Monday, August 5, 2013

Cara Mengetahui Android Sudah Di Root Atau Belum

Ulfandroid on Cara Mengetahui Android Sudah Di Root Atau Belum - Saat Anda membeli sebuah handphone Android second, salah satu hal yang perlu mendapatkan perhatian dari anda adalah apakah Android tersebut sudah di root atau belum? Kenapa harus mengetahui sudah di root atau tidak? Alasannya sangat sederhana sekali, kalo sudah di root tentu saja garansi akan hilang, karena seperti kita ketahui vendor atau produsen ponsel Android, saat ini mulai memberikan batasan terhadap garansi yang akan diberikan.


Baik, bagaimana cara mengetahui android sudah di root atau belum? Jawabannya yaitu sangat simpel. Pertama-tama lihat di menu drawer anda. Cari apakah ada aplikasi dengan nama SuperUser atau SuperSU. Kalau tidak ada, berarti selamat ponsel android anda belum di root dan walhasil lisensi garansi masih berlaku untuk anda. akan tetapi, sebuah handphone android pasti ada yang terdapat di menu drawernya sebuah aplikasi SuperSU. nah, kalau yang seperti itu bagaimana? pasti timbul di pemikiran anda dan muncul sebuah pertanyaan bukan? kalau sudah begitu terpaksa kita harus memakai jalan lain yaitu dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bisa mendeteksi apakah sebuah handphone android sudah atau belum dilakukan root.

Terminal Emulator ini akan kita gunakan untuk memastikan apakah ponsel android sudah di root atau belum. Namun sebetulnya kita juga bisa menggunakan aplikasi lain yang membutuhkan akses root seperti DroidWall, Titanium Backup, Link2SD, Root Explorer, dan lain-lain. sebelum kita memulai experimen, sebaiknya kalian siapkan dahulu peralatan yang harus digunakan:
1. Terminal Emulator, bisa kalian download via google play dengan keyword "terminal emulator". atau yang ingin lebih cepat download disini

2. Sebuah perangkat android yang ingin di tes.

Oke, jika kedua elemen tersebut sudah di siapkan, mari kita mulai:
1. Download aplikasi terminal emulator yang sudah ulfandroid kasih diatas.
2. Instal aplikasi tersebut di handphone android yang ingin di tes dan jalankan.
3. Ketik "SU" pada terminal emulator yang sudah dijalankan tersebut, kemudian tekan "enter" atau "selesai".


4. Jika hasil yang muncul adalah tanda pagar (#), maka android kalian sudah dalam keadaan root. dan apabila yang muncul adalah tanda dollar ($), android kalian masih dalam keadaan belum di root.


5. Selesai.

Bagaimana? mudah bukan untuk melihat sebuah handphone apakah sudah di root atau belum. kalian bisa mencobanya di handphone android kalian masing-masing. sekian artikel tentang Cara Mengetahui Android Sudah Di Root Atau Belum. semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua. terima kasih sudah berkunjung.

Lihat artikel lainnya ya serta jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat... like juga fanspage ulfandroid... terima kasih...


4 comments:

  1. trus gmana cara root hp SPC S5 Gan?

    ReplyDelete
  2. klo pasang iklan mbo ya jangan menghalangi artikelnya...klo mau share jgn maksa klik iklannya dulu dong..:) salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk ada ane ngalangin gan... ni buktinya...
      http://prntscr.com/2dtt4n

      mungkin dari resolusi komputer agan kali gan... :D

      Delete