Cara Menginstall Rainmeter Dan Menggunakan Rainmeter

Ulfandroid on Cara Menginstall Rainmeter Dan Menggunakan Rainmeter - Siapa sih yang ga mau tampilan komputer atau laptopnya jadi keren. Pasti semuanya ingin kan, ada yang gonta-ganti templates, wallpapers, themes, sampai pemasangan gadget-gadget keren, semua dicobain agar tampilan laptopnya lebih menarik dan enak dilihat. Tapi ada satu yang buat saya tertarik ingin mencobanya, aplikasi satu ini hampir sama cara kerjanya seperti Stardock, Objectdock, Winstep.

Ya, namanya Rainmeter. Dengan menggunakan aplikasi tersebut dijamin puas deh lihat tampilan desktop laptopnya. kenapa saya lebih memilih rainmeter karna saat dipakai ringan tidak terlalu berat untuk spek. Lebih rendah menurut saya ketimbang Stardock , Objectdock, ataupun Winstep. Dan software ini compitable dengan Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7.

Cara Menginstall Rainmeter Dan Menggunakan Rainmeter

Rainmeter apa sih itu? Rainmeter adalah sebuah software keluaran produk OS Apple yang fungsinya untuk mempercantik tampilan desktop, tapi seiring dengan perkembangan jaman software rainmeter ini tidak hanya bisa digunakan pada os apple saja melainkan bisa work 100% disemua os, alasannya adalah untuk mengakhiri masa-masa diskriminasi antar OS makannya banyak programmer yang sekarang ini sedang mengembangkan software-software yang berhubungan dengan OS terbaru seperti Apple dan Linux.

Itu dia beberapa contoh hasil kreasi desktop berkat bantuan aplikasi Rainmeter yang didalamnya include beberapa aplikasi tambahan seperti stardock, Objectdock dan ditambah dengan beberapa skin pendukung rainmeter.

OK baiklah langsung saja kita mulai Memodifikasi tampilan desktop laptop/pc, dan untuk langkah pertama kita harus mendapatkan aplikasinya dulu, silahkan download link yang sudah tersedia dibawah :
Untuk Rainmeter v2.2 bisa didownload disini
Untuk ObjectDock bisa didownload disini
Berikut cara memasang Rainmeter :

1. Download dulu skin yang ingin kamu gunakan, wajib ini karena kalo gak ada skinnya kalian mau memakai apa, setelah itu pindahkan folder skinnya ke Document => Rainmeter => skin.

2. Buka software rainmeternya, abis itu klik tombol Refresh all yang ada di pojok kiri bawah toolbarnya.

Cara Menginstall Rainmeter Dan Menggunakan Rainmeter

Setelah di klik pastikan nama folder skin yang tadi sahabat download langsung muncul.

Cara Menginstall Rainmeter Dan Menggunakan Rainmeter

3. Setelah itu kita manage skinnya, caranya kita klik nama folder skin yang kita ingin gunakan lalu, load skin-skin yang kita inginkan dengan cara menjalankan configurasi filenya.

Cara Menginstall Rainmeter Dan Menggunakan Rainmeter

4. Kita ubah pengaturan skinnya : Centang toolbox yang bertuliskan “Click Through”, tujuannya adalah agar skin tidak menghalangi pergerakan mouse kita saat berada didesktop.

Cara Menginstall Rainmeter Dan Menggunakan Rainmeter

Klik panel Position dan ganti dari Normal ke On Desktop, tujuannya adalah agar posisi skin tetap di atas desktop sehingga tidak menghalangi explorer.

Cara Menginstall Rainmeter Dan Menggunakan Rainmeter

5. Setelah semuanya selesai yang kita lakukan selanjutnya adalah menikmati tampilan baru desktop kita yang cantik dan menarik.

Cara Menginstall Rainmeter Dan Menggunakan Rainmeter

Bagaimana cantik tidak tampilan desktopnya apa masih kurang cantik + elegan, untuk tema dan juga skin rainmeter, bisa kalian lihat pada artikel Kumpulan Skin Dan Tema Rainmeter Bagus Terbaru. oke sekian tutorial kali ini mengenai Cara Menginstall Rainmeter Dan Menggunakan Rainmeter mudah-mudahan bermanfaat untuk kalian semua.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 16:04:00

104 komentar:

  1. password rar ObjectDock nya apa?

    ko' nggak dikasih tau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oy, passwordnya : ulfandroid
      hehe maaf...

      Delete
  2. gan ane kan pake tema anime win 7 nih, dan tampilan start menunya keren pake gambar (bukan tombol start nya) nah itu cara ganti gambarnya gimana ya? ane pengen ganti dengan gambar dari tema lain. Udah cari di google nemunya cuma cara ganti icon tombol start menu.
    gini deh pengen edit tema 1 pengen ane samakan tamplilan start menunya dengan teman 2 gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooo... jadi agan maunya ganti tampilan menu startnya aja dengan gambar dari agan yah? hmm... bisa ko dengan menggunakan aplikasi restorator gan... untuk cara penggunaannya bisa agan check disini dan disini :d

      cara-caranya lengkap ko disana gan... ane udah baca2 juga... jadi mau ganti tampilan kompi sendiri deh... hehehe.... :-)

      Delete
    2. wah, ada yang ketinggalan satu lagi nih gan... cek disini... hehehe... :>)

      Delete
  3. Terima Ksih bang, segera meluncur. tpi bhs.inggri ya?? belum ane coba baru ane liat, ntar kalo ane gk ngerti boleh req artikel tentang caranya gk? kwkwwkwk.

    oh ya, kalo gambarnya di ambil dari tema lain gimana (tema download'an), punya 2 teman namun yang 1 pengen ane umbah tampilanya sedikit seperti teman satunya.

    ReplyDelete
  4. udah berhasil gan, tpi mau tanya lagi , ane pake cara ini http://vistastylebuilder.com/forum/index.php?topic=1302.0
    nah saya gabungkan antara 2 tem jadinya tidak singkron. gimana cara mengatur lebar menu nya, soalnya nih 1 tema lebarnya default sedangkan satunya lebarnya udah di edit dan jadi lebar banget. nah yang lebar banget ini udah ane ganti gambarnya sama yang default namun karena kelebaran jadinya gambar kurang pas, jadi pengen ane edit lebarnya seperti teman satunya, gimana caranya bang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sippp...

      maksudnya gimana yah? saya masih belum ngerti... heheh... ngatur lebar apanya nih?

      Delete
  5. oh yang bang lupa, maap nih kalo banyak tanya. ane punya tema, namun warnaya gak bagus, gimana ya cara edit warna temanya dengan win 7 style builder, pengen ane sama'in sama warna tema yang satunya. thanks

    ReplyDelete
  6. maap bang nanya lagi, mumpung betah disini. cara ganti background menu klik kanan gimana ya? soalnya nih punya tema yang kalo di klik kanan menunya ada BG gambar, tuh cara gantinya gimana ya? pake win 7 builder, soanya cuma pengen edit tema nya doank......makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip gan... gpp ko... kalau ada yang mau ditanya, silahkan aja... semoga aja saya bisa jawab... hehehe... :>)

      nah, ini gan ane gk sengaja brosing... hehehe... ketemu seorang yang baek hati... semua seluk beluk win7 syle builder dipaparkan... untuk webnya, bisa agan cek disini... salut banget sama nih orang gan... (h) mau berbagi ilmu dy... :D

      Delete
    2. GAn, kalo tema win7 setelah di install trus jadi berat kenapa ya? sampe keluar peringatan "change sceme color blablabla win7 basic" (kalo gk salah). tapi hanya tema2 tertentu saja, apa ada solusinya biar yg berat jadi biasa2 aja?

      Delete
    3. banyak faktor sih gan.. mulai dari agan pake win7 apa? ultimate atau yang lain gitu... trus bisa jadi mungkin ada data yang belum di modifikasi.. maksudnya disini yaitu ada registry yang tidak mengizinkan tema win7 yangbaru itu untuk dipasang di laptop atau komputer agan.... yah, itu dari analisa ane yah gan... :)

      maklum kalau salah.. heheee

      Delete
  7. Hmm mau tanya nih .. cara aktifikin rainmeter permanent gimana ya ?? soalnya pas di restart harus nyalain lagi ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm... coba masuk ke pengaturan deh gan... coba cari start when windows start up... kalo gak salah yah... soalnya ane gk pake rainmeter gan.... hehehe :)

      Delete
  8. klo win 7 starter kgk bisa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bsa rasanya kawan..soalnya mndukung windows 7..otomatis smua versi windows 7 bsa d pkai..

      Patut d coba kawan.. :)

      Delete
  9. Standar..biasa kalo pake rainmeter gan..coba bahas dengan xwidget..tuh lebih mantap dan lebih berkreasi mengaturnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan... sesuai dengan judulnya ane bahas... untuk xwidget bisa ane buat artikelnya sendiri... terima kasih masukannya... :))

      Delete
  10. klo cara ngembalikin lg ky awal gmn gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klik 2 kali kembali widget2 yang sudah di pasang gan... nanti juga hilang dy pas di klik 2 kali.. :D

      Delete
  11. Gan, saya udah download skin'y, udah di pindah ke rainmeter-skin,, stelah bka aplikasi rainmeter'y lalu sya refresh all, tp ga mau muncul skin yg saya download tadi,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. temanya di pindahkan ke document => rainmeter => skin... taruh disana gan... :)

      Delete
  12. taskbar awalnya masih ada,gimana cara ngilanginnya? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. lakukan hal yang sama gan... saat mengaktifkan widgetnya... biasanya klik 2 kali kan untuk aktifkan widgetnya... coba satu2 gan diaktifkan... :)

      kalau gk bisa uninstall trus pasang lagi gan cara keduanya...

      Delete
  13. Mas kok tampilan di pc saya gak penuh? saya pake window 8, mksih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tampilan rainmeternya gan? sudah di run administrator belum gan?

      Delete
  14. thanks atas info.x gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan... sama-sama...
      terima kasih sudah berkunjung... :D

      Delete
  15. gan saya mau nanya , ini rain meternya fullversion kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan.. rainmeter ini free ko gan... dab gk ada lisensi nya... :D
      bisa di coba...

      Delete
  16. gan klo sebelumnya pake SKIN PACK harus diuninstal dulu kagak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan baru bsa reply komentarnya... ane baru pulang kul..
      gpp ko gan kalau kemarin pake skin pack... bisa ko tanpa harus di unistall.. kalau mau dipadukan juga bisa... :D

      terima kasih sudah berkunjung... :D

      Delete
    2. iyee kagak ape" gan..
      lah gimana noh cara dipaduin? orang ane baru tau ini kmaren malem dari blog ente ini

      Delete
    3. tinggal pake skin pack nya gan... trus kalau mau pake rainmeter juga, tinggal install rainmeternya dan pasang deh skin widget2 rainmeternya gan... selesai deh...
      ikutin aja gan caranya diatas... :D

      terima kasih sudah berkunjung... :D

      Delete
    4. gan nanya lagi nih..
      kenapa waktu ane selesai nginstal rainmeter ada peringatan dari avira "real-time detected 2 virus blablabla" gitu klo ga salah..
      terus rainmeternya itu kagak bisa dijalanin?

      Delete
    5. wah pakai avira yah gan... avira memang ganas gan... coba aviranya di disable atau dimatikan dahulu gan... kalau udah cba lakukan instal lagi rainmeternya... jika sudah sukses, baru bsa di jalankan lagi aviranya... :D

      Delete
    6. meskipun ente ngejelasin sampe ke akar"nya ane tetep ga bakalan ngerti gan cara maduinnya :D ane aja baru kenal sama yg namanya rainmeter ini xD

      oh harus disable dulu ya, oke deh..
      thanks ilmunya gan ^^

      Delete
    7. hehehe... sabar gan... pelan-pelan aja... kalau di coba pasti bisa ko... :D

      iya gan... di disable dlu aviranya... baru di install.. :D

      Delete
    8. gan tanya lagi nih, knp tiap ane ngidupin notebook pasti langsung muncul security alert dari avira?
      bahaya ga tuh buat notebook ane?

      Delete
    9. wah avira memang begitu gan... dy antivirusnya terlalu sensitif gan.. hehehe... ane aja gk betah karena muncul alert setiap ada aplikasi yang dianggap virus... trus ane beralih ke eset gan... dan kompi aman2 aja dari gangguan virus dan alert2an gan... hehhehe.. :D

      untuk munculnya security alert sih gpp gan... itu tandanya avira sangat memproteksi komputer agan... biasanya ada sih di bagian pengaturan aviranya agar security alertnya di nonaktifkan... jadi avira akan menghapus tanpa manampilkan security alert... :D

      Delete
    10. thanks gan pencerahannya..
      ane punya satu problem lagi nih gan, knp tadi waktu ane restart notebook skin nya kagak muncul?
      kudu buka RM, baru dah tuh muncul skin nya

      Delete
    11. iya gan... dy harus di jalankan terlebih dahulu.. soalnya RM tidak dibuat otomatis berjalan saat startup.. coba agan cari di pengaturan RM nya... cari tulisan startup at windows start... kalau gk salah.. :D

      Delete
    12. perasaan waktu pertama nginstal RM udah ane ceklis gan!

      Delete
    13. udah yak gan.. biasanya sih langsung gan..
      ane aja otomatis gan pas ngetes di lappie ane.. :D

      di kompi ane sih gk ane pasang gan.. :D

      Delete
    14. coba cek lagi gan... apakah udah star otomatis saat windows mulai apa blum gan... :D

      Delete
    15. udah muncul otamatis dah gan, ane otak-atik waktu itu..
      cara ngeceknya gmn tuh gan? buat antisipasi

      Delete
    16. ngecek apanya gan? iconnya? di tray icon ada ko... :D

      Delete
  17. Gan mw nnya nih, itu gw udh download tema hacker, tpi udh di extract trus di aktifkan, walpaper ku msh yg lma yah?
    trus hnya keluar accecoris dri skin" yg ku dpt, tpi walpaper nya gk ganti...
    gmn nih gan?
    pnya ku windows XP

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm.. maksudnya disini tema hacker itu rainmeternya apa skin pack gan? kalau skin pack biasanya sih sudah satu paket dari walpaper trus sama aksesoris seperti start menu yang berbeda...

      kalau rainmeter ini hanya aksesoris pelengkap dari walpaper gan... agar lebih menarik, sedangkan walpaper sendiri itu tidak termasuk rainmeternya... itu diganti sendiri/manual gan... :D

      Delete
    2. ooo gitu
      jdi walpaper cri sendiri gtu??
      dan mw tnya lgi, itu shorcut nya yg di desktop pda kmn?
      hilang smua, di hapus atau di apain yah?

      Delete
    3. oooo gtu
      tpi mw hilang kan folder" yg ad di dekstop gmn? di hapus??
      jdi yg tersisa aksesoris dri skins nya trus msh bsa pkai folder" yg kyk di dekstop gtu

      Delete
    4. jangan di hapus... bisa di hide ko... kalau mau dihilangkan/hide semua icon yang ada di desktop.. coba klik kanan => view => show dekstop icon... ceklisnya hilangkan gan... itu di windows 7..
      biasanya di windows xp tidak jauh berbeda gan... :D

      Delete
  18. mau nanya gan,klo rainmeter nya dah bisa,pas di restart ilang apa masalah nya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasany itu auto start pas windows menyala di nonaktifkan gan... :D

      coba di cari di pengaturan rainmeternya... start windows startup kalo gk salah gan... :D

      Delete
  19. gan, kalo fungsi objekdock itu sendiri apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. objeckdock itu seperti icon yang kita kumpulkan dalam satu tempat gan... misalnya kita tidak ingin membuat tampilan dekstop kita penuh dengan icon... jadi kita buat alternatif dengan menambahkan objectdock... fungsinya yaitu seperti taskbar gan... tapi dengan tampilan icon yang menarik... :D

      Delete
    2. Cara mengganti seperti semula gimana?

      Delete
    3. bisa di klik kembali widget yang ingin di hilangkan.. atau cara cepatnya sih di uninstall gan kalau mau seperti semula.. :D

      Delete
    4. om saya mau download itu rainmeter download versi beta release apa yang final release ?

      Delete
    5. kalo bisa sih yang final gan... kalo beta masih ada bug2 biasanya...
      final udah fix tuh.. dah bagus hasilnya.. :D

      Delete
  20. gan maaf nih.. sebelmnya :D ane mau copas artikel agan.. maksudnya bukan leecher tapi buat di jadiin document :D ane mau rainmeter nya tar.. dan tutorial agan keren.. ane coba copas gk bisa :v
    kalo bisa ane minta artikel agan ini dalam bentuk document ms word biar suatu saat ane tinggal baca deh.. :D boleh ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan ane pasang anti copas karena banyak blog yang ngambil artikel tanpa merubah sedikitpun tulisan yang ane buat... :(

      iya gan... nnti deh ane masukin ke dalam dokumen... emailnya apaan gan? biar ane kirim...

      Delete
    2. Gan, gambar background skinnya bisa diganti jadi slideshow kagak?

      Delete
    3. wah pertanyaan bagus nih gan... ane juga belum ada kepikiran sampai kesitu gan... menggunakan slideshow pengganti background... di coba dlu gan aja gan... kalau bisa comment di sini ya gan.. :D

      Delete
  21. thanks gan!!!! cukup membantu

    ReplyDelete
  22. gan ,pas aku mau install yang recommended itu PASSWORD nya apa ya ??? , jadinya aku install yang portable deh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ko pake password? gk ada gan pake password... aplikasinya free ko...

      Delete
  23. gan rainmeter saya gk bvisa kebuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa kebuka maksudnya dijalankan gan? atau bagaimana yak...

      Delete
  24. Gan gua mau nanya nih ?
    Kan gua udh install rainmeternya tuh, tapi icon-icon di desktop gua ngerusak pemnadangan gitu ? Itu cara ngubah icon-icon di desktop gua kyk punya agan gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu diatas cuman icon bawaan rainmeternya kawan... :D
      harus pake tema untuk rainmeter gan misalkan mau iconnya gk nngerusak pemandangan.. :D
      contoh tema bisa lihat disini. ..
      http://www.ulfandroid.com/2013/05/kumpulan-skin-dan-tema-rainmeter-bagus.html
      atau disini...
      http://www.ulfandroid.com/2013/09/kumpulan-skin-dan-tema-rainmeter-bagus.html

      Delete
  25. cara ganti background menu klik kanan gimana ya..gan ? tapi buat Windows XP....
    soalnya itu bawaan dari tema nya ... tolong bantuan nya gan... !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah coba cari di google gan... biasanya ada yang share... :D

      Delete
  26. gan mw nanya nih, rainmeternya sudah saya dowload dah instal, skinnya sudah saya taruh dan sudah saya extrac di tempat yg agan suruh, tetapi ketika saya klik kanan lalu manage saya segarkan semua, tetap gk ada gan
    tolong bantuannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa gk ada yak.. di listnya ada nama dari folder skin yang sudah di ekstrak? kalau ada klik itu folder, kemudian ada skin nya tuh yak didalam... coba di klik 2x gan... nanti akan muncul di tampilan dekstop agan misalkan di manage gk muncul.. :D

      Delete
  27. gan caranya udh berhasil, tpi kok saat restart rainmeternya hilang? tolong beri caranya agar rainmeternya bisa permanen gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas restart di bagian tray iconnya ada icon rainmeter gan? trus pas install ada ceklis "launch app in start up" ga gan?

      Delete
  28. gan itu yang nomor 3 maksudnya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan itu untuk load skin yang mau di pakai... update rainmeter versi baru sekarang sudah tidak seperti itu lagi dan lebih mudah caranya.. ya kurang lebih hampir sama gan caranya

      Delete
  29. gan saya kan udah download semua tapi kok cuma begitu,,
    caranya ngaturnya gimana.? dan download skinya dimana.?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan.. kalau aplikasinya sih cuman standar.. kalau mau pake skin lain, bisa lihat disini gan...

      Delete
  30. download skin nya kok gk bisa sih gan gmna cara download skin nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau diartikel ini hanya standar bawaan dari rainmeter gan.. :D
      jika mau skinnya bisa lihat di artikel tema rainmeter.. klik linknya gan...

      di google juga banyak ko gan yang lebih menarik dari yang saya kasih.. :D

      Delete
  31. cara membuka rainmeter nya gmn gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yasin Andreas

      di bagian tray icon gan.. ada icon air.. nah dari sana bukanya.. :D

      Delete
  32. waw
    susah makenya :v
    soalnya nggak bisa w makenya :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rayyan Adi Perkhuza

      hahha.. kl di telusuri sih nnti jadi gampang gan pakenya.. cuman untuk yang belum pernah sih memang ribet.. :D

      Delete
  33. nanya gan, link yang di objectdock nya engga ada ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Erlangga Yudha

      wah udah mati yak.. akan ane perbaiki gan.. thanks infonya

      Delete
    2. udah ane perbaiki gan linknya.. monggo dicoba kembali.. :D

      Delete
  34. sory gan mau tanya ane udah masukin skins ke document//rainmeter/skins
    tetep tidak muncul pas ane klick refresh all kenapa yah? ini buktinya http://prntscr.com/8ajn3n dan http://prntscr.com/8ajnb0

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo van overhelsing

      itu di install dlu gan yang model seperti itu.. dy itu harus seperti yang di dalam folder bentuknya gan.. :D

      Delete
  35. Link untuk download ObjectDock nya di block ama Internet Positif.. :'(

    ReplyDelete
  36. Makasih tutorialnya gan. Oh iya kalau mau beli alat jual pulsa, bayar ppob, isi token pln, pesan tiket kereta disini tempatnya www.smartkiosku.com

    ReplyDelete
  37. gan, setelah di restart atau shutdown rain mater harus di instal ulang lg , kenapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk ko gan.. ada pengaturannya di icon rainmeternya.. yang start program with windows start.. di bagian kanan bawah gan tempat icon2 cari icon rainmeter disananya

      Delete

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..

Artikel N

Artikel I