Cara Merubah/Edit Tampilan Background BBM Android

Ulfandroid on Cara Merubah/Edit Tampilan Background BBM Android - Sudah beberapa hari ini saya tidak share artikel kepada kalian karena kondisi cuaca sekarang yang sering turun hujan menyebabkan banjir dimana-mana. artikel hari ini saya akan memberikan sedikit tutorial kepada kalian yang mungkin sudah bosen atau merasa kurang menarik dengan tampilan dari BBM di perangkat kalian.

Tutorial ini kita akan melakukan perubahan pada aplikasi BBM yang akan kita install di android. pasti kita semua yang sudah mencoba BBM di android sudah mengetahui BBM memiliki background berwarna putih saja. bagi kalian yang senang sekali dengan namanya BBM, pasti tidak akan jauh dari aplikasi messenger tersebut dan lama-lama pasti kalian akan bosen dengan tampilan putih itu saja. nah, bagaimana caranya merubah atau mengedit tampilan background BBM di android?

Cara Merubah/Edit Tampilan Background BBM Android

Sebelum itu, kalian yang sudah install BBM di android harus melakukan uninstall BBM tersebut terlebih dahulu untuk merubah background BBM. karena BBM yang sudah di install tidak dapat dilakukan perubahan. oleh karena itu, apabila kalian ingin merubah tampilan backgorund BBM harus melakukan backup semua kontak yang kalian miliki serta kalian harus ingat USERNAME dan PASSWORD akun BBM kalian. karena BBM modif ini akan meminta kalian untuk melakukan registrasi apabila kalian lupa atau belum memiliki akun. jika kalian tidak mau terjadi sesuatu pada BBM kalian, lebih baik tidak perlu diganti. berikut beberapa komponen dan peralatan yang dibutuhkan selama proses berlangsung.
1. Sebuah perangkat smartphone yang sudah bisa melakukan install BBM.

2. BBM modif, kalian unduh disini.

3. Apk editor, kalian unduh disini.

4. Jika kalian ingin merubah background BBM melalui komputer, siapkan komputer dengan aplikasi winrar yang sudah terdapat di dalamnya.

5. Tiga buah gambar dengan format .PNG yang sudah kalian siapkan (usahakan ukuran gambar yang kalian siapkan sesuai dengan resolusi dari perangkat android yang ingin kalian install BBM atau kurang. ukuran gambar jangan sampai lebih dari resolusi layar android kalian) serta ganti nama file gambar kalian dengan nama back_chat.png, back_main.png, back_slide.png.

Jika semua komponen dan peralatan diatas sudah kalian siapkan, berikut tutorial cara merubah/edit tampilan background BBM android. kalian dapat memilih salah satu daru kedua cara dibawah ini.
1. Menggunakan smartphone.
1.1. Kalian unduh BBM modif dan juga apk editor diatas kemudian pindahkan ke SDcard dan lakukan instalasi apk editor tersebut.

1.2. Jalankan apk editor, kemudian cari dan pilih aplikasi BBM modif.

1.3. Selanjutnya kalian akan melihat 4 buah folder, ada assets, lib, meta-inf, dan res. kalian pilih folder "res" kemudian pilih folder "drawable".

1.4. Di dalam folder drawable kalian cari file dengan nama "back_chat.png", "back_main.png", dan "back_slide.png". file-file .png tersebut merupakan file yang akan kita ganti dengan file gambar yang kita inginkan. jangan lupa ganti nama file gambar milik kalian sesuai dengan ketiga nama diatas.

1.5. Pilih file gambar .png diatas, kalian tekan dan tahan satu-satu file tersebut dan ganti dengan gambar yang kalian inginkan. biasanya saat kalian menekan dan menahan, akan keluar sebuah menu. pilih "replace" untuk mengganti file gambar tersebut, lalu cari file gambar dengan ekstensi .png yang sudah kalian siapkan. biasanya proses penggantian/replace file gambar ini berlangsung selama 2 menit, jadi kalian tunggu sampai prosesnya selesai.

1.6. Jika sudah di replace, masih di apk editor kalian keluar dari folder-folder tersebut sampai terdpat aplikasi BBM modif. nah, disini kalian tekan dan tahan BBM modif tersebut, maka akan muncul menu. kalian pilih "optimize & sign" lalu tunggu kira-kira 2 menit. jika prosesnya sudah selesai, kalian akan melihat file "apk.bak" itu adalah file yang sudah di optimasi. namun, biarkan saja file tersebut lalu kalian install aplikasi BBM modif tersebut (bukan apk.bak).

1.7. Apabila BBM modif sudah berhasil di install dan dibuka pada perangkat kalian, sign in sesuai dengan username dan password yang sudah kalian simpan sebelumnya.

1.8. Selesai sudah cara merubah atau edit tampilan background BBM android.

2. Menggunakan komputer
2.1. Kalian unduh BBM modif diatas, kemudian buka aplikasi dengan menggunakan winrar. cara membukanya yaitu klik kanan pada BBM modif => open => pilih select a program from a list of installed program. lalu klik ok.

2.2. Akan muncul list program-program komputer yang dapat digunakan, disini kalian harus memilih winrar. apabila tidak ada di list, pilih browse untuk mencari aplikasi winrar.

2.3. Jika sudah, kalian pilih winrar, kemudian hilangkan ceklis "always use the selected program to open this kind of file" lalu klik ok.

2.4. Maka kalian akan masuk ke dalam aplikasi BBM modif, kalian cari folder "res => drawable". di dalam folder drawable akan ada 3 file, "back_chat.png", "back_main.png", dan "back_slide.png". sama seperti cara pertama, kalian ganti dengan file gambar milik kalian dengan melakukan drag and drop ke dalam winrar tersebut. akan ada peringatan, kalian klik ok/yes.

2.5. Apabila sudah kalian masukkan ketiga file gambar milik kalian dan sudah terganti, tutup winrar tersebut kemudian pindahkan aplikasi BBM modif ke SDcard. lakukan instalasi seperti biasa, sign in sesuai dengan username dan password yang sudah kalian simpan sebelumnya.

2.6. Selesai semua proses cara merubah tampilan BBM android.

Bagaimana? mudahkan caranya merubah tampilannya. kalian pasti bisa melakukannya. dengan begini kalian akan tidak mudah bosan dengan tampilan BBM yang hanya itu-itu saja. sekian artikel hari ini tentang Cara Merubah/Edit Tampilan Background BBM Android. semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. terima kasih sudah berkunjung.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 15:54:00

64 komentar:

  1. bookmark dulu ah , kapan2 coba trik nya .. ngomong2 bikin lambat gak sob kalo pake background di bbm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe silahkan gan... :D
      kalau lambat sih gak ko gan pas di tesnya...

      Delete
    2. Postingan root galaxy tab 3 7.0 dong mas.

      Delete
    3. oke requestnya ane tampung dan sekalian ane cari dl ya kawan... nanti kalau ada saya update di blog ini...
      terima kasih sudah berkunjung.. :D

      Delete
  2. gambarnya bisa digonta ganti ngga gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan... cuman harus di install lagi kalau mau diganti yang lain...

      Delete
  3. Buat gingerbread armv6 bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum ane coba sih kawan untuk gingerbread armv6... soalnya android saya sekarang bukan galaxy young lagi.. galaxy young sudah saya kasih ke adek saya.. :D
      tapi file bbm modif diatas untuk ICS keatas kawan.. gingerbread gk bisa untuk BBM modifnya...
      tapi, jika di edit di aplikasi BBM gingerbread armv6 kyknya bisa gan... :D

      Delete
  4. Gan ane dah coba... malah ada baca an gagal untuk menginstal. Gan... minta solusi nya . Kirim via email ya gan :)

    ReplyDelete
  5. gan bbm modif tu buat bbm v1 ja pa untuk bbm v2 jg bisa?? mhin pencrahan gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa2 aja ko gan... kalau ada file seperti background.png bisa di coba ganti dengan gamabr yang diinginkan... asal jangan ukuran gambar melebihi ukuran layar perangkat android gan.. :D

      Delete
    2. Itu buat yg v2.1.0.40 bisa gk???

      Delete
    3. kalau ada file background.png sih bsa rasanya gan... tapi blm tau juga.. soalnya belum ada nyoba gan.. :D

      Delete
  6. Gan... itu BBM modif nya versi brapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk versinya sih kurang tahu gan.. soalnya itu BBM modifan dari forum xda developers... biasanya kan kalau BBM aslinya/original hanya memiliki 1 gambar background.. namun, ini dipisah2 gamback background nya menjadi 3 bagian... sehingga kalau kita pilih menu maka akan keluar gambar yang berbeda... :D

      Delete
    2. Oh gitu gan..
      Oke gan kalo masalah edit background & icon2 yg lain saya sudah mengerti.
      Nah.. kalo mau ganti nama apk nya gimana gan?
      Biar BBM ori tetep terpasang. Jadi ada dua BBM.

      Delete
    3. hehhe.. iya gan.. cuman rubah2 file background aja intinya gan.. :D

      kalau untuk mau 2 aplikasi BBM bisa ke sini gan..
      http://www.ulfandroid.com/2014/01/cara-installmenggunakan-dua-aplikasi.html

      Delete
  7. Gan, itu gak mau di replace pict nya ketika meng-copy muncul pesan "Archive corrupt".
    Solusinya gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ko corrupt yak? udah di download lagi gan? soalnya ane udah tes gan gk ada corrupt... :D

      Delete
  8. udah ane ulang download lagi gan,n sukses copy ke sdcard. Namun timbul masalahnya lagi. apk tsb gak bisa di install, "aplication not installed" pesannya

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. coba cara yang 1 dlu gan... ane sih pake cara yang 1... yang kedua itu kadang suka begitu gan.. gk bisa ke instal.. :(

      Delete
  10. gan ada solusi gak, BBM ane kalo abis restart device gabisa connect sama internet, dan kalo mau connect lagi harus sambungin ke WiFi kira" 20 menitan, Sony Xperia E Single

    ReplyDelete
    Replies
    1. mank sebelumnya habis diapain gan? apa udah semenjak install BBM kah?

      Delete
  11. saran ane flashing rom aja gan normal
    jangan lupa backup datanya dulu

    ReplyDelete
  12. gan versi 2 nya ada ga yang bbm modifnya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada ko gan kalau gk salah.. coba ane cari deh.. :D

      Delete
  13. maaf ya gan, versi satu kurang lengkap gan. hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iya gan... :D
      gpp.. mank bner sih kurang lengkap.. :D

      Delete
  14. Replies
    1. ane nyari2 kalau yang langsung dari BBM nya (original) gk ketemu backgroundnya kawan... kalau lewat BBM MOD sih ada... tinggal di ganti gambar backgroundnya yang sudah di sediakan si BBM MOD... BBM MOD ini udah versi terbaru ko gan

      Delete
    2. ni gan BBM MOD yang udah versi baru... tinggal di ganti gambar yang ada di folder res => drawable... dalam pergantian gambar, usahakan sama ukuran dan nama file nya kawan... agar tidk terjadi error...

      dan sebelum menginstall, ingat akun agan terlebih dahulu atau bisa melakukan backup contact... apabila setelah proses pergantian gambar membuat BBM MOD error dan tidak bisa dijalankan di android..

      ini link BBM modif nya gan.. http://adf.ly/nQfZ3

      terima kasih sudah berkunjung...

      Delete
  15. ini bbm mod sama kaya bbm modif ga gan...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan.. BBM MOD kan modif... hehehhe,..

      pergantian gambar usahakan sama ukuranny gan.. misalnya 600x400.. samain jga ukuran gambar agan... biar gk lebar atau lain tidak sesuai dengan yang diharapkan...

      Delete
  16. terimakasih gan, respect (y)

    ReplyDelete
  17. z sdh berhasil namun setelah di buka..5 menit kemudian langsung berhenti sendiri

    BBM berhenti...solusinya donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau force close, coba uninstall trus install lagi kawan...

      Delete
  18. biar sama ukuranya png nya pake app apa om?? kalo pake foto di HH saya rata² bsar² semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. aplikasi apa aja bisa ko gan... kalau dikecilin panjang dan lebar foto png agan akan mengubah ukuran size jga.. nah, dalam mengubah panjang dan lebar ini membuat foto kita agak lucu.. hehhe

      Delete
    2. gan kalo ngeditnya di bbm bawan playstore gimana caranya... nama foldernya ga ada... tolong gan buatin yg bawaan playstore juga.. biar editan tapi versi terbaru

      Delete
    3. versi playstore yak... coba deh ane lihat nnti dalemannya gan.. :D

      Delete
  19. gan klo pke cra yg ke2 mang gx bsa ya gan....setiap instal gagal mulu gan...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kyknya untuk cara kedua sudah tidak bisa deh gan.. soalnya sekarang udah berbeda develop androidnya.. mungkin sih dari sana.. ane tes juga error sih.. :(

      Delete
  20. gan kalo udh semua ,apabila ada permbaruan dr play store bbm nya bisa di perbarui enggak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Carlos Brigez...

      biasanya kalau udah dirubah2, untuk melakukan update kyknya gk bisa gan.. soalnya BBM dari playstore mungkin menyesuaikan dengan yang asli..

      tapi itu masih perkiraan ane ya gan.. ane belum coba juga melakukan update jika sudah di edit2.. :D

      Delete
  21. Replies
    1. Halo Robbani Ridwan..

      error dimana tuh gan?

      Delete
  22. Salam gan, apa bisa kata kata ikon nya diganti bahasa lain (b.daerah) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo A Sudrajat Salawu..

      rasanya gk bisa deh gan.. soalnya kalau bisa mungkin akan bongkar semuanya.. seperti html, css dan yang lainnya.. cuman biasanya kl para modder hanya merubah tampilan dari background dan mungkin ada di tambahkan widget baru..

      itu mungkin sih gan, cmn kl di oprek2 lagi lebih mendalam bisa dirubah rasanya.. :D

      Delete
  23. Mohon pencerahannya gan

    Klo mau edit link facebok, twitter, g+ ni masuk dmna dan file apa yg mau d edit gan
    (Sperti gmbar yg ada d link di bwah ini)


    Thank's infonya

    https://m.facebook.com/photo.php?fbid=648930755235608&id=100003560682641&set=p.648930755235608&source=47&ref=m_notif&notif_t=feed_comment_reply

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ngampet Tangis

      Kalau itu, harus di cari satu2 gan.. lihat nama file gambarnya kemudian cocokin script untuk manggil file gambar tersebut..

      Delete
  24. Gan Kenapa Saya Masih bingung ? Dan Masih ngga ngerti ??
    Cara yg No.1
    Tolong Bales

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo MUhammad Rifqi Fauzan

      wah kl yang cara pertama itu untuk versi lama dari BBM gan.. mungkin untuk versi terbaru BBM udah berbeda.. itu maksudnya menggunakan android gan editingnya.. ane juga blm coba lagi apakah masih sama path dari folder BBM atau sudah berubah..

      Delete
  25. Waaoow keren nch, layak d'coba,,,, tpi klo pke bbm versi terbaru bsa gk y,,,?
    D'tunggu kunjungan balik'a gan: www.almasabusana.blogspot.com. blog baru nch

    ReplyDelete
  26. Waaoow keren nch, layak d'coba,,,, tpi klo pke bbm versi terbaru bsa gk y,,,?
    D'tunggu kunjungan balik'a gan: www.almasabusana.blogspot.com. blog baru nch

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo almasa store

      masih bisa ko gan.. cuman yang lewat hp, kl lewat komputer rasanya sih gk bisa..

      sip ntar ane kunbal.. :D

      Delete
  27. Di gingerbread kok gk bisa ya?
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl untuk ginger sih beda deh isi bbm nya.. kira2 apakah sama kawan yang ada dibahas diatas dengan BBM kawan? kl sama bisa..

      Delete
  28. wahh coba dulu ahh


    Klik Sekarang www.serbabayar.com Nikmati Kemudahan Melakukan Pembayaran Listrik , BPJS secara Online Menggunakan Kartu Kredit. Mudah , Cepat Prosesnya. Yuk, Klik sekarang www.serbabayar.com

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I