Tips Cara Memilih Power Bank Yang Bagus Dan Berkualitas

Ulfandroid on Tips Cara Memilih Power Bank Yang Bagus Dan Berkualitas - Penggunaan perangkat seperti smartphone dan tablet akhir-akhir ini terdapat beberapa masalah. apalagi menyangkut dengan kapasitas baterai sebuah smartphone maupun tablet. salah satu cara yang dilakukan adalah membeli sebuah power bank yang dapat digunakan untuk melakukan pengisian baterai tanpa harus membawa adaptor. namun, seiring banyaknya yang menggunakan power bank ini, beredar banyak merek yang memberikan jaminan bagus dan berkualitas. bagaimana kita bisa tahu itu bagus dan berkualitas?

Power bank merupakan alternatif pengisian baterai perangkat gadget kalian. misalnya di tengah-tengah pemakaian atau perjalanan, baterai gadget tiba-tiba menipis dan kemudian habis. ini pasti akan memusingkan karena mengganggu aktivitas. apalagi bagi para travelers atau siapapun yang suka membawa smartphone atau tablet jauh di aktivitas luar ruangan, di tengah belantara hutan atau lembah dimana kalian butuh mengabadikan momen indah dan tiba-tiba baterai habis, wahh! Nah, makanya Anda pastinya butuh portable charger. berikut tips membedakan power bank yang bagus dan berkualitas serta yang tidak.

Tips Cara Memilih Power Bank Yang Bagus Dan Berkualitas

1. Model dan kualitas power bank.
Di pasaran banyak sekali model dan kualitas dari power bank. sebaiknya kalian pilih yang portable dan tidak terlalu besar sehingga tidak repot dibawa saat bepergian jauh dan juga kualitas dari cell baterainya pilih Japan Cell atau Sanyo karena 2 cell ini memang sudah terbukti bagus. tidak hanya itu, kalian harus mencari tau terlebih dahulu perihal perusahaan yang menghasilkan powerbank tersebut. apa telah pakar dibidang battery atau belum. bila telah itu nilai plus satu powerbank.

2. Ketahui kapasitas dari power bank.
Faktor kedua ini sangat penting. kenapa, karena dalam memilih kapasitas, ini akan mengetahui berapa kali kita bisa men-charge gadget dengan kapasitas total powerbank tersebut. misalnya kita punya samsung galaxy young dengan kapasitas baterai 1530 mAh. jadi, kita perlu power bank dengan kapasitas yang sama atau lebih besar semisal membeli kapasitas 3000 mAh jadi kita bisa men-charge 2x. ini hanya hitungan kasar karena masih ada loss atau daya yang hilang sehingga tentunya dipastikan pengisian berikutnya tidak akan sampai penuh.

3. Lihat tegangan output/keluaran power bank.
Saat membeli power bank pasti kita akan mendapat kabel yang satu seperti USB dihubungkan ke power bank dan satunya lagi biasanya dengan banyak cabang dihubungkan ke gadget. nah, biasanya ada tulisan 1A dan 2A yang menunjukkan ampere. misalnnya kita punya ponsel dengan baterai 1500 mAh, dengan menggunakan kabel colokan 1A berarti perlu waktu mengisi sekitar 1.5 jam dan berarti kalo memakai 2A hanya perlu mengisi 45 menit. Ini tidak sepenuhnya salah tetapi ada beberapa gadget yang tidak mengijinkan. jadi, walaupun digunakan kabel 2A tetap pengisiannya menggunakan 1A.

4. Kelengkapan dari power bank.
Biasanya power bank memiliki kabel A/C, konektor, lampu indikator, baterai asli dan usahakan membeli powerbank baru bukan yang bekas karena ini sangat mempengaruhi daya tahan baterai untuk mengisi gadget kalian.

5. Di usahakan power bank memiliki safety protection.
Produk yang berkualitas pasti memiliki sistem keamanan yang baik pula. setiap power bank yang bagus dan berkualitas harus memiliki fitur safety protection yang akan berfungsi  mencegah terjadi ledakan. apabila ledakan itu terjadi, maka gadget kalianlah yang akan menjadi tujuannya. bagaiman cara membedakan power bank yang memiliki safety protection dengan yang tidak memiliki safety protection?

Coba kalian sambungkan antara input dan output dalam 1 powerbank yaitu dengan cara di adu. jadi, output mengeluarkan daya ke dalam powerbank itu sendiri lalu secara otomatis isi daya yang dimiliki powerbank tersebut akan habis. setelah habis powerbank tersebut jika mau diisi ke gadget harus dilakukan pengisian melalui adaptor yang dicolokan ke listrik. lakukan lah pengisian dari adaptor ke powerbank tersebut. intinya kalau tidak terjadi apa-apa dan daya habis pada power bank saat melakukan percobaan diatas, berarti power bank kalian terdapat safety protectionnya. namun, jika tidak ada biasanya akan menimbulkan ledakan. jadi, kalian yang ingin mencoba harus berhati-hati.

6. Cermati dan amati fitur yang dimiliki power bank
Ada beberapa fitur keselamatan yang harus ada karena bahaya tidak memandang kapan akan terjadi semisal korslet yang mengakibatkan kebakaran.
1. Overcharge, perlu ada perlindungan ini dimana power bank akan melindungi gadget anda dari arus yang berlebihan ketika pengisian sudah penuh. Jika tidak ada tentunya bisa memperpendek umur baterai dari powerbank dan juga gadget anda.

2. Short circuit, atau biasa dikenal arus pendek dimana bisa melindungi gadget dari hal ini yang biasanya salah satu penyebab terjadinya kebakaran.

3. High temperature, diperlukan perlindungan agar power bank mendeteksi ketika menyuplai daya ke gadget tidak menimbulkan panas yang berlebihan.

7. Garansi power bank.
Karena banyak sekali power bank model palsu, biasanya mereka tidak terlalu memberi garansi dengan rentang waktu yang lama. pastikan juga itu bukan garansi toko tapi memang benar garansi dari pabrik resmi. garansi minimal setahun membuktikan bahwa power bank merk tersebut memang berkualitas bagus sehingga mereka berani menjamin produk mereka.

8. Jangan mudah tergoda power bank dengan harga murah
Banyak power bank di pasaran dengan harga yang murah dan terjangkau. namun, kalian jangan cepat terbuai dengan harga power bank murah yang beredar di pasaran. bukan tidak mungkin jika power bank murah tersebut merupakan barang dengan kualitas buruk. tetap ingat jika harga akan berbanding lurus dengan kualitas barang yang kalian beli.

Bagaimana? cukup mudah bukan membedakan produk power bank yang kurang berkualitas dengan yang original. semoga artikel Tips Cara Memilih Power Bank Yang Bagus Dan Berkualitas ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semuanya. sekian dan terima kasih.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 17:39:00

0 komentar:

Post a Comment

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I