Efek Dan Dampak Negatif Melakukan Upgrade Android

Ulfandroid on Efek Dan Dampak Negatif Melakukan Upgrade Android - Kembali lagi dengan ulfandroid dengan info-info yang mungkin saja kalian butuhkan tentang android, pada artikel kali ini saya tidak share tentang flashing atau root lagi, namun tentang sedikit informasi kepada kalian semua. melakukan upgrade android, untuk kalian yang memiliki android yang operating sistem seperti gingerbread (GB) atau ice cream sandwich (ICS) pasti ingin merubah os yang dimiliki dengan jellybean (JB). ada sih dampak positif yang diterima yaitu android akan lebih berbeda dari sebelumnya. namun, semua yang memiliki dampak positif pasti memiliki dampak negatif didalamnya.

Banyak sekali bertebaran di dunia maya tentang cara-cara upgrade/meningkatkan versi sistem operasi android dengan versi yang lebih tinggi yang tentunya tidak di support oleh pihak vendor android itu sendiri. sehingga banyak sekali keluhan yang dihadapi oleh pengguna yang telah melakukan langkah upgrade demi mencapai keinginannya. padahal efek buruk upgrade android ke tingkat yang lebih tinggi bisa mengganggu kinerja ponsel tersebut baik segi software maupun hardwarenya.

Efek Dan Dampak Negatif Melakukan Upgrade Android

Jadi, untuk kalian yang ingin sekali melakukan upgrade android yang dimiliki menjadi lebih tinggi dari sebelumnya harus mempertimbangkan beberapa hal dibawah ini.

1. Dari segi hardware, upgrade tentu akan semakin memaksa memori yang memiliki ukuran standar untuk bekerja menjalankan berbagai fungsi perangkat sistem yang diperlukan sehingga android akan semakin lambat dari sebelumnya.
2. Prosesor akan semakin bekerja ekstra dan panas.
3. Beberapa aplikasi akan gagal loading saat dijalankan.
4. Terkadang menu-menu tidak seperti yang kita harapkan karena loading yang gagal.
5. Walau android tetap menyala terkadang fungsi call/sms tidak sempurna seperti versi bawaan android.
6. Adanya malware/virus yang tertanam di program yang tertanam di emulator upgrade.
7. Masih banyak lagi kekurangan lainnya.

Jadi, kesimpulannya untuk kalian yang ingin melakukan upgrade android lihat terlebih dahulu komponen dan spesifikasi dari android. jika dirasakan bisa digunakan untuk upgrade operating sistem diatasnya, bisa kalian upgrade dengan catatan performa tidak sebaik operating sistem bawaan dari android itu sendiri.

Nah, bagaimana kalian sudah mengambil keputusan untuk melakukan upgrade android atau masih mau menggunakan operating sistem bawaan dari android? itu semua kembali ke kalian. jika kalian ada pertanyaan seputar artikel ini, bisa melakukan komentar. sekian artikel ini tentang Efek Dan Dampak Negatif Melakukan Upgrade Android. semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. terima kasih sdauh berkunjung.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 01:24:00

49 komentar:

  1. mau tanya kenapa hp android abis di pembaharuan sistem,pas di hidupkan ulang,kok cuman nana merek hp yang muncul,tolong bantu gan?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya udah pernah di root kah? biasanya error seperti itu dikarenakan sebelum melakukan pembaruan sudah merubah sistem android kawan.. sehingga saat melakukan pembaruan tersebut sistem baru bentrok dengan sistem lama yang sudah di lakukan perubahan itu

      Delete
    2. trus solusinya gimana bro ?
      android gue gitu juga. bantuannya bro .please

      Delete
    3. kalau udah begitu harus di factory reset gan via CWM kalau sudah di lakukan namun sama jalan terakhir di flashing ulang andronya..

      Delete
  2. gann mau tanya ,kan hp saya mau di upgrade kok pas udah reboot padahal tinggal sedikit lagi tapi malah ada bacaan "KESALAHAN" tolong bantuin yah gaann

    ReplyDelete
    Replies
    1. upgradenya via OTA yak? sebelumnya android di root ga?
      itu packagenya gk cocok gan sama androidnya

      Delete
  3. mau tanya kenapa hp android abis di pembaharuan sistem secara otomtis udah sukses,pas di hidupkan ulang, semua aplikasi error???

    ReplyDelete
    Replies
    1. HP sya Lenovo A2010
      OS bawaan 5.1

      Delete
    2. coba wipe cache via recovery mode kawan..

      Delete
  4. Numpang tanya gan, apakah sesudah melakukan pembaharuan perangkat lunak secara otomatis akan menghilangkan salah satu fungsi disebuah hanphone ( sistem vibrator hilang) kebetulan ada disamsung J5.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk fungsi yang hilang mungkin saja ada dari file systemnya yang dinonaktifkan.. mungkin dari pihak samsung sendiri yang mematikan fiturnya.. soalnya fungsi itu berjalan dari perintah system..

      Delete
  5. Kalo diperbarui otomatis dari hp samsung. Ada efek negatifnya nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk gan.. namun biasanya dampak negatif itu mungkin saja ada bug atau yang lain namun kalau update via OTA langsung aman biasanya..

      Delete
  6. mau nanya dong hp aku xiaomi redmi pro 3. tapi kok aplikasi sidik jari nya gabisa di pakai kenapa yah? apa harus di perbaharui dulu? trims sblmnya.

    ReplyDelete
  7. mau nanya dong hp aku xiaomi redmi pro 3. tapi kok aplikasi sidik jari nya gabisa di pakai kenapa yah? apa harus di perbaharui dulu? trims sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di perbarui aplikasinya kawan.. bisa saja ada bug dari versi sebelumnya yang tidak berjalan di android kawan..

      Delete
  8. Andromax e2 bsa di upgrade g ea.. Tpi ud pernah di upgrade sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl sudah tunggu versi terbarunya lagi gan untuk melakukan update

      Delete
  9. Ap max e2 yg ud pernah di pembaruan perangkat 1x bisa di perbarui lgi..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalau udah diperbarui tinggal tunggu pembaruan terbaru lainnya gan.. tergantung dari versi terbarunya sudah ada apa belum

      Delete
  10. mau tanya gan, klo hp g2 yg udh di root dan ada cwmnya, apa bisa diupgrade ke kitkat secara otomatis lngsung lwat pembaruan sistem hpnya?
    trakhir ane coba pas udh slsai reboot mlh ujung"nya ke cwm

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah di root gan jangan di update langsung dari pembaruannya.. dikarenakan systemnya sudah berubah biasanya dan sering terjadi error seperti bootloop gan.. soalnya ane udah pernah coba di asus ane dalam kondisi sudah teroot dan melakukan pembaruan dari sistem hpnya.. kl mau di unroot dl baru melakukan update.. kalau untuk CWM yang sudah berubah sih rasanya tidak apa2 gan dan akan ketimpa dengan versi baru dari pembaruannya itu.. ini menurut ane sih gan.. coba agan cari2 tahu dulu untuk lebih meyakinkan agan..

      ane udah pernah tes kasus ini cuman berbeda di CWM gan, ane CWM masih standar cuman sudah dalam kondisi root androidnya, ane upgrade via sistem langsung hang di loading asusnya..

      Delete
  11. gan mau nnya dong, sekitar 3 bulan yg lalu hp ku upgrade otomatis perangkat lunaknya krn terhubung sinyal wifi. nah setelah upgrade perangkat lunak, kok font nya gak bisa diganti yak ? bisa pkek font bwaan samsung ajj. kalo download di Hifont atau Ifont gak bisa dipkek. selalu ada tulisan " Format font tidak didukung ". mohon bntuannya gan. terimakasih ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hp ku Samsung galaxy A500 gan, lupa mencantumkan nama hp nya ..

      Delete
    2. misalkan sama menggunakan hifont atau ifont.. coba pake yang namanya fontomizer gan.. soalnya ane pake itu work yang sebelumnya font hanya bawaan..

      http://www.ulfandroid.tech/2013/05/cara-merubah-font-android-tanpa.html

      Delete
  12. Gan mau nanya,apa setelah melakukan pembaruan sistem itu akan membuat hp jadi lalod karena mengurangi kapasitas ram yg cukup banyak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak yang bilang begitu gan.. namun tergantung dari updatenya gan.. karena setiap update akan ditambahkan kode-kode (Script) baru yang mungkin akan mengurangi kapasitas RAM.. ada juga yang update menghapus yang tidak perlu pada system

      Delete
  13. Mau nanya nih gan, punya ane Sony Z3 global, os dari pabrik,nya kan 4.4.4kitkat kan sudah suport tuh Upgrade 6.0,marsmallow tapi kok di upgrade dari ponsel nggak bisa, ya cuma muncul PERANGKAT ANDA SUDAH TERBARU padahal punya temen saya udah bisa. Dari ponsel juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan dari official OTA updatenya masih belum fix untuk update terbarunya kawan.. sama kyk asus punya saya dimana untuk versi MM sudah keluar namun via OTA (update dari ponsel) masih belum dikarenakan beberapa hal diantaranya seperti adanya sistem yang blm stabil jika menggunakan update baru itu..

      itu menurut ane ya kawan..

      Delete
  14. Gan hp saya samsung j5 2015 di upgrade ke marsmellow tapi muncul tulisan samsung terus dan tidak bisa diapaapakan gimana solusinya? Terima kasih

    ReplyDelete
  15. Gan hp saya samsung j5 2015 di upgrade ke marsmellow tapi muncul tulisan samsung terus dan tidak bisa diapaapakan gimana solusinya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sebelumnya pas mau diupgrade ponsel sudah dalam keadaan root ya? kmungkinan itu bootloop, soalnya kalau ponsel di root pasti ada system yang berubah dan seketika di upgrade via hp jadi gk sinkron.. menjadi bootloop seperti yang kawan alami..

      saya sendiri juga pernah kejadian bgtu upgrade namun HP dalam keadaan masih te-root..

      Delete
    2. hai kawan..kasusku sama seperti yang km pernah alami, nah solusinya bagaimana yah? apakah harus instal ulang softwarenya ke Gerai Samsung langsung? hpku samsung grand prime. thanks y

      Delete
  16. maanfaat nya pembaruan perangkat lunak itu apa yaa. kyknya sma samsung android sya gk ada perubahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. manfaatnya sih fitur baru pada update terbaru bisa di coba kawan.. cuman dibalik itu ada kekurangan misalnya saja jadi lebih boros baterai, dll

      Delete
  17. gan mau tanya kan hp saya vivo y28 trus ada perintah untuk perbarui system nah klo saya perbarui datanya kehapus gk ya gan trus ada efek negatif nya gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kehapus sih gk gan kl updatenya dari pembaruan system langsung.. kalau efek negatif sih bisa terjadi bootloop jika update dalam keadaan masih te-root ponselnya.. jadi di unroot dl apabila sebelumnya sudah di root.. efek negatif lain sih mungkin pemakaian baterai lebih boros, ada bug lain yang muncul dll.. cuman bug sebelumnya biasanya di tambal

      Delete
  18. gan hp ane lenovo a2010 pas mau upgrade sistem tinggal sedikit lagi malah ada tulisan 'tidak ada perintah' ane udah ngikutin cara mengatasinya dari blog lain tapi semuanya pada pakek factory reset padahal pilihan di hp ane cmn ada Recovery Mode, Fastboot Mode, Normal Mode itu cara ngatasinya gmn ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kalau pilih Recovery Mode hasilnya cmn black screen gan

      Delete
  19. mau tanya hp sy anroid note4 habis di software ulang di samsung center, tp kok masih muncul notifikasi pemberitahuan software upadate, padahal sudah android 6.0.1

    ini diabaikan saja atau mau di instal??

    ReplyDelete
  20. kalau mau dihilangin notifikasi pembaruan software update note4 gimana ya??
    soalnya hp baru di software ulang, tp kok masih muncul notifikasi software upadate.

    terus wifi juga suka putus2 klo layar hp ke-lock,jadi harus off on lagi wifinya baru bisa connect, tapi wifi di tempat lain ga masalah kok..

    mohon bantuannya ya, makasih

    ReplyDelete
  21. Gan hpku j5 sudah saya upgrade marsmallow lewat wife... ada dampak negatif tidak.... bagaimna caranya kembali ke versi dasarnya ????

    ReplyDelete
  22. Gan hpku j5 sudah saya upgrade marsmallow lewat wife... ada dampak negatif tidak.... bagaimna caranya kembali ke versi dasarnya ????

    ReplyDelete
  23. Gan ane punya android j1 ace keluaran 2015 gan kmaren ane upgrade melakukan pembaruan sistem perangkat lunak tp stlh itu kok notifikasi fb bbm sm yg lain ga muncul Lg ya gmn solusinya gan apa bs didowngrade lg gan? Mksh

    ReplyDelete
  24. gan kalau upgrade dari samsung nya langsung aman ga?

    ReplyDelete
  25. gan kalau upgrade dari samsung nya langsung aman ga?

    ReplyDelete
  26. gan tanya, hp asus go ane gak bisa hidup kalau dihidupkan, malah mati mati lagi, itu terjadi karena saat ane upgrade.terus solusinya gimana gan........?????

    ReplyDelete
  27. Mau tanya gan, hp saya oppo a37 stlah melakukan upgrade versi.. lalu saya ingin root, pada recovery mode yang seharusnya muncul wipe data and cache, punya saya cuman muncul wipe data jadi tdk bsa melalukan flash, mohon bantuannya gan... terima kasih!

    ReplyDelete
  28. Min mau nanya, sya mau upgrade Firmware Xiaomi 4A dari Versi 8.1.4.0 (MCCMIDI)ke yg versi 8.5.1.0.MCCMIED (MIUI8)Stable..
    Kira2 ada dampaknya gk ya? Sya mau upgrade tp ragu2 ๐Ÿ˜ญ
    Ram 2gb
    ROM 32GB

    Mohon jawabannya min
    #Thanks ๐Ÿ˜‰

    ReplyDelete

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I