Pengertian Serta Fungsi Dari Rooting Android

Ulfandroid on Pengertian Serta Fungsi Dari Rooting Android - Bagi semua pengguna android, pasti kalian sudah mengenal yang namanya rooting. pada artikel ini saya membahas tentang pengertian serta fungsi root, karena banyak pengunjung blog yang bertanya mengenai apa sih itu root? fungsinya untuk handphone disini apa ya? lalu kelebihan dan kekurangan root itu apa sih? dan masih banyak lagi yang bertanya. oleh karena itu saya akan memberitahukan semuanya pada artikel ini.

Terlebih dahulu kita harus mengenal yang namanya root. root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux (termasuk android). Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita. Nge-root artinya nge-hack sistem handphone supaya kita (pemilik dan pengguna HP) punya akses ke account root tersebut ,jadi kitalah yang punya kekuasaan penuh pada HP android yang kita punya.

Pengertian Serta Fungsi Dari Rooting Android

Kemudian, Fungsi dari root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Dengan melakukan root pada android bukan berarti hanya meningkatkan performa atau kemampuan dari android kita. Namun juga akan membuka pintu bagi pengembang yang akan mengembangkan sistem operasi android ini.

Namun, kenapa pengembang sistem operasi Android tidak memberikan akses root sejak awal? pasti banyak yang bertanya-tanya kan. Hal ini bertujuan untuk melindungi sistem operasi Android secara keseluruhan. Jika pengguna secara tidak sengaja maupun sengaja mengubah atau menghilangkan satu atau beberapa file sistem, maka dapat menyebabkan kinerja smartphone rusak dan yang paling parah brick atau smartphone tidak dapat menyala, oleh karena itu pengembang Android membatasi akses ke file sistem.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari melakukan root:
Kelebihan android yang telah di Root:
1. Akses tak terbatas terhadap system Android.
2. Memindahkan instalasi aplikasi ke memory external sehingga memory internal tidak mudah penuh.
Bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan vendor yang kurang penting sehingga bisa menghemat baterai dan mempercepat kinerja.
3. Dapat melakukan Backup aplikasi dan system sehingga ketika ingin melakukan install ulang atau reset pabrik kita tidak perlu mencari, mendownload lagi.
4. Bisa merubah tampilan melalui Instalasi custom ROM.
5. Bisa menambah kemampuan procesor dengan melakukan Overclock processor sehingga kinerja Ponsel manjadi lebih cepat.

Kekurangan android yang telah di Root:
1. Garansi HP hilanng : Semua vendor ponsel mengatakan bahwa HP android yang telah di root akan hilang masa garansinya, hal ini dikarenakan dengan kita telah me-root hp android kita, kita sudah mengotak-atik file system pada sebuah HP android sehingga vendor tidak mau bertanggung jawab apabila ada kerusakan HP android yang telah di root. Namun jangan khawatir, HP android yang sudah di root bisa kok dikembalikan dalam kondisi semula (unroot). Sehingga HP android masih memungkinkan untuk mendapatkan garansi kembali.
2. Rentan terhadap Virus dan Malware : Untuk masalah ini sepertinya sobat juga harus tau, dan harus tetap waspada untuk tidak sembarangan menginstal program pada hp android sobat, dan jangan lupa untuk memasang antivirus yang dapat sobat instal dari google play seperti : avast, dll.

Setelah diatas kita sudah mengetahui beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari root itu sendiri, sekarang adalah sedikit hal-hal yang dapat dilakukan jika kalian sudah melakukan rooting:
1. Menghapus bloatware.

Pengertian Serta Fungsi Dari Rooting Android

Sebagian besar, sebuah handphone Android datang dengan dilengkapi aplikasi yang bahkan tak berguna dan tidak dipakai oleh penggunanya. Aplikasi tak berguna tersebut, biasa disebut bloatware. untuk hal yang satu ini, di handphone Android yang sudah di-root, Anda bisa menghapus atau menonaktifkan aplikasi tersebut. aplikasi yang dapat kalian gunakan adalah gemini app manager

2. Install custom ROM.

Pengertian Serta Fungsi Dari Rooting Android

Hal inilah yang membuat handphone Android root paling menyenangkan. Terlebih di internet banyak ditemukan berbagai jenis ROM custom yang bisa saja menghasilkan performa yang jauh lebih baik dibandingkan dengan stock ROM.

3. Overclock CPU.

Pengertian Serta Fungsi Dari Rooting Android

Anda bisa mengatur dengan mudah kecepatan CPU yang anda inginkan. aplikasi bernama SetCPU bisa anda gunakan untuk melakukan overclock pada handphone android.

4. Merekam video di layar.

Pengertian Serta Fungsi Dari Rooting Android

Mengambil screenshot layar sudah biasa. Namun dengan handphone yang sudah di-root, anda bisa memakai aplikasi bernama Screencast yang mampu mengambil screenshot rekaman video layar handphone Android anda. nantinya, video hasil rekaman memiliki format MP4.

5. Melakukan backup apapun.

Pengertian Serta Fungsi Dari Rooting Android

Berbekal aplikasi Titanium Backup, anda bisa membackup segala yang ada di handphone sekaligus. dari data, aplikasi yang telah terinstall, aplikasi sistem dan lain-lain.

Bagaimana? kalian sudah mengerti rooting itu apa serta fungsi dan kelebihan kekurangannya bukan. nah, setelah membaca artikel Pengertian Serta Fungsi Dari Rooting Android ini bisa menambah pengetahuan kalian tentang seputar android. terima kasih.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 20:08:00

0 komentar:

Post a Comment

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I