Cara Backup Stock/Custom ROM Dengan Clockworkmod (CWM)

Ulfandroid on Cara Backup Stock/Custom ROM Dengan Clockworkmod (CWM) - Untuk kalian yang sudah mengenal lebih dalam mengenai android pasti sudah tahu semua hal yang terdapat didalamnya. nah, pada kesempatan saat ini ulfandroid akan share sedikit cara bagaimana melakukan backup stock/custom rom dengan menggunakan clockworkmod recovery (CWM). namun, untuk lebih jelasnya saya akan memberikan penjelasan tentang apa itu clockworkmod (CWM).

Recovery ClockworkMod adalah salah satu pemulihan yang paling banyak digunakan custom android yang tersedia pada perangkat android. sebuah pemulihan pada dasarnya untuk memulihkan atau meningkatkan kondisi dari stock rom. jadi kita bisa menambahkan fitur baru pada stock rom melalui clockworkmod ini. sedangkan jika sebagai pemulihan, dilakukan dengan mereset awal setingan pabrik. akan tetapi, tidak semuanya bisa dilakukan untuk melakukan pemulihan sistem operasi pada ROM.

Cara Backup/Restore Stock/Custom ROM Dengan Clockworkmod (CWM)

Sedikit penjelasan diatas mungkin dapat memberikan gambaran kepada kalian semua yang belum begitu mengetahui apa itu clockworkmod. nah, kita akan kembali ke judul topik diatas, yaitu bagaimana cara melakukan backup stock/custom rom dengan clockworkmod di android. sebagaimana yang sudah kita ketahui, ada beberapa jenis clockworkmod yang digunakan di android seperti:


  • CWM recovery.
  • TWRP recovery.
  • 4EXT recovery.
  • xRecovery.


hampir semua jenis clockworkmod diatas memiliki fungsi yang sama dalam melakukan backup, apabila ada perbedaan pasti akan berbeda dari segi penempatan menunya. berikut hal yang harus diperhatikan sebelum kita mulai:


  • Sebelum memulai, kondisi baterai android kalian dalam keadaan minimal 70% karena proses backup takut memakan waktu yang lama.
  • lebih baik android kalian sudah dalam kondisi root, kalau belum tidak apa-apa.
  • sudah ada clockworkmod di android. nah, untuk android kalian yang belum ada clockworkmod, terpaksa harus melakukan root dahulu kemudian memasukan clockworkmodnya secara manual.

Jika sudah sama dengan hal diatas, berikut cara backup rom dengan menggunakan clokworkmod di android.

  • Langkah pertama adalah kalian harus masuk kedalam mode clockworkmod dari masing-masing android milik kalian. tiap merek android berbeda cara masuk ke mode clockworkmod.
  • Di dalam mode clockworkmod, gunakan tombol volume atas dan volume bawah untuk navigasi naik dan turun, sedangkan tombol home/tombol power (tiap merek android berbeda) untuk eksekusi/ok. ini karena, fitur touchscreen akan tidak berfungsi.
  • Pilih menu "backup and restore", kemudian pilih opsi "backup". maka seketika proses backup akan dilakukan. proses backup ini memakan waktu dalam beberapa menit dan akan tersimpan dalam folder "ClockWorkMod/backup" disetiap android pada memory internal atau eksternal tergantung kalian memilih lokasi hasil backup tersimpan. apabila tidak ada pilihan lokasi penyimpanan backup, otomatis file backup akan masuk ke memory internal seperti perangkat Galaxy S3, Note 2, Xperia Z dan lain-lain. kecuali, hasil backup akan tersimpan di memory external seperti perangkat Galaxy Ace, Galaxy Mini dan lain-lain.

Cara Backup Stock/Custom ROM Dengan Clockworkmod (CWM)

Cara Backup Stock/Custom ROM Dengan Clockworkmod (CWM)

  • Apabila sudah selesai, maka file akan tersimpan sesuai dengan letak pada point ketiga. agar menghindari segala hal yang tidak diinginkan seperti bootloop, stuck atau lagging. semua itu harus dilakukan wipe data dan wipe cache yang akan berdampak penghapusan semua isi data di android kalian. nah, lebih baik kalian simpan hasil backup tersebut diluar dari perangkat android. misalkan terdapat di memory internal, copy backup tersebut ke memory eksternal atau bisa melakukan copy ke komputer agar aman. sehingga suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan misalnya terhapus semua filenya, sudah ada backup di perangkat lain.

Sedikit tambahan lagi, untuk kalian yang ingin melakukan restore dari hasil backup yang dilakukan, caranya juga cukup mudah. berikut cara restore hasil backup stock/custom rom dengan clockworkmod:

  • Sebelumnya kalian siapkan file backup rom yang sudah dimasukan kedalam memory internal/eksternal. lalu masuk ke mode clockworkmod, tiap merek android berbeda dalam proses masuk ke mode clockworkmod.
  • Jika sudah masuk ke mode clockworkmod, gunakan tombol volume atas dan volume bawah untuk navigasi naik dan turun serta tombol home/power untuk eksekusi/ok (tiap merek android berbeda-beda).
  • Pilih opsi "backup and restore". sama seperti halnya backup, disini kalian pilih opsi "restore" lalu eksekusi/ok.

Cara Restore Stock/Custom ROM Dengan Clockworkmod (CWM)

Cara Restore Stock/Custom ROM Dengan Clockworkmod (CWM)

  • Seketika proses restore akan dilakukan. biasanya proses ini akan memakan waktu beberapa menit. apabila sudah selesai, lakukan reboot pada perangkat kalian.

Nah, bagaimana dengan tutorial diatas? mudah bukan cara melakukan backup serta restore pada android. hal ini untuk menanggulangi apabila terjadi bootloop dan hal lainnya pada perangkat. kita tidak perlu pusing untuk melakukan flashing. cukup sekian artikel kali ini tentang Cara Backup Stock/Custom ROM Dengan Clockworkmod (CWM). semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. terima kasih sudah berkunjung.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 09:29:00

2 komentar:

  1. cara restore lewat pc gimana mas?
    udah aku backup pake cwm trus custom rom teryata bootlop dan gabisa masuk cwm
    kirim email nielvictory@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kl lewat PC gk bisa gan rasanya.. backup sih harus lewat cwm

      Delete

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I