Cara Mengatasi Aplikasi/Game Force Close Di Android

Ulfandroid on Cara Mengatasi Aplikasi/Game Force Close Di Android - Lama tidak kembali membuat postingan dikarenakan sibuk adanya projek-projek yang harus di kerjakan. tetapi, jika ada waktu pasti saya akan membuat postingan kembali seperti pada artikel ini. judul diatas adalah cara mengatasi masalah aplikasi sering force close di android. kalian pasti pernah mengalami error ini bukan, ya setiap orang yang memakai android pasti pernah melihat error ini pada aplikasi yang dijalankannya. nah, bagaimana cara mengatasinya.

Apa itu force close, force close yaitu aplikasi yang secara tiba-tiba exit atau keluar dengan otomatis saat aplikasi sedang di jalankan. masalah ini sering menghantui pada perangkat android. tidak peduli pada tipe apa dan seri berapa perangkat android kalian, masalah ini pasti pernah kalian temui. hal ini bisa di sebabkan versi aplikasi yang tidak kompatibel dengan versi OS android kamu atau karena kerusakan sistem atau kerusakan lainnya.

Sebenarnya berbagai chipset dan peranti android menjadikan para developer pembuat aplikasi android agar membangun aplikasi yang serasi dengan senua peranti android yang beredar di pasaran saat ini. Chipset CPU seperti hal nya pada ARM mempunyai tingkat kestabilan yang tinggi dalam melaksanakan kerja aplikasi yang sedang di buka. CPU ini juga bekerja dengan cara yang sedikit berbeda. namun, pasti ada saja kendala force close yang muncul pada android.

Cara Mengatasi Aplikasi/Game Force Close Di Android

Contoh yang paling terlihat adalah pada kehadiran chipset yang berjenis MIPS yang tadinya tidak boleh menjalankan pokok tertentu dan akan mengakibatkan force close apabila aplikasi dijalankan. hal tersebut terjadi karena arsitektur dan acara kerjanya berlainan dengan standar CPU ARM. setelah aplikasi tersebut selesai dibuat oleh para developer aplikasi android dan di perbaharui di Google Play Store kemudian baru boleh dijalankan untuk menghindari masalah force close tersebut.

Nah, kalau begitu bagaimana cara mengatasi aplikasi atau game yang sering terjadi force close di android, banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti beberapa penjelasan dibawah ini.
1. Aplikasi yang mungkin masih dalam tahap beta (belum sempurna).
1.1. Data game yang belum lengkap dan di perlukannya pembaharuan.
1.2. Kurangnya tambahan fitur dari chipset terkini.
1.3. Konflik antara aplikasi dan sistem utama android setelah melakukan update OS terbaru.
1.4. Konflik data Dalvik , data sementara (temp files) yang di simpan oleh aplikasi.

2. Sistem operasi android yang rusak atau crash.
Crash pada sistem Android di sebabkan karena hilangnya/rusaknya sistem root, sistem operasi android sama halnya dengan sistem operasi di komputer yang akan mengalami kerusakan yang di akibatkan berbagai macam hal, baik itu virus, pemasangan aplikasi atau game yang tidak sesuai , atau bahkan pada saat menginstal ROM tidak sempurna.

Hal lain yang sering terjadi adalah ketidakcocokan device dengan costum ROM yang di install, oleh karena itu pemilihan ROM harus benar-benar sesuai dengan device yang di miliki terutama pada saat akan melakukan install custom ROM harus di pilih dengan hati-hati karena bukan saja akan mengalami force close bisa jadi device yang dimiliki akan Brick.

Solusinya : Jika ketiga permasalahan di atas masih terjadi maka ada baiknya kalian mengganti sistem Android, untuk pengguna Custom ROM, pilih Custom ROM yang benar-benar bagus dan sudah di uji coba.

File data tidak cocok dengan tipe perangkat (dari GPU dan Prosesor).
Sering sekali para pengguna android melakukan download game serta data sekaligus yang tujuannya untuk mempermudah instalasi, mengingat tidak semua pengguna memiliki akses internet dengan kecepatan yang tinggi/tidak memiliki akses WiFi sendiri untuk melakukan download data tambahan game yang ingin di mainkan. namun permasalahannya adalah tidak semua game serta data yang ada itu cocok dengan perangkat yang di miliki sehingga semua game serta data yang di masukan akan terjadi force close.

Solusi : download game serta data sesuai dengan perangkat yang di miliki, atau jika punya akses internet sendiri sebaiknya download langsung dari perangkat android kalian.

Dari faktor diatas hanya pertimbangan semata, untuk mengatasi masalah force close ini kalian dapat melakukan cara sebagaimana berikut.
1. Lakukan reboot
Matikan kemudian hidupkan kembali perangkat android kalian untuk menguji kelancaran aplikasi yang di ketahui terjadi force close tersebut. lalu coba jalankan kembali aplikasi yang sama, apakah masih terjadi force close.

2. Uninstall dan install ulang aplikasi yang bersangkutan (terjadi force close).
Terdapat kemungkinan aplikasi/game tersebut konflik dengan data lama setalah melakukan pembaharuan versi terbaru. cara uninstall dan install lagi hanya sebentar kawan, jangan menyerah.

3. Buanglah data aplikasi atau program cache.
Setiap aplikasi akan membuat simpanan data untuk keperluan pengguna. misalnya data login, data level pada sebuah game, data image untuk keperluan aplikasi yang bersangkutan. kalian bisa menghapus data-data ini. cara ini lebih baik dilakukan daripada aplikasi kalian selalu terjadi force close.

Adapun cara melakukan delete data atau cache dari aplikasi atau game pada android kalian.
1. Kalian masuk ke "Setting".
2. Klik menu "apps/application".
3. Biasanya pada perangkat ada pilihan "downloaded | on SDcard | running | all".
4. Kalian pilih "All".
5. Kemudian pilih aplikasi yang sering force close.
6. Pilih menu "clear data" dan juga menu "clear cache".

Cara Mengatasi Aplikasi/Game Force Close Di Android

7. Lakukan reboot pada perangkat android kalian.

Bagaimana, aplikasi atau game yang kalian jalankan apakah sudah berhasil terbebas dari yang namanya force close? misalkan belum mungkin dari pengembangnya, aplikasi tersebut belum cocok dengan tipe perangkat android yang kalian miliki saat ini. jika kalian ada pertanyaan, bisa melakukan komentar pada artikel ini. sekian artikel tentang Cara Mengatasi Aplikasi/Game Force Close Di Android. semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. terima kasih sudah berkunjung.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 18:38:00

42 komentar:

  1. iya nih bro. wktu ane install Clash of dragons / Clash of clans di samsung jadul ane s5360. cuma baru maen sebentar, tiba-tiba keluar sendiri..mudah2an dengan tips ini berhasil...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan... semoga artikel ini membantu.. :D

      Delete
  2. gan gak mau gan udah ngulang 3 kali gan. waktu mau buka menu udah keluar.apa perlu android saya di servis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibuka menunya langsung keluar? wew.. mank hpnya apa tuh gan..
      coba di wipe cache dlu gan.. kalau sama terpaksa di wipe data.. cuman data2 yang sudah ada di android akan hilang menjadi bawaan pabrik semula gan..

      Delete
  3. Gan andromax c2 untuk main hay day kok ga bisa ya tolong beri saran.
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Acnx Yk..

      itu ada error atau gmn ya, bisa di jelasin gak gan? minimal versi 4.0 ane lihat untk mainin gamenya.. andromax c2 udah versi 4.3.. seharusnya tidak ada kendala gan..

      Delete
  4. gan andromax c2 tiap main coc kok keluar sendiri ya ?
    tolong beri saran
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Neza Dragnel

      hmm.. kluar sendiri yak.. solusi coba agan masuk ke setting => application => cari aplikasi coc disana.. coba lakukan wipe cache (hapus cache) gan.. lalu restart.. di coba kembali dimainkan..

      biasanya itu karena updatenya blm versi stabil gan.. masih beta di android agan.. :D

      Delete
  5. Gan Kan gw baru download aplikasi coc versi terbaru.terus loadingnya gk jalan jalan .udah di utak atik.segala di instal uninstal lah.di hapus data force stop dan hapus cache .minta jawabannya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Muhammad Fachri Tamam

      koneksinya itu yang kurag stabil kl gk jalan2 loadingnya..

      Delete
  6. Gan hape ane andromax g2,pas loading coc keluar sendiri cara ngatasinya gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Irfan Syihab

      biasanya kl kluar sendiri itu game COC nya untuk update terbaru masih ada yang belum fix benar gan.. jadi crash sendiri dari gamenya.. coba install kembali COC yang baru gan..

      Delete
  7. sangat membantu artikel nya mas.. salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rochmat Ali

      terima kasih gan.. :D
      salam kenal..

      Delete
  8. Gan hp saya sony xperia e tapi pas saya download game lara croft, pas saya buka force close terus solusinya lah

    ReplyDelete
  9. Halo Risjy Febrianto

    misalkan cara ini udah di coba dan masih sama, iasanya itu dari gamenya gan yang masih ada bug di perangkat tertentu.. ane baca2 komennya ada yang kyk agan kasusnya..

    ReplyDelete
  10. gan hh ane lenovo a6000 kondisi root tp blom oprek2 ,tiap maen guns girl dayz ,mungkin setiap 5 menit pasti keluar sendiri gk da pemberitahuan force close / apa lah ,langsung keluar sendiri ke home. btw udh ane lakuin cari agan tuh ttp aj kya bgtu ? apa ad solusi lainya gan ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo ryunosuke sarashiki

      misalkan udah dilakukan hal diatas, kemungkinan lain dari aplikikasi atau gamenya ynag mungkin masih ada bug pada android tertentu..

      coba dicontact support aja developer aplikasi/gamenya gan dengan melakukan komentar di playstore..

      uninstall trus install lagi masih sama juga yak?

      Delete
  11. Klw gw beda lagi,gw kan main gam immortal king,w udah mainin swlama 3 bulanan lancar2 aja,eh pas kmarin login make akun gmail tiba2 tiba2 nongol bacaan request error.
    Kira2 bisa bantu ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kris sis

      itu biasanya dari aplikasinya.. mungkin update baru ada bugnya.. request error tuh untuk koneksi ke server sananya tidak sampai

      Delete
  12. Om hp qu stelah di root jdi gak bisa main clash of lord karena force close teruus

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba wipe data via apps di setting gan.. clear data clash of lord nya.. restart dan coba kembali

      Delete
  13. gan tolong bantu gan, ane punya game clumsy ninja pas hari pertama tuh game lancar eh besoknya setiap mau buka tuh game pasti fc atau restart sendiri trus ane mau ngehapus tuh game tapi gak bisa di hapus juga , pas mau dihapus hp nya langsung restart , tolong bantu gak cara ngapus nya gmna

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba hapusnya langsung dari google playstore gan.. masuk ke playstore lalu cari aplikasi/gamenya.. nah buka didalam ada uninstall sama open (misalkan udah update).. tinggal pilih uninstall dan otomatis akan kehapus.. monggo dicoba

      Delete
  14. gan. game castle clash kan Ada data obb nya setelah sayA download tUH data. tapI ada tulisan you may not be purchase.
    apa solusinya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. data obb nya udah gk work gan.. udah kedeteksi tuh brrti.. kl gk udah diupdate baru sistem castle clashnya..

      Delete
  15. Replies
    1. itu udah versi terbaru data obbnya? kl versi terbaru biasanya gk mungkin terdetek seperti yang agan bilang.. ya harus cari yang lain solusinya gan..

      Delete
  16. Gan kalau ane lain lagi . Coc dan bbm ane pas di buka , mala bacaan ny ( clash of clan terhenti )
    Bbm juga gtu . Pas di buka ( bbm terhenti ) udh di hapus smua data n juga udh di intal ni hp . Download lagi , mala ttp gan ... tolong bantuan ny gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah clear cache / junk blm.. coba pake aplikasi ccleaner dan hapus cache / junk yang ada dan coba kembali bermain..

      Delete
  17. saat gw main hay day kok fc y saat loading knp ya solusinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya ada bug mungkin pada android agan.. androidnya apa gan? soalnya ane tes gk ada fc

      Delete
  18. Om hp saya sudah saya root tp kok untuk main coc masih tidak kompatibel
    hp saya samsung galaxy young gt s5360

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan minimal OS versi 4.0 atau Ice Cream Sandwich... kl galaxy young OS nya masih 2.3.6 yak atau gingerbread yak... harus dicoba menggunakan Custom OS kawan agar bisa kompatibel..

      Delete
  19. bang hp ane udh direset tp tetep game coc ane gk kebuka2/tidak kompitabel pake andromax g2 ram512
    disuruh up lg tp ngga muncul2 app coc nya d playstore? apa harus ganti hp bang dgn kpsitas ram 2gb? solusinya bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah coba wipe data via apps di setting gan? coba wipe cache/data di game COC via apps di settings HH nya.. kl OS udah jellybean yak andromax g2 itu.. seharusnya dengan ram segitu juga bisa main tuh game.. gamenya gk makan ram banyak soalnya

      Delete
  20. bg hp sya sgy 5360 klo main hero legen bru 1 menit main kluar sendiri gak ada pemberitahuan force close juga mohon dibantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di hapus cache di bagian settings -> apps gan.. jika masih sama coba datanya juga di hapus..

      Delete
  21. bang kenapa ya Meizu m2 saya setelah update Os flyme 5 beta. tidak bisa tersambung dengan google setelah saya factory data reset ttp tidak bisa malah kalo main game sering force close. tolong pencerahnya thx ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. misalkan sering force close aplikasinya mungkin belum begitu support dengan versi os nya gan.. soalnya OS kan berbeda-beda systemnya dan mungkin saja ada aplikasi atau game yang tidak berjalan baik di OS itu..

      Delete

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I