Gejala Android Terkena Virus Serta Pencegahan Dan Pemulihan Virus Android

Ulfandroid on Gejala Android Terkena Virus Serta Pencegahan Dan Pemulihan Virus Android - Virus Android telah merajalela, berbagai kekuatan virus berusaha menginfeksi ponsel dengan sistem operasi Android dengan virus berbahaya yang akan merusak seluruh data anda dan dampak terburuknya adalah mencuri informasi pribadi anda. Sebenarnya berapa besar bahaya yang dihadapi ponsel Android yang anda miliki?

Bagaimana Smartphone Android dapat terinfeksi? Malware atau virus dapat masuk ke ponsel anda dengan berbagai cara, namun hal yang paling umum terjadi adalah melalui aplikasi yang anda download. Hacker telah membuat berbagai aplikasi bagi Android yang nampaknya tidak berbahaya namun sesungguhnya sangat merusak. Yang lebih berbahaya adalah cloning aplikasi dimana para hacker mendownload aplikasi asli dan mengubah/mengisi dengan berbagai virus dan malware. Contohnya: munculnya berbagai versi dari Angry Birds, padahal aslinya hanya yang bersumber dari Rovio Mobile.


Sistem kerja malware, begitu program ini terpasang maka akan segera beroperasi secara sembunyi-sembunyi untuk mencuri data atau memakai kuota internet pemilik Android. Malware biasanya menggunakan berbagai cara guna bisa menghindari deteksi pengguna Android, termasuk cara mendompleng pada program lain. Meskipun demikian, pengguna Android tidak perlu merasa khawatir karena kehadiran serangan virus semacam ini masih dapat diketahui dengan mengamati gejala- gejala tertentu yang biasanya menyertai.
Berikut adalah cirri-ciri atau gejala yang biasanya terjadi jika perangkat Android Anda yang terkena serangan virus :

1. Baterai Menjadi Boros - Sebagai pemilik Android pasti mengetahui ponselnya boros pulsa akibat Android kena virus atau karena banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh pengguna, karena pengguna Android pasti mengetahui kisaran penggunaan smartphonenya, jadi jika tanpa sebab baterai yang dipakai tiba-tiba lowbat kemungkinan perangkat Anda terkena serangan virus. Contohnya seperti adware, salah satu jenis virus yang secara terus menerus mengirim iklan kepada pengguna sehingga pengguna mengalami boros pada baterai.

2. Seringnya Mendapatkan Gangguan Pada Saat Melakukan Panggilan/Dropped Call - Malware mobile dapat mempengaruhi panggilan masuk pada Android yang terkena virus, malware jenis ini cukup mengganggu terutama pada saat terjadinya percakapan ketika pengguna melakukan telepon. Misalnya, pada saat terjadi kontak percakapan telepon tiba-tiba telepon mati atau terdengar suara- suara aneh. Malware jenis ini bisa menguping jenis pembicaraan yang dilakukan melalui Android, namun malware tidak lantas bisa dijadikan satu-satunya tersangka jika terjadi gangguan semacam ini. Karena bisa saja karena terjadi gangguan yang berasal dari operator.

3. Boros Pulsa - Boros pulsa pada telepon merupakan salah satu dari efek Android terkena virus, sebab malware pencuri pulsa menggunakan berbagai macam tehnik pencurian pulsa misalnya dengan mengirim SMS ke nomor tertentu dengan tarif premium. Namun tidak semua malware agresif ada yang hanya mengirim SMS sebulan sekali ada yang seminggu sekali, jenis malware ini adalah yang paling merugikan karena langsung otomatis menghapus diri sendiri tidak meninggalkan jejak setelah selesai menguras tagihan/pulsa pada pengguna dengan cepat. Jadi bagi pengguna Android sebaiknya mengecek tagihan telepon agar bisa mengetahui jika ada pemakaian yang mencurigakan, karena bisa jadi hal itu karena serangan malware.

4. Konsumsi Data Naik Drastis - Mirip dengan keanehan atas tagihan telepon, jika terjadi kenaikan konsumsi data secara drastis bisa jadi akibat Android kena virus. Malware jenis ini menyerang penggunaan paket data. Hal ini bisa dilihat dari terjadinya perubahan pola upload dan download, jika pada ponsel Android Anda terjadi kegiatan upload dan download yang mencurigakan pertanda ada seseorang atau sesuatu yang sedang memanfaatkan koneksi internet perangkat Anda.

5. Performa Hp Menurun - Malware jenis ini bisa membuat kinerja hp menurun secara drastis, salah satu cara untuk memastikannya adalah dengan menginstall aplikasi CPU monitor yang ada pada Google Play. Di sana akan diketahui apa memang karena aplikasi yang banyak memakan RAM atau karena beban CPU atau karena Android kena virus.

Untuk android yang terkena virus pastinya sangat membuat kita sebagai pemakai tidak senang dengan adanya gangguan-gangguan diatas. Oleh karena itu, kita harus melakukan pencegahan pada handphone android kita.

Cara Pencegahan Dan Pemulihan Virus Yang Menginfeksi Android Yang terutama harus dilakukan adalah jangan pernah mendownload aplikasi yang terinfeksi, jangan mendownload apapun dari vendor yang tidak memiliki website resmi dan hanya memiliki sedikit pilihan untuk didownload. Namun ada jalan lain yang dapat menginfeksi ponsel anda, yaitu ketika anda melakukan web browsing melalui ponsel. Ada kemungkinan anda menekan sebuah link dan mendownload aplikasi yang penuh malware atau sebuah link melalui email yang anda terima, yang mengakibatkan sebuah malware terdownload.


Apabila anda melihat sebuah ikon aplikasi yang tidak pernah ada sebelumnya, segera melakukan uninstall melalui pengaturan aplikasi di bagian pengaturan (hanya menarik ikon aplikasi tersebut ke tempat sampah hanya akan menghapus ikonnya dan bukan aplikasinya). Anda dapat meng uninstall nya secara lengkap melalui mengelola pengaturan aplikasi pada pilihan Aplikasi. Dalam beberapa versi dari Android, Anda dapat hapus centang kotak di Pengaturan-Aplikasi untuk membatasi instalasi non-aplikasi Android Market.

Langkah selanjutnya adalah segera membeli dan menginstall perangkat anti virus / anti malware. Tiga dari empat operator besar telah memberi ijin mereka untuk MyLookout, aplikasi yang dimuat pada ponsel Android baru yang dijual oleh T-Mobile (Anda masih harus mengaktifkan aplikasi tersebut. Aplikasi aktif akan tampil dengan ikon perisai hijau), dan MyLookout Verizon dan Sprint fitur di bagian mereka dari Android Market.

MyLookout merupakan aplikasi gratis. Aplikasi ini akan membackup seluruh kontak anda, mengembalikan data yang hilang dan menemukan smart phone yang hilang atau dicuri. Saat anda kehilangan ponsel, anda dapat mengaktifkan alarm yang bersuara keras melalui websitenya. Alarm ini akan berbunyi selama sekitar 1 menit meskipun saat anda kehilangan, ponsel dalam kondisi diam.
Nah, Sekian informasi yang saya berikan. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua pengguna android. Terima kasih.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 17:19:00

2 komentar:

  1. Bahaya terkena virus, apalagi terkena malware.

    http://ciriandroid.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rahmat Hidayat

      iya gan.. bahaya kl udah berurusan dengan malware.. :D

      Delete

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I