Cara Remote Presentasi Dengan Android

Ulfandroid on Cara Remote Presentasi Dengan Android - Kembali lagi dengan ulfandroid mempunyai beragam tips dan trik. pada artikel ini khusus untuk kalian yang suka melakukan presentasi dengan orang lain yang mungkin di kantornya sering melakukan presentasi bisa simak tutorial ini. cara presentasi menggunakan android, dari judulnya dapat disimpulkan sebuah android juga bisa membantu kalian dalam melakukan presentasi.

Dalam tutorial ini akan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak. Kedua perangkat ini merupakan salah satu hal pokok yang harus kalian persiapkan sebelum melakukan presentasi, maka android memberikan kemudahan kepada kalian dimana tidak perlu banyak membawa hardware dan juga software yang terkadang malah membuat kalian semakin kerepotan.

Cara Remote Presentasi Dengan Android


beberapa hal yang harus kalian ketahui untuk melakuakn presentasi dengan menggunakan android:
  • Perangkat android yang mempunyai fitur support langsung dengan presentasi.
Jika kalian pengguna android dengan merek samsung galaxy beam, kalian dapat menggunakan sebuah fitur yang terdapat pada perangkat tersebut yaitu menggunakan proyektor secara langsung dari perangkat. dengan adanya fitur proyektor tersebut, kalian tidak perlu membawa proyektor lain dan hanya tinggal menambahkan aplikasi pendukung untuk presentasi.

Cara Remote Presentasi Dengan Android

  • Hardware android yang memerlukan perangkat tambahan untuk presentasi.
Misalnya sebuah proyektor, jika kalian ingin menggunakan android kalian harus menyiapkan peralatan untuk melakukan koneksi dari android ke proyektor seperti menggunakan kabel. namun, tidak semua merek android dapat kalian koneksikan dengan proyektor.

Cara Remote Presentasi Dengan Android

  • Hardware android tidak support terhubung langsung dengan proyektor.
Ini biasanya yang menjadi kendala bagi kita semua. untuk yang memiliki fitur android yang terbaru pasti memiliki kelebihan tersendiri. namun, untuk perangkat android yang tidak mempunyai fitur, tidak akan bisa berbuat apa-apa. pada artikel ini untuk kalian yang mempunyai android dengan keterbatasan-keterbatasan tersebut bisa ditanggulangi. intinya jangan cepat putus asa, selalu ada jalan keluar. langkah yang paling utama adalah perangkat android kalian harus di komeksikan terlebih dahulu dengan proyektor, kemudian selanjutnya tinggal mengendalikan komputer dengan menggunakan android. sebelum itu kalian harus menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan selama proses, diantaranya:

  • Aplikasi unified remote app untuk android, unduh via ulfhost.
  • Aplikasi unified remote server untuk komputer, unduh via webunified atau via ulfhost.
Jika kedua bahan diatas sudah kalian siapkan, mari kita mulai prosesnya. untuk kalian yang ingin menggunakan bluetooth sebagai media penghubung:
  • Instal kedua bahan tersebut di masing2 perangkat kalian. remote app kalian install di android sedangkan remote server kalian install di komputer.
  • Hidupkan bluetooth di kedua perangkat (android dan komputer) kemudian lakukan pairing (penghubungan).
  • Jalankan aplikasi yang sudah di install di kedua perangkat. pilih server di android, klik tombol "add" dan pilih "automatic".
  • Secara otomatis bluetooth android akan scan kembali bluetooth yang tersedia. disini kalian pilih bluetooth yang sudah di pairing dengan komputer lalu pilih "back" pada android.
  • Pilih menu "remote", maka akan keluar menu yang dapat kalian pilih sesuai dengan yang kalian inginkan.
Dan cara kedua ini apabila kalian yang ingin menggunakan koneksi wifi untuk melakukan pairing android dengan komputer:
  • Sebelumnya kalian sudah menginstall di kedua perangkat kemudian hidupkan wifi di kedua perangkat.
  • Konfigurasi pada komputer terlebih dahulu, kalian tambah rule firewall untuk port unified remote app (9512) yaitu dengan cara: buka windows firewall (control panel => all control panel item => windows firewall).

Cara Remote Presentasi Dengan Android

  • Klik "advance settings", pilih jenis koneksi (inbound rule atau outbound rule). jika komputer menerima data dari luar pilih inbound rule (in = masuk). jika komputer mengirim data ke luar pilih outbound rule (out = keluar). namun, pada aplikasi unified remote ini kalian pilih inbound rule kemudian "new rule".

Cara Remote Presentasi Dengan Android

  • Pilih "port" lalu next, masukkan port 9512 lalu next.

Cara Remote Presentasi Dengan Android

  • Selanjutnya pilih "allow the connection" lalu next, jika muncul form nama dan description, kalian isi sesuai dengan yang diinginkan dan setting port unified remote selesai.

Cara Remote Presentasi Dengan Android

  • Kemudian dilanjutkan dengan mengatur konfigurasi di android yaitu dengan menjadikan android sebagai access point dengan cara pergi ke menu "settings => wireless and network => tethering and portable hotspot => jalankan portable hotspot.
  • Untuk menyambungkan kedua perangkat yaitu dengan: jalankan server unified remote pada PC => koneksikan laptop ke Access Point android, default name tergantug dari perangkat kalian. selanjutnya jalankan aplikasi unified remote pada android => add server (jika tidak bisa automatic, gunakan manual) => masuk ke menu remote.
  • Apabila kalian ingin memberikan password, buka unified remote pada komputer lalu pilih tab security dan centang "enable password protection".
  • Selesai dan bisa kalian gunakan.
Bagaimana? menggunakan android sebagai media pembantu akan mempermudah pekerjaan kita seperti dalam melakukan remote presentasi ini. cukup sekian artikel kali ini tentang Cara Remote Presentasi Dengan Android. semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. terima kasih sudah berkunjung.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 04:45:00

2 komentar:

  1. Wah canggih ya gan, sekarang serba praktis dengan android.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan.. perangkat android semakin bertambah saja fitur2 dan aplikasi2 baru.. :D

      Delete

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I