Cara Mengganti Boot Sound Android

Ulfandroid on Cara Mengganti Boot Sound Android - Tutorial mengenai android selanjutnya akan saya berikan. tutorial pada artikel ini adalah cara merubah boot sound pada android kalian. sebelum kita memulai, sebaiknya kalian tahu terlebih dahulu apakah itu boot sound. apakah boot sound itu? boot sound adalah suara yang muncul ketika pertama kali android dihidupkan dan apakah boot sound dapat diganti sesuai dengan keinginan kita? Jawabannya adalah bisa.

Setelah kita mengetahui sedikit tentang boot sound. sebaiknya kalian siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk mengganti boot sound android. berikut peralatan yang harus kalian persiapkan:
1. Handphone yang harus sudah di root terlebih dahulu (wajib).
2. Android sudah di install/terdapat aplikasi Root Explorer. kenapa saya pilih root explorer? karena root explorer bisa masuk ke folder system dari android. oleh karena itu saya rekomendasikan kalian memakai root explorer. tapi, jika kalian sudah ada aplikasi sendiri semacam root explorer yang bisa masuk ke folder system, bisa kalian gunakan. untuk yang belum memiliki aplikasi root explorer bisa unduh => disini.
3. Siapkan file dengan format .wav. untuk yang format .mp3 belum saya coba, jika kalian mau mencoba bisa kalian ganti file .wav menjadi file .mp3. (usahakan file .mp3 yang durasi pendek dan dengan ukuran file yang kecil).

Cara Mengganti Boot Sound Android

Apabila semua komponen diatas sudah kalian sediakan, langkah selanjutnya yaitu melakukan experimen merubah boot sound android. berikut caranya:

Cara Pertama:
1. Buka aplikasi root explorer yang sudah kalian install di android kalian. kemudian, masuk ke /system/etc/
2. Jika sudah masuk ke folder tersebut, cari dan pastikan kalian menemukan file yang bernama poweron.snd dalam folder tersebut.
3. Sebelum kalian merubah file tersebut, alangkah baik terlebih dahulu kalian lakukan back up pada file poweron.snd tersebut. (bisa melakukan duplicate file atau kalian pindahkan ke folder lain. hal tersebut agar jika suatu saat ingin merubah ke sound semual bisa dikembalikan.)
4. Apabila sudah kalian simpan sound bawaan android di tempat yang kalian rasa aman, tahap selanjutnya yaitu rename file audio yang sudah kalian siapkan beserta ekstensinya, contohnya: example.wav menjadi poweron.snd.
5. Rewrite/pindahkan file yang sudah anda siapkan tadi (yang baru saja kalian rename tadi) ke folder /system/etc/.
6. Kemudian restart android kalian dan lihat hasilnya.

Cara Kedua:
1. Pada beberapa android biasanya tidak akan sama nama format sound boot yang dimiliki, ada yang bernama poweron.snd namun ada juga yang bernama poweron.ogg.
2. Jangan lupa lakukan backup terlebih dahulu file audio bawaan android sebelum mengganti dengan file audio baru.
3. Apabila berbeda, hal yang cukup kalian lakukan adalah serupa dengan cara pertama. namun, extensi dan nama harus menyesuaikan boot sound yang asli.
4. Pada beberapa kasus juga tidak kita temui file sound boot pada system/etc/, jika kalian tidak menemukan file tersebut audio tersebut, kalian dapat mencari di system/media/audio/poweron/ setelah itu lakukan backup dan ganti file tersebut sesuai kemauan kalian.
5. Restart android kalian dan lihat hasilnya.

Bagaimana? mudah bukan mengganti boot sound pada android? suaranya pasti lebih unik dengan sound yang baru kalian ganti sendiri. sekian artikel tentang Cara Mengganti Boot Sound Android ini. semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian di dunia android. terima kasih.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 18:55:00

4 komentar:

  1. Bro/sist,, kalau d folder yg ente sebutkan ga ada file oweron.snd ataupun poweron.ogg apa bs saya push sendiri? Hh ane. Galaxy wonder customrom cm10.1

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe ini untuk di bawaan pabrik gan... kalau custom rom biasanya udah berbeda gan letaknya boot sound... kalo gk salah gan.. :D
      coba aja cari gan yang seperti itu foldernya.. :D

      Delete
    2. biasanya ada di media gan coba saja cari disitu pasti ada

      Delete
    3. makasih masukannya gan... :D

      Delete

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I