untuk kalian semua, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara melakukan root samsung galaxy mega 6.3 gt-i9200. tutorial root ini akan merubah kernel kalian menjadi kernel yang sudah di root. bagaimana caranya? sebelum itu saya akan review perangkat samsung galaxy mega 6.3 ini.

Samsung Galaxy Mega 6.3 merupakan smartphone android buatan produsen elekteronik terkemuka asal negeri ginseng, yaitu Samsung. perangkat android ini hadir dengan ukuran layar ekstra di atas rata-rata, yaitu 6,3 inci. Jika ditambah 0,7 inci lagi ukuran layar tersebut sama dengan ukuran tablet. perangkat ini menawarkan spesifikasi yang berkecukupan, tidak terlalu berlebihan. mungkin yang terlihat istimewa hanya pada bagin layar yang begitu lebar. mengusung prosesor dual core 1,7 ghz, kapasitas ram 1,5 Gb, kamera 8 mp, kapasitas baterai yang cukup besar serta layar yang lebar menjadi nilai plus dari perangkat ini.

Cara Root Samsung Galaxy Mega 6.3 GT-I9200

Dengan sedikit review diatas, semoga bisa menambah pengetahuan kalian tentang samsung galaxy mega 6.3 ini. kembali ke judul diatas, bagaimana cara melakukan root samsung galaxy mega 6.3? caranya cukuo sederhana, yang paling utama kalian harus menyiapkan dahulu beberapa komponen dan peralatan yang dibutuhkan, diantaranya:
1. Sebuah perangkat samsung galaxy mega gt-i9200, usahakan kondisi baterai dalam keadaan 75% terisi. tidak lupa kalian hidupkan fungsi mode "usb debugging" pada perangkat.

2. File CWM dan Root, bisa kalian unduh disini (thanks to Alda. V dan ValenteL).

3. Aplikasi odin, bisa kalian unduh disini.

4. Samsung usb driver (kies), kalian unduh disini.

5. Kabel data dan komputer.

6. Berusaha dan berdoa intinya.

NB : cara ini sudah berhasil dilakukan oleh member di foum xda-developers, jika terjadi brick pada galaxy mega 6.3 kalian, do with own your risk (DWOYR). jika kalian bingung atau kesulitan saat unduh dari mirrorcreator, kalian bisa ikuti video tutorialnya disini.

Apabila semua komponen dan peralatan diatas sudah kalian siapkan semua, kita mulai proses roo samsung galaxy mega 6.3 gt-i9200.
1. Install samsung usb driver (kies) di komputer kalian apabila sebelumnya kalian belum pernah install. kemudian lakukan restart pada komputer, jika sudah di restart lihat pada bagian tray icon. apakah disana ada icon "kies", apabila terdapat icon kies kalian close icon tersebut.

2. Ekstrak file odin yang sudah kalian unduh, kemudian jalankan odin dengan "run administrator". lalu ekstrak juga gile cwm dan root yang terdapat dalam winrar, maka kalian akan melihat tiga buah file yaitu "i9200-cwm-recovery.tar", "SuperSU.apk", "SuperSU-jb-busybox-v1.41-Mega.zip". selanjutnya, matikan perangkat android kalian kemudian hidupkan kembali perangkat dengan menekan dan menahan tombol "volume bawah + home + power" maka kalian akan melihat peringatan, kalian tekan tombol "volume atas" untuk masuk ke "mode download".

3. Dalam keadaan "mode download", kalian hubungkan perangkat android dengan menggunakan kabel data ke komputer. lihat pada bagian odin, tunggu sampai android terkoneksi dengan baik. apabila sudah terkoneksi, kalian lihat kotak ID:COM akan berubah menjadi warna biru atau warna kuning dengan adanya angka port. kalian juga bisa melihat adanya tulisan "added!" pada odin.

NB : jika selalu tidak terhubung, coba uninstall dan install lagi sesuai dengan tahap 1, kemudian pilih port lain untuk koneksi perangkat ke komputer.

4. Selanjutnya kalian klik "PDA" pada odin, lalu pilih file "i9200-cwm-recovery.tar" yang sudah kalian unduh sebelumnya. tidak lupa kalian ceklis "auto reboot" dan "f. reset time" pada odin. untuk "re-partition" jangan kalian ceklis.

5. Apabila semua sudah sesuai dengan tahapan-tahapan diatas, selanjutnya kalian tinggal menekan tombol "start" pada odin. seketika odin akan melakukan prosesnya. disini kalian tunggu sampai proses selesai dan jika sudah selesai, maka perangkat akan melakukan restart secara otomatis.

NB : apabila proses odin gagal atau tidak sukses, coba close odin kemudian jalankan kembali tanpa "run administrator". lalu ulangi stepnya kembali.

6. Jika perangkat sudah restart, matikan kembali android kalian lalu hidupkan kembali dengan menekan dan menahan tombol "volume atas + home + power", maka kalian akan masuk ke "mode clockworkmod" yang sebelumnya sudah kalian masukkan ke dalam android. nah, disana kalian pilih "install zip from sdcard" kemudian pilih file zip "SuperSU-jb-busybox-v1.41-Mega.zip". jika sudah, kalian reboot perangkat kalian.

7. Setelah di reboot, kalian lihat di perangkat apakah sudah ada file SuperSU atau tidak. jika belum ditemukan, kalian bisa melakukan install secara manual file "SuperSU.apk" yang sudah ada saat kalian melakukan ekstrak. setelah di install, restart perangkat dan jalankan aplikasi SuperSU tersebut. kalau ada peringatan, pilih "perbolehkan akses user".

8. Selesai semua tahapan dalam melakukan root pada samsung galaxy mega 6.3 gt-i9200 ini.

Bagaimana tutorialnya mudah kalian mengerti bukan? jika kalian ada kendala, bisa bertanya dengan memasukkannya ke dalam kotak komentar dibawah pada artikel ini. semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. terima kasih sudah berkunjung ke blog ulfandroid yang sederhana ini. sekian artikel tentang Cara Root Samsung Galaxy Mega 6.3 GT-I9200.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 15:49:00

12 komentar:

  1. help gan ane stuck di langkah no 6 nih, ko pas ane pencet home+volume up+power ga masuk ke mode 'clockworkmod' yg terjadi malah ngehidupin hp seperti biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara bersamaan gan.. sekitar 3 detik ditahannya.. sampe muncul peringatan baru di lepas... home + volume bawah + power gan.. :D

      Delete
  2. Gan ane gk bisa msuk downliad mode stlah ane up manual ke kitkat. Kira" ada cara untuk root tnpa msuk ke download mode / app yg bisa root mega / cara lain msuk download mode slain pncet tmbol volume bawah

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo harlian kustiwansa..

      wah udah update ke kitkat yah.. brrti udah rom baru dunk.. coba kalau tombol volume bawah + home + power tidak bisa.. coba lakukan hal yang sama.. cuman pada saat logo versi samsung muncul, agan lepas tombol powernya saja..

      coba juga kalau tidak bisa, dalam keadaan mati tekan tombol volume bawah + power saja.. kalau ada peringatan pencet volume atas... kalau untuk rootnya sih pake masuk ke download mode gan..

      belum ada yang langsung pake aplikasi.. cuman kalau agan mau coba sih ada aplikasi root vroot, kingoroot, sama towelroot.. itu aplikasi bagus ketiganya.. mungkin ada yang masuk rootnya.. cuman untuk yang towelroot, kalau udah berhasil harus di install manual supersu nya di android gan..

      kalau untuk cara lain masuk mode download sih belum tau ane gan.. adanya sih untuk masuk ke mode recovery..

      Delete
  3. tolong nih gan, pas ane pencet volume atas+home+power, ko tulisannya tidak ada perintah, tidak ada tanda "instal zip from sdcard", itu gimana caranya tolongin ya agan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo NAufal Eka Syaputra..

      File CWM nya udah di masukin belum gan ke androidnya menggunakan odin? soalnya di dalam satu file itu ada file untuk CWM nya agar masuk ke mode recovery (volume atas+home+power).. misalkan belum dimasukin pasti gk bisa.. soalnya galaxy ini belum ada recovery modenya kl tidak salah..

      Delete
  4. mega gw ko jadi ga bisa booting ya gan... ga muncul logo samsungnya juga... cuma suaranya ajj... gimana dong... ga bisa idup ni hp..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rifqi Fahrizal

      gk bisa booting? habis dari proses yang mana tuh gan bisa begitu.. soalnya ane baca2 pada berhasil..

      Delete
  5. gan mega 6.3 ane berhasil...sekarang SuperSu udh ada...kira" ada langkah selanjutnya gx gan...
    thankz atas ilmunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Muhammad Fikri

      sudah slsai ko gan kl supersunya muncul.. sekarang brrti sudah diroot androidnya.. :D

      Delete
  6. gan ane secure fail : karnel ....? kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba odinnya di run admininistrator gan..
      misalkan sama infokan biar ane cari informasinya..

      Delete

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I