Cara Root Samsung Galaxy Mega 5.8 GT-I9152

Ulfandroid on Cara Root Samsung Galaxy Mega 5.8 GT-I9152 - Kembali lagi bersama ulfandroid dan kali ini saya akan memberikan tutorial lagi mengenai root android. sesuai dengan judul dari artikel ini yaitu bagaimana cara root samsung galaxy mega 5.8 gt-i9152. karena dengan root ini, semua hal yang tidak mungkin seperti mengubah system dari sebuah android tanpa ada larangan. ya kalian yang sudah mengenal tentang android pasti sudah mengetahuinya.

Samsung galaxy mega 5.8 hadir dengan ukuran layar 5.8" yang mungkin pas dengan pilihan ukuran kalian. dengan dukungan dual-SIM opsional dan harga lebih menarik serta tidak terlalu mahal. fitur yang dimiliki seperti Quad-band GSM/GPRS/EDGE, quad-band 3G with HSPA, LTE, Dual-SIM version available, 5.8" 16M-color qHD (540 x 960) TFT LCD capacitive touchscreen, Android OS v4.2.2 Jelly, Bean with TouchWiz UI, Dual-core 1.4 GHz Broadcom CPU, VideoCore IV GPU, 1.5GB of RAM, 8 MP autofocus camera with LED flash dan masih banyak lagi fitur yang diberikan membuat samsung galaxy mega 5.8 ini banyak diminati.

Cara Root Samsung Galaxy Mega 5.8 GT-I9152

Review dari samsung galaxy mega 5.8 diatas adalah sedikit info saja untuk kalian yang mungkin ingin membeli atau untuk kalian yang punya namun belum tahu fitur atau alat yang digunakan didalam perangkat tersebut. kembali ke judul, sekarang adalah waktunya kita melakukan root. namun, setiap melakukan proses pasti membutuhkan bahan-bahan yang diperlukan, nah untuk root ini kalian harus menyiapkan juga beberapa komponen dan peralatan yang diperlukan seperti:
1. Samsung galaxy mega 5.8 gt-i9152 dengan kapasitas baterai sekitar 75%, ini dilakukan agar lebih aman saat melakukan root.

2. Samsung USB driver (kies), kalian unduh disini.

3. File root untuk samsung galaxy mega 5.8, kalian unduh disini.

4. Odin, kalian unduh disini.

5. Sebuah kabel data dan komputer.

6. Berusaha dan berdoa.

NB : artikel ini saya buat untuk kalian yang berasal dari forum xda-developer (oldmanhp). saya mengucapkan terima kasih sudah berbagi ilmu.

Jika ke enam komponen dan peralatan diatas sudah kalian siapkan semua, kita mulai cara root samsung galaxy mega 5.8 gt-i9152 sebagai berikut.
1. Lakukan instal samsung usb driver (kies) di komputer kalian, lalu lakukan restart pada komputer yang sudah di instal samsung usb driver. jika sudah di restart, kalian lihat dibagian tray icon. cari icon "kies", kalau disana ada icon "kies" kalian close saja.

2. File root samsung dan aplikasi odin tersebut, bisa kalian letakkan filenya di mana saja. misalkan di dekstop komputer kalian. jika sudah, ekstrak aplikasi odin, kemudian jalankan aplikasi odin dengan menggunakan "run administrator". sedangkan untuk file rootnya, jangan kalian ekstrak. biarkan file tersebut dalam bentuk rar.

3. Matikan perangkat android kalian sampai benar-benar mati, apabila sudah kalian hidupkan kembali dengan menekan sambil menahan tombol "volume bawah + home + power". kalian tekan dan tahan ketiga tombol tersebut sampai ada peringatan untuk masuk ke "download mode". jika sudah muncul peringatan, kalian cukup menekan tombol "volume atas" untuk komfirmasi masuk ke "download mode".

4. Dalam mode "download mode" perangkat kalian harus disambungkan dengan komputer menggunakan kabel data yang sudah dipersiapkan sebelumnya. usahakan aplikasi odin yang sudah dijalankan sebelumnya telah mendeteksi adanya perangkat kalian. tandanya bisa dilihat dengan adanya tulisan port #com3 atau #com4 (tiap komputer berbeda-beda). lalu pada kotak disebelah kiri odin akan terdapat tulisan "added!!". dengan begitu tandanya perangkat sudah berhasil sukses terhubung dengan odin.

5. Kemudian, di aplikasi odin kalian akan melihat tulisan "PDA", kalian klik tulisan tersebut maka akan muncul popup dimana kalian harus memasukan file kedalamnya. disini kalian harus memilih file root yang sudah kalian unduh sebelumnya. lalu klik "open/ok".

6. Tidak lupa kalian harus ceklis "auto reboot" dan "f. reset time" ini di ceklis agar memudahkan kalian tanpa harus melakukan restart. karena, android akan melakukan restart sendiri sesaat sudah sukses dalam root. apabila semua poin-poin diatas sudah sesuai, kalian tinggal menekan tombol "start" untuk melakukan proses memasukan data file root samsung galaxy mega tersebut. tunggu sampai selesai.

7. Ingat jangan sampai kalian melepas atau melakukan hal yang lainnya pada perangkat selama odin melakukan prosesnya. karena di khawatirkan akan terjadi sesuatu pada perangkat yang tidak kita ketahui. apabila proses odin sudah selesai, maka kalian akan melihat tulisan "pass" dengan warna hijau. dengan sendirinya perangkat akan melakukan restart secara otomatis. jika sudah berhasil hidup, lepaskan kabel data dari perangkat.

8. Selesai sudah semua poin yang saya sampaikan, sekarang perangkat samsung galaxy mega 5.8 gt-i9152 kalian sudah berhasil di root.

Bagaimana? mudah caranya root samsung galaxy mega 5.8 ini bukan? saya yakin kalian pasti bisa, namun kalau ada kesulitan atau ada yang membuat kalian bingung, bisa bertanya dengan melakukan komentar pada kotak komentar dibawah. semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. terima kasih sudah berkunjung. sekian artikel tentang Cara Root Samsung Galaxy Mega 5.8 GT-I9152.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 22:50:00

48 komentar:

  1. bang admin... klo sudah root itu secara otomatis udah pake super user ya ?
    trus tadi saya sempet liat artikelnya tentang instal ulang samsung... itu udah termasuk reset factory apa beda ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bner sekali kawan... kalau udah di root itu sama dengan udah pake superuser.. karena proses root itu memasukkan superuser ke dalam perangkat..

      kalau untuk install ulang itu sama halnya kyk install komputer.. jadi semua data yang ada di perangkat akan dihapus terlebih dahulu kemudian dimasukan kembali os baru yang masih fresh.. jadi intinya install ulang itu kembalikan perangkat menjadi fresh.. kalau reset factory cuman untuk mengembalikan pengaturan saja kawan..

      Delete
    2. wow fast respon...
      terima kasih banyak bang admin tutornya
      bermanfaat sekali... sukses selalu ya blognya dan bang adminnya
      semoga kedepannya menjadi blog yang bermanfaat lagi dan lebih baik lagi.

      Delete
    3. aminn.. terima kasih kawan doanya.. :D

      saya juga berharap apa yang saya share bisa bermanfaat untuk orang lain.. :D

      Delete
  2. bang admin.
    cara unroot samsung mega 5.8 bagaimana ya ?
    udah coba pake framaroot tapi ga bisa... ada solusi ?
    hp saya mau saya service biar garansinya berlaku hehe jdi harus di unroot dlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau di unroot iya kawan pake framaroot gk bisa kalau sebelumnya gk pake framaroot... soalnya kalau awal pake aplikasi framaroot, di unrootnya jga pake framaroot...

      misalnya kawan mau balikin kesemula, harus diflashing kawan androidnya pake stockrom asli galaxy mega 5.8.. maka kembali lagi ke semula (bawaan Pabrik) dengan kondisi unroot... nah, bisa klaim garansi deh.. :D

      Delete
  3. itu masih perlu di backup ga yaa ?
    kalo masih perlu ,cara backup-nya gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk root sih kemungkinan kecil terjadi error.. namun, untuk jaga2 lebih baik di backup dlu.. banyak ko aplikasi yang dapat digunakan seperti app backup & restore dkk.. :D
      di playstore banyak ko gan... cuman pilih yang perlu root.. soalnya androidnya belum di root

      Delete
  4. Gan, kalau untuk UNROOT caranya bagaimana, boleh dong di share disini, kalau dengan cara flashing ulang untuk BB on androidnya apakah pinnya nanti tidak berubah, trm kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Dwijo Admojo..

      untuk unroot misalkan udah terlanjur pake metode ini harus di flashing gan.. :D

      sedangkan BBM androidnya, misalkan ingat alamat email dan password saat mendaftar akan kembali lagi ko gan dan pinnya akan sama dengan yang lama.. yang terpenting ingat email dan password saat mendaftar BBM android gan.,. :D

      Delete
  5. Mas, kira-kira dimana letak kesalahan pada Samsung Galaxy Mega 5.8 sering restart sendiri? punya saya sejak tadi pagi begitu terus, restart mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Nurul Huda Hasibuan..

      hmm.. iya tu kawan biasanya itu terjadi mungkin ada system yang tidak stabil jadi membuat si android jadi error bgtu.. itu kalau untuk yang tidak melakukan perubahan pada system android..

      coba kawan matikan androidnya dengan melepas baterainya kemudian pasang lalu hidpkan kembali.. apakah masih sama.. jika iya, matikan kembali androidnya lalu hidupkan kembali dengan menekan tombol power + home + volume atas secara bersamaan.. jika sudah muncul logo versi samsungnya, lepas tombol power saja..

      maka seketika akan masuk ke mode recovery.. gunakan volume atas dan bawah untuk naik dan turun sedangkan untuk ok pake tombol home.. pilih opsi "wipe cache" terlebih dahulu.. lalu pilih "yes - wipe cache".. lakukan reboot...

      dicoba dulu ya kawan.. :D

      Delete
    2. cara rebortnya gmna gan??

      Delete
    3. Halo Apriliananur Ritonga

      kembali ke menu recoverynya kawan.. nnti paling atas ada opsi "reboot".. :D

      Delete
  6. Gan, jadi kalau pake cara ini dan sudah terlanjur. Cara satu2nya untuk unroot yaitu flashing ulang ?
    Apa tidak ada cara lain yang tanpa flashing ?
    Terima Kasih Sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Adysabzan Tomario..

      iya gan harus di flashing kalau mau di unroot.. soalnya cara diatas itu memasukan filenya ke system dengan menggunakan odin.. jadi di ekstrak kemudian di tanem di dalam system gan.. kalau di unroot harus ada pathnya untuk melakukan unroot jadi tinggal klik unroot seperti menggunakan aplikasi framaroot.. :D

      kenapa tu gan? :D

      Delete
  7. berapa lama prosesnya itu gan... mohon infonya... soalnya sekarang masih proses gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Iwan Brc..

      biasanya itu hanya kisaran 10 menit aja ko gan.. :D
      kalau lama coba di run via administrator..

      Delete
  8. kak lebih aman mana root via komputer atau framaroot?
    trus kalau android ada kerusakan system seperti error apakah bisa kembali normal dengan unroot?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Jasin Hartono..

      Kalau lebih aman sih root mendingan pake framaroot.. itu gak akan terjadi error pada system.. karena aplikasi akan mencoba terlebih dahulu melakukan identifikasi keberhasilan tanpa merubah isi system.. namun dengan menggunakan komputer, biasanya kita hanya memasukkan langsung file tersebut dan apabila tidak sesuai terpaksa harus bisa menanggung error pada android.. :D

      root kan hanya untuk mempersilahkan kita sebagai pemilik untuk melakukan perubahan pada system yak gan.. misalkan itu sudah kita otak-atik system dari android, walaupun sebelumnya sudah di root lalu dirubah system kemudian kita unroot lagi, tidak akan mengembalikan file yang sudah di rubah itu gan.. :D

      kalau mau kembali ke awal, pake cara recovery mode.. disana akan dikembalikan semua pengaturan yang kita lakukan selama menggunakan android..

      Delete
    2. Oalah
      Jdi root hanya mengubah access saja dan tidak mengubah settingan
      nah beda nya recovery mode sama factory data reset apa?
      factory data reset kan mengubah settingan pabrik

      Delete
    3. iya gan.. jadi hanya mengubah akses saja..

      recovery mode itu mode untuk melakukan factory reset gan.. menunya ada wipe data, wipe cache dan lain-lain.. :D

      Delete
    4. Oalah oke deh makasih ya gan ^_^
      Nice posting :D

      Delete
    5. yoo gan.. sama-sama.. semoga membantu.. :D

      Delete
    6. ow iya gan framaroot not compatible buat samsung mega 5.8
      apa ya gan app root tanpa PC buat samsung mega 5.8

      Delete
    7. wah ssh juga nemunya gan untuk root tanpa PC.. rata-rata pake bantuan komputer smua (pake odin)..kl gk lewat recovery.. langsung tanem gtu gan..

      kl aplikasi coba kingoroot gan.. kalau gk vroot.. blm tau juga keduanya itu bisa berhasil atau tidak me-root android agan..

      Delete
  9. Walah ya sdh deh ntar dicoba thx info ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoo gan.. sama satu lagi.. towelroot kl gk salah.. satu keluarga aplikasi root gan... :D

      Delete
  10. gan ane udaah berhasil ngeroot, terus cara pindahin aplikasi yang di device ke SD gimana? terus kalo mau hasil downloadan langsung ke SD gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ihsan Muhsinin..

      kalau udah di root, pake aplikasi link2sd gan.. caranya agan lihat di cara memindahkan aplikasi dengan link2sd

      Delete
    2. Gan.. samsung mega saya pengen di root sama agan aja yg udah pengalaman.. agan posisi dimana?? Saya diserpong gan..

      Delete
    3. Halo Bhara Saputra

      wah ane jauh gan lokasinya.. ane daerah bekasi gan..

      Delete
  11. gan klo tulisan nya "Reset" wrna biru
    tanda nya apa ?
    sblm ny pertama saya dah root "pass" tpi saya cek blm diroot kata nya
    stelah saya cba smpe 3x jadi reset :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gusti Rizky Ridhoni

      Sekali aja gan..kl bkm d root, install superuser dri playstore gan misal blm ad superusernya..

      Trus skrng udh teroot gan? Udh ad superusernya blm?

      Delete
  12. gan..nanya donk samsung mega saya:
    1.sering sekali terjadi error
    2.sering sekali loading padahal di hp saya punya space cukup memorinya(tidak kepenuhan)
    3 Touch screen nya suka g bisa (di kala keadaan darurat hp nya g bs di apa apain krna Touch nya g bisa)
    mohon pencerahan nya gan mesti di apain hp sy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Surya Bayu Admaja

      hmm.. kl dilihat dari kasusnya sih itu kemungkinan udah ada perubahan pada sistemnya operasinya... coba di bersihin datanya gan pake aplikasi ccleaner.. kl masih sama coba wipe cache via recovery mode gan.. misalkan sama juga, brrti harus di flashing ulang gan biar fresh kyk baru lagi.. :D

      Delete
  13. Hallo kak, aku udah ikuti satu persatu petunjuknya, tapi kok "fail" ya, itu ira2 salah dibagian mananya :3 terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Laila Fitriyah

      hmm.. sebelumnya kawan udah di jalankan odin via run administrator blm? coba deh run via administrator untuk odinnya.. :D

      Delete
  14. halo min..
    kok di ODIN saya gak ada PDA ya? adanya BL, AP, CP, CSC, sama UMS? makasih min sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Raihan Septiadiva

      iya gan.. PDA bisa masuk ke AP ko.. PDA = AP.. :D

      Delete
  15. gan kok ngga ke detect device nya di odin ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Wildan Ilyasa

      sebelumnya udah di install drivernya gan? biasanya dari driver yang belum terinstall odin tidak mendetek..

      Delete
  16. gan, odin v3 gua run as administrator kok ga bisa ya? malah error gitu, ane matiin antivirus juga kaga bisa.. gimana tu ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Osby Suganda

      Sebelumnya udah diekstrak gan? odin gk kedetek virus gan.. hmm.. coba pake odin versi 3.04 gan..

      btw errornya apa gan? mungkin bisa dicari solusinya

      Delete
  17. hai gan.
    saya mau nanya nih.
    proses semuanya udah saya ikutin. dan cuma butuh ga sampe 5 menit untuk nunggu keluar kata pass nya.udah ada SU nya juga di hp saya.
    tapi kok, pas saya ngecek di root checker. belum ke root ya? mohon dong pencerahannya gan. makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalanin gan SU nya.. nnti akan ada pemberitahuan update rootnya..

      Delete
    2. gan ? nah pas masuk ke Super SU nya kan d sruh update. ane klik update normal malah gagal instalasi , terus pilih yg CMW habis itu ada tulisan bla bla blabla kalau cocok akan di reboot otomatis kalo gk akan di reboot manual oleh kita , nah pasti mau hidup lagi malah keluar gambar android (tidak ada perintah) terus ada tulisan Android system recovery (3e) ada pilihan - reboot system now , apply update from ABD, apply update from external , wipe data , wipe chache , apply update from chance ? itu harus milih yg mana yaa ?

      Delete
    3. jangan yang cwm gan.. pilih yang normal saja.. hidupkan koneksi internet..

      misalkan tidak bisa buka playstore dan cari aplikasi supersunya dan update dari sana..

      ane coba update normal sih bisa gan

      Delete

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I